Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kondisi umat islam saat ini



A.    LATAR BELAKANG
Islam adalah ajaran agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan agama yang telah ada sebelumnya. Islam dikenal dengan Rahmatulil alaminya dimana Allah menciptakan alam semesta hanya mengakui islam sebagai satu-satunya agama yang mendapat karunia dari Allah SWT.
Islam pada zaman dahulu berkembang secara perlahan-lahan tidak sekira bangsa arab langsung menerima kedatangan islam dengan suka cita. Hal ini terjadi karena besar masyarakat arab adalah kaum kafir quraisy dimana keseharian mereka beribadah menyembah berhala. Islam masuk dengan cara damai dan tidak membutuhkan banyak syarat seperti agama lainnya tapi hal ini malah menjadikan bumerang bagi bangsa arab yang bergerak hatinya untuk memeluk dan meyakini islam islam sebagai agamanya.
Islam  adalah agama yang suci dan murni karena bagi pemeluk agama islam mereka merupakan kitab penyempurna dari kitab sebelumnya.

Kondisi saat ini, baik dalam hal aqidah, tarbiyah, tsaqafah, dakwah, organisasi, dan akhlak sudah dapat dirasakan dampaknya. Dari kalangan anak-anak hingga dewasa sampai lansia juga sudah terlihat perubahannya. Dimana yang dahulu terlihat menjunjung tinggi nilai-nilai agama, namun sekarang kalangan umat yang menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut semakin menipis bahkan tidak menghiraukan aqidah yang ada.
Aqidah sangat penting bagi kehidupan, digunakan sebagai pedoman dalm kehidupan sehari-hari. Bahkan, sangat dibutuhkan aqidah yang kuat untuk menghadapi masa-masa seperti sekarang ini. Seperti yang banyak kita temui saat ini, banyak kalangan umat yang meragukan kebenaran dan keunggulan Islam. Banyak orang yang berstatus sebagai pemuka agama melakukan tindakan-tindakan yang jauh dari aqidah, seperti menjadi dukun palsu dengan melakukan ritual maupun tradisi yang tidak sesuai dengan ajaran agama dan bahkan dapat dikatakan musyrik.
Hal tersebut banyak dipengaruhi oleh faktor luar sepeti tayangan-tayangan yang didapatkan dari berbagai media sosial yang berkembang saat ini. Kemudian, di bidang pendidikan sendiri dipengaruhi oleh adanya campur tangan dari pemerintah. Dimana anggaran yang dikeluarkan untuk daerah-daerah sangat bergantung pada pemerintah pusat, yang mana akan digunakan untuk pengembangan tarbiyah (pendidikan) saat ini. Dikarenakan biaya yang tinggi saat ini, menyebabkan pendidikan seolah-olah hanya untuk orang kaya saja. Ditambah dengan adanya umat Islam yang melakukan tindak pidana korupsi. Hal tersebut jelas memperparah kondisi umat Islam saat ini. Dimana seharusnya orang Islam dapat menghindari perilaku tercela tersebut, bukan malah melakukannya. Sehingga hal tersebut membuat nurani masyarakat khususnya umat Islam menurun kepercayaannya terhadap keunggulan Islam.
Setelah itu tentang tsaqafah (pengetahuan/budaya). Budaya Islam saat ini, terutama di Indonesia dapat diaktakan sudah tercampur dengan budaya-budaya barat yang tidak sesuai dengan aqidah. Hal tersebut menjadikan akulturasi budaya yang menyimpang dari budaya masyarakat Indonesia itu sendiri. Banyak anak muda yang dapat dikatakan sudah berlebihan dalam bergaul yang disebabkan cepatnya perkembangan media elektronik yang ada saat ini. Hal tersebut memicu terkikisnya nilai-nilai keislaman dan meningkatnya nilai ‘kebaratan’. Banyak budaya barat yang diadopsi oleh kaum muslim di Indonesia, namun ada yang dengan cara kurang tepat, ada pula yang dapat dikatakan dapat mengadopsi dengan baik dan sesuai aqidah yang ada di Islam. Lalu yang keempat tentang dakwah, dakwah yang dilakukan secara terbuka akan sangat cepat persebarannya. Dahulu, sebelum banyak berkembang media sosial seperti saat ini, kegiatan-kegiatan dakwah sangat sering kita jumpai. Dimana dakwah tersebut dijadikan sebagi pengganti media sosial oleh beberapa umat Islam, selain itu juga dapat digunakan untuk saling membagi ilmu, wawasan, maupun pengalaman. Kondisi lembaga dakwah saat ini yang tidak sepenuhnya sempurna, terdapat lembaga yang kurang tepat dalam melakukan proses ibadahnya, sehingga dapat menjadikan kaum mandul akan berbudaya. Kemudian untuk hal organisasi, diperlukan banyak hal dalam mendirikan maupun mengikuti suatu organisasi. Baik dalam hal manajemen maupun kerelaan dalam pengorbanan harus dilakukan. Kepentingan orang lain harus didahulukan. Namun, yang terjadi saat ini, potensi-potensi dalam berororganisai dalam ruang lingkup organisai Islam yang kurang efektif dan adanya ikut serta dari anggota lain yang lemah dalam hal pendidikan dan wawasan menyebabkan lemahnya organisasi Islam yang ada. Untuk yang terakhir adalah tentang akhlak. Banyak akhlak umat muslim saat ini yang sudah tercemari ghazwul fikri, banyak yang sudah meninggakan nilai-nilai agama padahal nilai-nilai agama yang seharusnya dijadikan pedoman, kini malah semakin ditinggalkan.
Terhadap perkembangan umat Islam masa kini sudah dapat dikatakan semakin menurun dari nilai-nilai agama. Banyak kaum yang sudah tidak menghiraukan aqidah dan adat yang berlaku sebagai uman Islam. Banyak yang tidak menjunjung nilai-nilai yang ada. Hal ini jelas memperparah kondisi yang ada saat ini karena seiring dengan perkembangan media sosial yang ada akan diikuti pula dengan perkembangan kebudayaan yang terjadi. Kembali lagi kepada nurani seseorang masing-masing yang akan mengadopsi positif atau negatifnya dari perkembangan budaya yang ada saat ini.
Sebagai seorang mahasiswa, sudah seharusnya kita dapat menjunjung niali-nilai keagamaan dan aqidah yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Seiring dengan perkembangan zaman, sudah pasti akan diikuti dengan perkembangan budaya maupun aqidah yang berlaku, dimana dalam kondisi tersebut kita dituntut untuk tetap teguh pada pendirian, terutama dalam hal aqidah. Apabila kita tidak pandai-pandai dalam memilih atau menilai suatu hal secara positifnya, maka hal yang kurang baiklah yang akan kita terima. Oleh karena itu, di masa perkembangan ini kita dilatih untuk terus belajar dan memupuk nilai-nilai agama yang kuat agar dapat menjadikan jiwa kita jiwa yang tangguh baik untuk kepentingan orang lain maupun diri sendiri, serta untuk menghadapi setiap tantangan dari perkembangan zaman.



