Internet
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Internet
merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika
Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana
dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan
komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek
ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat
dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal
bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal
dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen
Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan
komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital
untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari
terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah
dihancurkan.
Pada mulanya
ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute,
University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka
membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET
diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini
berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut
ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh
sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan
militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan
non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya
dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi
Internet.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Adapun
masalah-masalah yang akan dijelaskan antara lain:
1.
Apa yang dimaksud dengan Internet?
2.
Apa saja fasilitas-fasilitas yang
disediakan internet?
3.
Bagaimanakan cara menjalankan
Internet?
4.
Apakah manfaat internet?
5.
Apa saja perangkat keras untuk
mengakses internet?
6.
Apa saja dampak positif dan negative
yang ditimbulkan?
C.
TUJUAN
Adapun
tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu:
1.
Untuk mengetahui menegetahui
pengertian Internet.
2.
Untuk mengetahui apa
saja fasilitas yang disediakan oleh internet.
3.
Untuk mengetahui bagaimana cara
menjalankan internet.
4.
Untuk mengetahui apa saja manfaat
internet.
5.
Untuk mengetahui perangkat keras
untuk mengakses internet.
6.
Untuk mengetahui dampak positif dan
negative yang ditimbulkan oleh internet.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
INTERNET
Internet
merupakan kepanjangan dari interconnected networking, yang mempunyai arti
hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang
mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur
telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Istilah
INTERNET berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Internet
adalah sebuah dunia maya jaringan computer (interkoneksi) yang terbentuk dari
miliaran komputer di dunia. Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis
komputer dan jaringan di dunia yang berbeda system operasi maupun aplikasinya
di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan
satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi.
Dalam
mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol
yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa
semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang
mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum
berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika
suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket
pengiriman data. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet,
biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider)
yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun.
Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan. Dengan
memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk
saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim
e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas
topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.
Sejarah
internet dimulai dari ARPANet, yaitu sebuah proyek Departemen Pertahanan
Amerika Serikat. Pada tahun 1969 dilakukan sebuah riset yaitu bagaimana cara
menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya atau membentuk suatu
jaringan. Di tahun 1970 mereka berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer
yang membentuk jaringan. Kemudian tahun 1973 jaringan ARPANet mulai
dikembangkan di luar Amerika Serikat. Sejarah internet berlanjut ketika
komputer di University College di London ikut bergabung dengan jaringan
ARPANet. Di tahun-tahun selanjutnya jaringan ini semakin berkembang.
Pada tahun
1982, karena banyaknya komputer yang bergabung maka dibutuhkan sebuah protokol
resmi yang menghubungkan semua komputer dan jaringan dan dibentuklah TCP/IP. Di
tahun 1984 kemudian diperkenalkan sistem penamaan domain yang dikenal dengan
DNS (Domain Name System). Internet kemudian tumbuh secara pesat di tahun
1990-an. Demikianlah sejarah internet secara singkat.
Internet terbagi atas 2, yaitu:
·
INTRANET
Intranet adalah jaringan komputer
dalam sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi internet sehingga terbentuk
lingkungan yang seperti internet tetapi bersifat privat bagi perusahaan
bersangkutan. Biasanya Intranet dihubungkan ke jaringan Internet dengan
dilengkapi firewall.
·
EXTRANET
Extranet adalah jaringan privat yang
menggunakan teknologi Internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membentuk
hubungan yang aman antara pemasok, vendor, mitra kerja, pelanggan, dan pihak
bisnis lainnya dalam rangka mendukung operasi bisnis atau pengaksesan informasi
bisnis
B.
FASILITAS
INTERNET
1.
WORLD WIDE WEB [WEB]
Web
merupakan sistem dalam internet yang memiliki fasilitas pencarian dan pemberian
informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext. Untuk membuat
Hypertext, dikembangkan sebuah bahasa pemrograman khusus yang memungkinkan
pengikatan alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen. Sesuai dengan fungsinya,
bahasa pemrograman ini disebut Hypertext Mark up Language (HTML). File ini
biasanya berextention *.html. Agar file yang berisi Hypertext ini bisa
dikirimkan, diperlukan protokol pengiriman data yang spesifik yang disebut
HyperText Transfer Protocol (HTTP). Untuk menemukan setiap hubungan Hypertext
digunakan Uniform Resource Locator (URL). Karena itu, halaman WWW juga disebut
dokumen URL.