KESIMPULAN
Agama islam adalah agama yang suci. Agama yang diridhai oleh allah swt. Dimana dulunya agama islam sangatlah termasyhur atas terkenal di berbagai pelosok-pelosok dunia dimana agama tersebut yang disiarkan oleh rasulullah yakni nabi muhammad saw, tetapi pada zaman sekarang kaum muslimin kebanyakan tidaklah memperdulikan lagi agama Allah SWT. Dikarena berbagai faktor-faktor yang menyebabkan kaum muslimin lalai dengan perhiasan duniawi sehingga lupa dengan kewajian yang diberikan Allah kepadanya.
Maka kita sebagai orang tua wajib atas kita untuk mendidik anak-anak kita dari umur dini sampai dia dewasa.
Karena semuanya kembali kepada orang tua masing-masing apabila orang tua kita tidak menanamkan ilmu pengetahuan islam kepada anaknya sejak umur dini maka jangan harap generasi-generasi yang akan datang baik.
Banyak kita lihat para remaja-remaja sangatlah lalai dalam memperdulikan faktor yang membuat dia lalai seperti pergaulan bebas, narkoba, permainan yang bermacam-macam dan itu semua merupakan kelalaian dari orang tua kita masing. Karena tidak mengontrol kemana anaknya pergi sehari-hari, kemudian dengan siapa dia bergaul, orang tua tidak mau tahu dengan semua.
Maka kita sebagai orang tua wajib menanamkan ilmu pengetahuan kepada anak-anak ita masing-masing, karena apabila kita lalai dengan kewajiban kita sebagai orang tua, maka kita tidak akan terlepas di hari kiamat nanti dengan Allah SWT.