Mengakses
informasi berupa teks, gambar, suara, film, dll. Software browser yaitu
Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator.
Ada beberapa
jenis web, antara lain Web Search Engine, Web Portal, Web Perusahaan, dan Web
Pribadi. Web Searh Engine adalah web yang memiliki kemampuan untuk melakukan
pencarian dokumen berdasarkan kata kunci tertentu. Selain itu, pencarian
informasi dapat pula dilakukan dengan meng-klik link yang relevan pada web
directory. Beberapa alamat web directory adalah:
§
Yahoo Directory
(dir.yahoo.com);
§
Jayde Directory
(www.jayde.com/);
§
Alive Directory
(www.alivedirectory.com/);
Web directory menampilkan daftar link atau subjek
berdasarkan kategori yang tersusun secara hirarki. Misalnya, informasi yang
ingin ditelusuri adalah web graphics, hirarki yang muncul mungkin sebagai
berikut:
Computers- Internet- Web development-
Web graphics
Selain itu, terdapat pula situs yang dapat menampilkan
daftar mesin atau alat pencari subjek spesifik, misalnya Beaucoup
(www.beaucoup.com).
Web Portal adalah web yang berisi kumpulan link,
search engine, dan informasi. Web perusahaan adalah web yang menampilkan profil
perusahaan atau lembaga, layanan yang ditawarkan, fasilitas yang dimiliki, dan
segala sesuatu tentang perusahaan. Web pribadi adalah web yang menampilkan
profil pribadi pemilik web yang bersangkutan.
Berikut ini adalah contoh situs web yang dapat dikases
berikut isi atau bidang yang termuat di dalamnya.
1)
http://iteslj.org/ The Internet TESL
Journal; berisi artikel-artikel, rencana pembelajaran dan bahan ajar, dan
teknik pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.
2)
http://www.depdiknas.go.id/ Situs
Web resmi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
3)
http://www.unm.ac.id/ Situs Web
resmi Universitas Negeri Makassar
4)
http://www.kompas.com/ Situs Web
Harian Kompas
Selain untuk menelusur informasi, situs web juga
merupakan wahana yang baik untuk memperkenalkan lembaga, termasuk sekolah,
kepada khalayak melalui internet. Sudah cukup banyak sekolah di Indonesia yang
memiliki situs web dan dapat diakses melalui internet, misalnya Situs Web Resmi
SMA Negeri 3 Bandung (http://sman3-bdg.net/05/index.php), Situs Web resmi SMK
Negeri 3 Makassar (http://www.smkn3-upg.sch.id/), Situs Web resmi SMK Negeri 2
Majene (http://www.smkn2-maj.sch.id/), dan Situs Web resmi SMA Negeri 2
Makassar, (http://www.sman2mks.com/). Dalam merancang sebuah situs web sekolah,
kita perlu memperhatikan jenis informasi yang akan dimuat di dalamnya. Berikut
ini adalah salah satu contoh situs web sekolah, yakni SMA Negeri 3 Bandung.
Situs tersebut memuat beberapa link yang memuat informasi penting sekolah,
yakni artikel yang memuat sejumlah artikel; berita yang memuat berita terkini
dan berita peristiwa di sekolah; kontak yang memungkinkan pengakses mengirim
pesan ke situs tersebut; forum diskusi yang memungkinkan siswa dan guru
berdiskusi dengan topik tertentu; tentang kami yang antara lain memuat sejarah,
visi dan misi, struktur organisasi, dan komite sekolah; sarana dan fasilitas
sekolah, termasuk laboratorium, perpustakaan, sarana ibadah, akses internet,
dan sarana olahraga; informasi tentang beasiswa, informasi tentang penerimaan
siswa baru, info akademik yang antara lain memuat kalender pendidikan, ujian
nasional dan ujian sekolah, dan kriteria kenaikan kelas.
Situs web seperti di atas merupakan media yang cukup
efektif untuk dapat memperkenalkan sekolah karena dapat diakses kapan dan di
mana saja. Bahkan, dengan situs web tersebut, sekolah memiliki peluang yang
lebih banyak untuk bekerja sama dengan pihak lain.
2.
ELECTRONIC MAIL [EMAIL]
Surat
elektronik adalah pesan (surat, gambar, suara, dan video ) yang dapat
dikirimkan, diterima maupun disimpan dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali
oleh user melalui internet/jaringan eletronik. Dengan fasilitas email ini
mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video.
Dengan semakin meluasnya penggunaan internet, fasilitas email juga semakin
banyak digunakan untuk saling berkorespondensi, baik oleh individu maupun
lembaga atau organisasi. Bahkan bagi sebagian orang atau lembaga, email sudah
menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Ini terjadi karena
kelebihan yang dimiliki fasilitas email ini, yakni lebih cepat dan lebih murah.
Hanya dalam hitungan detik, surat yang dikirim akan sampai pada kotak email
yang dituju dengan biaya yang relatif murah. Bahkan dengan menjamurnya warung
internet (warnet), harga yang ditawarkan untuk mengakses internet semakin
gampang dan murah.
Pada
umumnya, email menyediakan kotak surat (mailbox) yang cukup besar sehingga
dapat menampung surat-surat yang dikirim beserta lampirannya. Terdapat pula
buku alamat yang bisa digunakan untuk menyimpan alamat-alamat rekan-rekan atau
kolega sehingga memudahkan untuk menemukannya pada saat dibutuhkan.
Dalam
kaitannya dengan pembelajaran, email dapat menfasilitasi guru untuk mengirim
tugas kepada siswa, dan sebaliknya siswa dapat menyetor tugasnya. Bahkan pada
tingkat perguruan tinggi, mahasiswa memanfaatkan fasilitas ini untuk
mengkonsultasikan tugas akhirnya dan koreksi dapat secara langsung dilakukan
oleh dosen pada naskah tugas akhir yang dikirim oleh mahasiswanya. Guru atau
siswa dapat pula menggunakan fasilitas ini untuk mengikuti milis (mailing list)
sesuai bidang yang diminati, misalnya budaya, teknologi informasi, dan sains.
Untuk dapat
menggunakan email, pengguna terlebih dahulu harus mendaftarkan diri. Ada
beberapa search engine yang menyediakan layanan email gratis, misalnya:
www.yahoo.com, www.hotmail.com, www.astaga.com, dan www.fastmail.fm.
3.
TELNET
Telnet
adalah program yang memungkinkan komputer kita menjadi terminal dari komputer
lain di INTERNET. Telnet memungkinkan kita untuk masuk (log in) sebagai pemakai
komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang ada
dikomputer tersebut.
4.
FILE TRANSFER PROTOCOL [FTP]
Melalui FTP
user bisa mengirimkan atau menerima data atau file dari satu komputer ke
komputer yang lain di seluruh dunia (Download dan Upload). Anonymous FTP
memungkinkan pengaksesan ke server FTP dengan login anonymous tanpa memerlukan
password. Anonymous FTP adalah salah satu dari pelayanan dalam Internet yang
cukup penting. Dengan akses ke berbagai anonymous FTP, Anda dapat memperoleh
file-file secara grafis. Anda dapat menemukan program-program, gambar-gambar,
majalah elektronik, artikel-artikel dalam kelompok diskusi tertentu. Salah satu
program FTP adalah WS_FTP.
5.
GOPHER
Internet
menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu.
Seorang pengguna INTERNET dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang.
Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi
pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan.
Fasilitas demikian disebut Gopher. Gopher menyediakan pengaksesan informasi
hanya berupa teks.
6.
CHAT GROUPS / INTERNET RELAY CHAT
(IRC)
Salah satu
layanan komunikasi langsung di internet adalah internet relay chat (IRC).