ألف الخلفية
الإسلام هو الدين الذي جاء به النبي محمد لتعزيز الدين موجودة مسبقا التعاليم. ومن المعروف الإسلام لRahmatulil الطبيعية في الله الذي خلق الكون لا يعترف إلا أن الإسلام هو الدين الوحيد الذي يحصل على هدية من الله سبحانه وتعالى.
الإسلام في العصور القديمة تطورت ببطء نحو الأمة العربية لا يتلقى مباشرة مع الفرح وصول الإسلام. يحدث ذلك لأن المجتمع العربي الكبير وهذا هو الكافر قريش حيث العبادة الوثنية من حياتهم اليومية. كان الإسلام بطريقة سلمية ولا تتطلب الكثير من متطلبات مثل أي دين آخر ولكن هذا فقط يجعل يرتد للأمة العربية أن يتحرك لها لاعتناق الإسلام ويؤمنون بالإسلام كدين.
الإسلام هو الدين الذي هو مقدس ونقية كما لأتباع الدين الإسلامي هو كتاب تزيف الكتب السابقة.


B. التيار احوال المسلمين
الظروف الحالية، سواء من حيث العقيدة، طربيه، يمكن بالفعل أن يرى Tsaqafah، آثار الدعاية والتنظيم، والحرف. من الأطفال إلى الكبار لكبار السن كما شهدت تغييرات. حيث شهدت سابقا التمسك بالقيم الدينية، ولكن الآن بين الناس الذين يؤيدون تلك القيم تتضاءل حتى تجاهل العقيدة القائمة.
العقيدة أمر ضروري للحياة، ويستخدم كدليل preformance الحياة اليومية. في الواقع، هناك حاجة ماسة العقيدة قوية لمواجهة المستقبل كما هو اليوم. بقدر نراه اليوم، والكثير من الناس الذين يشككون في الحقيقة وتفوق الإسلام. كثير من الناس الذين كانت موجودة كما يلتزم الزعماء الدينيين الأعمال عن الإيمان، مثل أن تكون المشعوذين لأداء الشعائر أو التقاليد التي لا تتفق مع تعاليم الدين والمشركين حتى يمكن أن يقال.
ويتأثر بشكل كبير من قبل العوامل الخارجية التي تم الحصول عليها البث قفص من مجموعة متنوعة من وسائل الاعلام الاجتماعية تزدهر اليوم. ثم، في مجال التعليم في حد ذاته تتأثر بأي تدخل من الحكومة. حيث أنفقت الميزانية على المناطق التي تعتمد بشكل كبير على الحكومة المركزية، والتي سيتم استخدامها لتطوير طربيه (التعليم) في هذا الوقت. نظرا للتكلفة المرتفعة الحالية، ووضع التعليم كما لو فقط للأغنياء فقط. إلى جانب المسلمين الذين يرتكبون أفعال الفساد. هذا التدهور الواضح أن حالة المسلمين اليوم. حيث ينبغي أن يكون المسلمون قادرين على تجنب سلوك غير لائق وليس في الحقيقة تفعل ذلك. لذلك يجعل ضمير المجتمع، وخاصة المسلمين انخفاض الاعتقاد بتفوق الإسلام.
بعد أن حول Tsaqafah (المعرفة / الثقافة). الثقافة الإسلامية اليوم، وخاصة في اندونيسيا يمكن أن يتم إشهار كانت مختلطة مع الثقافات الغربية التي لا تتوافق مع العقيدة. يجعل تحيد التثاقف من الثقافة الإندونيسية نفسها. كثير من الشباب الذين يمكن أن يقال أن بالغت في مزيج وذلك بسبب التطور السريع في وسائل الإعلام الإلكترونية الموجودة اليوم. فهي تنتج تآكل القيم الإسلامية وارتفاع قيمة 'غربية'. العديد من الثقافة الغربية اعتمدت من قبل المسلمين في إندونيسيا، ولكن هناك طريقة أقل دقة، والبعض الآخر يمكن أن يقال لتكون قادرة على اتخاذ صحيح وفي العقيدة فقا في الإسلام. ثم الرابع من الدعاية، قامت الدعاية علنا سوف جدا بسرعة الانتشار. في الماضي، قبل العديد من البلدان النامية وسائل الاعلام الاجتماعية كما هي عليه اليوم، وأنشطة التبشير في كثير من الأحيان واجهتها. حيث انتشر استخدامه كبديل لوسائل الإعلام الاجتماعي من قبل بعض المسلمين، ولكنها يمكن أن تستخدم أيضا لتبادل المعرفة والبصيرة والخبرة. المؤسسات الظروف الدعوة اليوم ليست مثالية تماما، هناك مؤسسة أقل ملاءمة في عملية العبادة، وذلك لجعل جرداء تكون مثقف. ثم للمنظمة، يحتاج إلى الكثير من الأشياء في إعداد ومتابعة منظمة. سواء من حيث إدارة والاستعداد للتضحيات يجب أن يتم. مصالح غيرهم من الناس يجب أن تأتي أولا. ومع ذلك، ما حدث اليوم، وإمكانات في المنظمة في نطاق المنظمات الإسلامية هي أقل فعالية والأعضاء المشاركين هم من الضعفاء آخر من حيث التعليم والبصيرة يضعف المنظمات الإسلامية. لهذا الأخير عبارة عن الأخلاق. كثير من المسلمين اليوم الأخلاق التي تلوثت مع حرب الأفكار، وكثير منها قد ترك القيم الدينية عند القيم الدينية التي يجب أن تستخدم المبادئ التوجيهية، حتى الآن أكثر المهجورة.
لتنمية المسلمين اليوم نستطيع أن نقول إن لأن تراجع من القيم الدينية. كثير من الناس الذين تجاهلوا المعتقدات والعادات الاسلامية المطبقة كما أومان الإسلام. كثير من الذين لا يلتزمون بالقيم الموجودة. وهذا الأمر يزيد من الواضح الظروف القائمة لأن جنبا إلى جنب مع تطوير وسائل الإعلام الاجتماعي سيعقبه يحدث التنمية الثقافية. وبالعودة مرة أخرى إلى ضمير كل شخص سوف تتبنى إيجابية أو سلبية للتنمية الثقافية الموجودة اليوم.
كما طالب، ونحن يجب أن تكون قادرة على الحفاظ على القيم الدينية والعقائدية التي توجد في الحياة اليومية. جنبا إلى جنب مع الزمن، من المؤكد أن يتبعها تطوير الثقافة والعقيدة المعمول بها، والتي في الظروف فنحن مطالبون بأن تظل ثابتة على قيامها، وخاصة من حيث العقيدة. إذا نحن لسنا أذكياء جدا في اختيار أو تقييم أي حالة إيجابية، ثم أنه أقل كل الحق سنتلقى. لذلك، خلال هذا التطور وتدربنا على الاستمرار في التعلم وغرس قيم الدين هي قوية بما يكفي لجعل روح قوية من روحنا، سواء للآخرين أو لنفسها، فضلا عن التعامل مع أي تحد من الأوقات.