Layanan ini memungkinkan para pengakses internet melakukan chatting atau
percakapan dengan pengakses internet lainnya dalam sebuah ruang chatting yang
sama. Beberapa ruang chatting tidak hanya dilengkapi dengan fasilitas teks,
tapi juga grafik, suara, dan video. Ini berarti bahwa penggunanya tidak hanya
dapat berkomunikasi lewat teks, tapi juga dapat menampilkan gambar, suara, dan
video (melalui fasilitas webcam). Bahkan ia dapat digunakan untuk mengirim
file. Pada umumnya, search engine menyediakan fasilitas chat. Bahkan portal
e-learning yang dikembangkan lembaga pendidikan tertentu juga menyediakan
fasilitas chat.
Gambar : Ruang Chat
Yahoo Messanger
Untuk melakukan chatting lewat teks, pengguna
mengetikkan teks pada bagian yang disediakan dan mengirimkannya pada orang yang
dikehendaki dengan mengklik tombol send atau menekan tombol enter
pada keyboard. Jika terdapat fasilitas audio pada komputer yang
digunakan, pengguna dapat melakukan voice chat, yakni menyampaikan atau
mendengarkan pesan lisan dari teman chatting-nya, seperti halnya kalau
menggunakan telepon. Bahkan bagi pengguna yang komputernya dilengkapi dengan
fasilitas webcam, dia dapat melakukan chatting dengan melihat
wajah rekan yang diajak bercakap-cakap.
Fitur layanan chatting ini sangat memungkinkan
digunakan untuk pembelajaran jarak jauh (distance learning). Dengan fasilitas
audio dan webcam yang disebutkan di atas, guru dapat merancang
pembelajaran dalam bentuk teleconference, sehingga guru dapat
menyampaikan pengajarannya kepada siswa-siswanya di manapun berada. Sebaliknya,
siswa dapat pula berinteraksi dengan gurunya atau dengan siswa lainnya,
walaupun pada tempat berbeda. Interkasi yang mungkin terjadi adalah siswa
bertanya kepada guru atau sebaliknya guru yang bertanya kepada siswa. Dengan
demikian, siswa merasa bahwa gurunya berada di depannya.
Selain itu, konten yang dibicarakan dapat diarahkan
pada bidang tertentu yang diminati, misalnya budaya, agama, pendidikan,
teknologi, dan sebagainya. Untuk mengontrol pembicaraan atau diskusi, guru
dapat mengarahkan siswanya dengan mengundang mereka masuk ruang konferensi (invite
to conference) yang sebelumnya sudah dipilih atau diadakan oleh guru.
Dengan demikian, guru dapat memonitor percakapan para siswanya. Pengguna chatroom
dapat juga memilih untuk chat berduaan. Dengan kegiatan ini, guru atau
siswa akan dapat bertukar pikiran atau saling membagi informasi tentang bidang
yang sedang dibicarakan. Hal ini tentu akan memperkaya pengetahuan dan menambah
wawasan mereka.
Gambar: Chat Room untuk one-to-one (berduaan)
7.
USER’S NETWORK (USENET) DAN
NEWSGROUP
Usenet,
singkatan dari user network, adalah salah satu fasilitas di internet yang mirip
dengan bulletin board system (BBS). Usenet digunakan untuk membaca dan mengirim
pesan (biasanya disebut "articles" atau "posts") kepada
satu atau lebih kelompok kategori. Dari segi aktivitas yang dilakukan para
pengakses, usenet dan newsgroup merupakan forum diskusi. Usenet biasanya terdiri
atas serangkaian newsgroups yang dibuat berdasarkan minat dan topik diskusi.
Dengan kata lain, newsgroup adalah bagian dari usenet. Menurut Oetomo (2007),
newsgroup ibarat papan komunikasi di mana setiap orang bebas mencari informasi
yang dibutuhkan serta memberikan informasi yang dimilikinya. Setiap orang bebas
memberikan komentar terhadap suatu masalah yang ada dan komentar akan terbaca
pula oleh para pemakai newsgroup. Dalam kaitannya dengan pembelajaran,
fasilitas ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk berdiskusi tentang topik yang
diinginkan. Hanya saja berbeda dengan fasilitas internet relay chat (IRC) yang
dijelaskan di atas, karena bentuk komunikasi yang ditawarkan newsgroup ini
adalah asinkronos. Artinya bahwa komunikasi antar pengakses tidak secara
langsung pada waktu yang bersamaan. Berikut ini adalah tujuh hirarki utama
usenet newsgroups yang dikenal dengan ‘Big 7”.
• comp.* —
Diskusi tentang topik berkaitan komputer
• news.* —
Diskusi tentang Usenet sendiri
• sci.* —
Diskusi tentang bidang sains
• rec.* —
Diskusi tentang kegiatan rekreasi (misalnya, games dan hobi)
• soc.* —
Bersosialisasi dan Diskusi tentang isu sosial.
• talk.* —
Diskusi tentang isu kontroversi, misalnya agama dan politik.
• misc.* —
Diskusi serbaserbi—apa saja yang tidak masuk dalam hirarki lainnya.
8.
INTERNET PHONE/CONFERENCE
Fasilitas untuk melakukan percakapan
jarak jauh via INTERNET. Untuk itu diperlukan aplikasi khusus dan dukungan
hardware multimedia.
9.
WAIS SERVER
WAIS (Wide Area Information Service)
menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam INTERNET.
WAIS mampu mengakses segala database yang besar (seperti dokumen, file berisi
gambar, video dan suara).
10. MAILING LIST
Kelompok
diskusi - fasilitas ini dibangun menggunakan teknik yang sama dengan proses
penyebaran surat elektronik. Dengan menggunakan fasilitas ini, sebuah
berita/file dapat didistribusikan ke banyak pengguna sekaligus. Bahkan
penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara
elektronik tanpa terikat dimensi ruang dan waktu. Diskusi dapat berlangsung
setiap hari tanpa henti. Hasil yang diperoleh akan jauh lebih efektif daripada
penyelenggaraan seminar/konferensi konvesional. Sejumlah milis gratis dapat
dijumpai di internet, misalnya yang disediakan pada portal
http://www.yahoo.com. Pengguna tinggal memilih topik yang sesuai dengan
minatnya.
Dalam
konteks pembelajaran, guru dapat menganjurkan atau bahkan menugaskan kepada
siswa untuk mengikuti milis tertentu. Dengan milis ini, siswa akan mendapatkan
pengalaman betapa banyaknya manfaat saling berbagi informasi satu sama lainnya.
Selain itu, siswa juga dibiasakan untuk membagi informasi yang mereka buat
sendiri kepada anggota milis lainnya. Informasi yang mereka peroleh dari milis
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi di kelas. Bahkan, ketika mereka
mendapatkan masalah yang sulit dipecahkan, mereka dapat meminta bantuan dari
aggota milis lainnya untuk mendapatkan jawaban atau solusi.
C.
CARA
MENJALANKAN INTERNET
Ada 3 cara
menjalankan internet, asumsi komputer telah terkoneksi ke ISP:
1.
Menggunakan menu
• Klik START – PROGRAM – MOZILLA
FIREFOX
2.
Menggunakan icon di desktop
3.
Menggunakan icon di taskbar
D.
PERANGKAT
KERAS DAN FUNGSINYA UNTUK AKSES INTERNET
Perangkat
keras (Hardware) yang dibutuhkan untuk mengakses internet dan fungsinya, antara
lain adalah :
1.
Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk
dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi
internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin
tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet,
begitu pula sebaliknya.
2.
Modem
Modem
berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang
mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk
dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal
informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang
diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem
merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua
arah. Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital
komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi
dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem.
3.
Saluran Telepon (Line Telepon), TV
Kabel, ISDN, Handphone
a.
Saluran Telepon (Line Telepon)
Saluran telepon juga merupakan
perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan
internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem
dial up. Saat ini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnya dengan
menggunakan paket Telkomnet Instant yang secara langsung dapat melakukan akses
internet.
b.