الخلاصة
دين الإسلام هو دين مقدس. لقد أنعم الله على دين الله سبحانه وتعالى. حيث مرة واحدة دين الإسلام هو مشهور جدا على المشهور في مواقع مختلفة من العالم حيث يتم بث دين النبي أي النبي محمد صلى، ولكن في المسلمين اليوم في الغالب لا تفكر يعد دين الله. بسبب العوامل المختلفة التي تسبب مسلمي العالم أن المقصر مع المجوهرات ننسى الالتزامات التي كان الله قد أعطاه.
لذلك نحن كآباء زاما علينا أن نعلم أطفالنا من سن مبكرة حتى أنها كانت مرحلة البلوغ.
لأن كل شيء هو العودة إلى والدي كل منهما إذا والدينا لم غرس المعرفة من الإسلام إلى أبنائهم منذ سن مبكرة حتى لا نتوقع أن الأجيال التي سوف يأتي الخير.
ونحن نرى الكثير من المراهقين هم مهملة جدا في رعاية العوامل التي جعلت منه الإهمال مثل الاختلاط، والمخدرات، لعبة متنوعة، وكان كل شيء إهمال الآباء منطقتنا. بسبب عدم السيطرة حيث يذهب الأطفال كل يوم، ثم معه علقت بها، والآباء لا يريدون أن يعرفوا على الإطلاق.
ثم نحن كما يحتاج الآباء إلى غرس المعرفة للأطفال الايطالي على التوالي، لأنه إذا نحن مقصرين في واجباتنا والآباء، ونحن لن يفصل في يوم القيامة من قبل الله سبحانه وتعالى.

Post a Comment for "Kondisi umat islam saat ini"