TV Kabel
Selain saluran telpon, untuk
melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk
bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai
adalah modem kabel. Agar dapat menggunakan modem kabel, computer harus
dilengkapi dengan ethernet (ethernet card). Layanan akses modem kabel dapat
melalui jaringan TV Kabel dengan ISP di antaranya : cbn, indosat, linknet,
centrin, dan mynet.
c.
ISDN
ISDN (Integrated Services Digital
Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara,
dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, serta merupakan transmisi
system telepon analog ke system digital. Para pemakai ISDN diberikan keuntungan
berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang
terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang
terpisah. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut dengan NSP (Network
Service Provider).
d.
Satelit
VSAT (Very Small Aperture Terminal)
adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenapenerima berbentuk
piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama dari VSAT adalah
untuk menerima dan mengirim data ke satelit.
e.
Handphone
Internet
juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan
handphone. Protokol yang digunakan disebut WAP. Wireless Application Protocol
disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang
memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai
fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format
teks khusus. WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9,6 Kbps. Selain
WAP, dikembangkan pula teknologi GPRS (General Packet Radio Service), GPRS
menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan
akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld
computer. Saat ini, terdapat 3G (Third Generation) pada telepon seluler
berbasis CDMA (Code Division Multiple Access), dimana 3G memiliki kecepatan
transfer data hingga 230 Kbps.
E.
MANFAAT
INTERNET
Pemakai
computer atau User dapat melakukan banyak hal melalui intenet, seperti:
• Mencari
informasi (hosting)
• Belanja
(e-commerce)
• Berkirimsurat
(e-mail)
• Mengobrol
(chatting)
• Research
dengan intenet
Manfaat Internet dalam dunia pendidikan, khususnya
dalam menunjang pembelajaran, tidak diragukan lagi. Sumber-sumber belajar
berupa artikel ilmiah, buku, laporan penelitian, bahan ajar siap pakai, dan
media interaktif cukup banyak tersedia. Selain itu, beragam program dapat
dijumpai di internet yang dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar yang
lebih menarik. Bahkan, bahan-bahan otentik lebih banyak jumlahnya lagi yang
sesungguhnya memiliki nilai pembelajaran bermakna apabila pemanfaatannya
dirancang dengan baik. Hal ini tentu membutuhkan kompetensi guru yang memadai
dalam hal menggunakan perangkat TIK yang sesuai, membuat perencanaan
pembelajaran dengan integrasi TIK, mengevaluasi dan menyediakan bahan yang
relevan, melaksanakan pembelajaran dengan pemanfaatan TIK, dan membuat alat
evaluasi.
Secara khusus, manfaat internet
yaitu:
1.
Bagi para guru, internet menawarkan
beberapa kesempatan untuk:
a.
Pengembangan Profesional.
b.
Meningkatkan pengetahuan.
c.
Berbagi sumber diantara rekan
sejawat/ sedepartemen.
d.
Bekerjasama dengan guru-guru dari
luar negeri Kesempatan untuk menerbitkan/mengumumkan secara langsung.
e.
Mengatur komunikasi secara teratur.
f.
Berpatisipasi dalam forum dengan
rekan sejawat baik local maupun internasional.
2.
Pemanfaatannya sebagai sumber bahan
mengajar:
a.
Mengakses rencana belajar mengajar
& metodologi baru.
b.
Bahan baku & bahan jadi yang
cocok untuk segala bidang pelajaran.
c.
Mengumumkan dan berbagi sumber.
Sangat tingginya popularitas /sangat tingginya minat untuk
meningkatkan siswa lebih terfokusbelajar.
3.
Bagi siswa Internet menawarkan
kesempatan untuk:Belajar sendiri secara cepat, untuk:
a.
Meningkatkan pengetahuan.
b.
Belajar berinteraktif.
c.
Mengembangkan kemampuan di bidang
penelitian.Memperkaya pengetahuan dan kemampuan diri dalam:
§
Meningkatkan komunikasi dengan siswa
lain.
§
Meningkatkan kepekaan akan
permasalahan yang ada diseluruh dunia.
Salah satu dari manfaat yang sangat potensial dari
Internet selain untuk para administrator dan pihak-pihak yang berkepentingan di
lingkunganya itu adalah untuk memudahkan pengumpulan lembaran data-data sekolah
yang dapat langsung terkirim langsung ketujuannya baik ke perorangan maupun kepada
masyarakat luas.
Guru-guru dari segala bidang mata pelajaran, terutama
guru bahasa dan guru pelajaran ilmu sosial, dapat mengambil (download) berita
dan kejadian-kejadian terkini yang bisa digunakan sebagai bahan mengajar
dikelas pada hari yang sama saat itu juga. Semua guru juga dapat menggunakan
Internet baik untuk keperluan pengembangan diri secara pribadi maupun secara
professional, demi kemajuan proses pendidikan bagi para siswanya dengan
bekerjasama dalam wilayah regional maupun diseluruh dunia.
Manfaat lainnya adalah kita dapat berkomunikasi secara
individual atau secara massa dan dapat dilakukan dimana saja diseluruh dunia
hanya dalam waktu beberapa detik saja. Kita juga dapat menyebarkan (publish)
informasi yang kemudian bisa di akses dari mana saja di seluruh dunia dalam
waktu yang sangat singkat. Kita dapat berkomunikasi secara langsung (real time)
melalui telepon dan unit video processing. Kita bisa melakukan "chat"
melalui jaringan gratis "chat" yangsangat luas yaitu mIRC.
F.
DAMPAK POSITIF
INTERNET
Meluasnya
akses terhadap fasilitas komunikasi massa dan alat informasi termasuk internet
dalam beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi yang besar
dalam interaksi sesama manusia. Dunia internet semakin berarti bagi anak-anak.
Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun
informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan
waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet,
diantaranya:
1.
Internet menghubungkan jutaan
komputer yang tersebar di seluruh dunia
2.
Internet tidak terikat pada
organisasi apapun
3.
Dengan Internet, organisasi dapat
bertukar informasi baik secara internal maupun eksternal
4.
Internet dapat digunakan untuk semua
platform
5.
Internet dapat digunakan siapa saja
untuk melakukan akses informasi apa saja dan bahkan untuk melakukan transaksi
bisnis
6.
Surat menyurat (e-mail), fasilitas
ini sudah sering kali kita dengar karena dengan fasilitas ini tidak hanya untuk
saling mengirim pesan yang pnjang tapi juga dapat digunakan untuk mengirim
tugas dalam proses belajar,
7.
Berbincang (chatting), fasilitas ini
memungkinkan seseorang untuk saling berkomunikasi satu sama lainnya, dan bisa
menambah teman dari berbagai belahan dunia,
8.
Mengambil/mengirim informasi
(download/upload), berbagai informasi mengenai apapun dapt diperoleh melalui
internet, selain itu kita pun dapat turut andil dengan mengirimkan (upload)
informasi-informasi penting yang kita ketahui,
9.
Menggunakan teknologi
“teleconference” (konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh), karena
dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak
mengenal letak geografis,
10. Mendapatkan
hiburan, tidak hanya bagi orang dewasa, namun siswa sekolah dasarpun telah
mengenal dan memanfaatkannya meski seringkali hanya untuk mendapatkan
kesenangan,
11. Internet
juga dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat belajar secara mandiri pada
anak, misalnya dengan memanfaatkan software yang menarik untuk menggugah minat
anak belajar. Isi atau materi pelajaran yang menarik diharapkan dapat
menciptakan suasana belajar yang penuh dengan kegembiraan. Sekaligus
menghindarkan anak dari rasa tertekan saat belajar karena menganggap pelajaran
sulit dan menakutkan, dan sebagainya.
G.
DAMPAK
NEGATIF INTERNET
§
Pornografi, anggapan yang mengatakan
bahwa internet identik dengan pornografi memang tidak salah. Dengan penyampaian
informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajarela. Untuk mengatasi
hal ini, para produsen “browser” melengkapi program mereka dengan kemampuan
untuk memilih jenis home page yang dapat diakses.
§
Violence and Gore atau kekejaman dan
kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang
bersifat tabu.
§
Penipuan, hal ini memang merajarela
di bidang apapun, internet pun tak luput dari serangan penipu. Cara terbaik
adalah tidak mengindahkan hal ini.
§
Carding merupakan aktivitas
pembelian barang di Internet menggunakan kartu kredit bajakan. Cara belanja
menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia
Internet karena bersifat real-time (langsung). Para pelakunya paling banyak
melakukan kejahatan dalam bidang ini.
§
Perjudian, dengan jaringan yang
tersedia para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi
kebutuhannya.
Selain itu
pun, ada beberapa dampak negatif lainnya yang dilihat secara konseptual yakni:
1.
Information Anxiety
Terlalu banyak informasi sehingga
tidak bisa memilih mana informasi yang benar / salah, penting / tidak, karena
semakin banyaknya informasi yang ada sekarang, tidak semua informasi yang
diberikan benar adanya. Khususnya yang menggunakan media internet.
2.
Dehumanization
Hilangnya / turunnya penghargaan
atas nilai individu, yang digantikan dengan angka identitas.
3.
Health Issues
Stress yang ditimbulkan oleh
penggunaan peralatan dan aplikasi berbasis TIK, ketergantungan akan teknologi
informasi dan komunikasi, pengaruh radiasi gelombang elektromagnetis, pengaruh
radiasi layar monitor, masalah persendian akibat kelelahan akibat kesalahan
penggunaan keyboard dan mouse, masalah ergonomis, dsb.
4.
Lost Of Privacy
Identitas digital membuat keberadaan
kita selalu terdeteksi. Selain itu pemantauan kamera CCTV (Closed-Circuit
Television) secara terus menerus yang berada / terpasang di beberapa tempat
tertentu akan mengganggu privasi dalam kesaharian kita.
5.
Cookies
Makin banyak informasi yang
ditampilkan diinternet yang tanpa kita sadari membuka peluang penyalahgunaan
oleh pihak – pihak tidak berwenang , contoh : account yang kita miliki di situs
jejaring social seperti facebook, friendster, twitter, dll .
6.
Digital Gap
Makin nyata adanya kesenjangan
antara kelompok yang menguasai TIK dengan kelompok yang tidak menguasai TIK,
baik dalam keseharian maupun di dalam pekerjaan.
7.
Possible Massive Unemployment
Implementasi TIK secara besar –
besaran, waktu – waktu dapat membawa dampak peningkatan jumlah pengurangan
tenaga kerja, baik melalui PHK ataupun menyempitnya peluang tenaga kerja bagi
karyawan yang tidak menguasai TIK.
8.
Impact Of Globalization On Culture
Makin menghilangnya / menipisnya
nilai – nilai budaya lokal akibat pengaruh globalisasi. Karena semakin cepat
dan mudahnya penyebaran informasi dari dunia luar melalui internet.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Internet
merupakan kepanjangan dari interconnected networking, yang mempunyai arti
hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang
mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur
telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Internet
merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang
berbeda system operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut
memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan
protokol standar dalam berkomunikasi.
Tingginya
mobilitas penggunaan internet menuntut jaringan internet yang lebih fleksibel,
sehingga seseorang yang sering bepergian tetap dapat mengakses internet
walaupun di dalam mobil yang sedang berjalan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut
dikembangkan jaringan tanpa kabel (nirkabel) seperti telepon seluler. Jaringan
ini dikenal sebagai jaringan internet tanpa kabel (nirkabel) yang dikenal
dengan Wireless Aplication Protocol (WAP). WAP dalam beroperasi dapat
menggunakan bantuan telepon seluler sebagai sarana penghubung.
Meluasnya
akses terhadap fasilitas komunikasi massa dan alat informasi termasuk internet
dalam beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi yang besar
dalam interaksi sesama manusia. Dunia internet semakin berarti bagi anak-anak.
Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun
informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan
waktu.
DAFTAR
PUSTAKA
Suprihatin.2011. Makalah
Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Kehidupan Remaja.Ponorogo
Maffuh, Benyamin dkk.1996. Penuntun Belajar Sosiologi II. Bandung: Ganeca Exact Bandung
M,Idianto.2006. Sosiologi
untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Post a Comment for "Internet"