Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Biologi 2

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
            Dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan lainnya yang menyebabkan perkembangan ilmu biologi dan pengetahuan tentang makhluk hidup kita serta peningkatan terhadap pemahaman lingkungan sekitar, ilmu biologi memberikan banyak manfaat serta sumbangan terhadap kemajuan masyarakat.
            Manfaat biologi tersebut bukan hanya manfaat dalam mempelajarinya akan tetapi manfaat yang lebih nyata dan aplikatif tentunya terutama diberbagai bidang seperti bidang pertanian, peternakan, kedokteran, industri, kesehatan, farmasi. Berikut penjelasan ringkas tentang manfaat biologi dalam kehidupan kita khususnya diberbagai bidang bidang masyarakat.

B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1.      bagaimana manfaat biologi di bidang pertanian?
2.      bagaimana manfaat biologi di bidang peternakan?
3.      bagaimana manfaat biologi di bidang industri?




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Manfaat Biologi dalam Bidang Pertanian
            Manfaat biologi dalam pertanian – Jumlah penduduk semakin meningkat. Hal ini harus disertai dengan peningkatan produksi pangan. Biologi telah memberikan sumbangan terhadap usaha peningkatan produksi pangan.
https://indahsetiarinii.files.wordpress.com/2012/12/pestisida-stok-aman.jpeg
            Manfaat biologi dalam bidang pertanian ini tentunya sangat dibutuhkan dikarenakan pertumbuhan penduduk yang cukup cepat sehingga harus diimbangi dengan produksi pangan yang cepat juga agar tidak terjadi kelaparan dan peningkatan harga barang yang tinggi akibat kelangkaan. Beberapa contoh pemanfaatan biologi dalam bidang pertanian adalah sebagai berikut:
1.      Beberapa abad sebelumnya para petani hanya bercocok tanam baik itu pertanian maupun perkebunan secara tradisional. Akan tetapi dengan berkembangnya pengetahuan tentang bibit unggul, pola pemupukan serta penggunaan pestisida organik, para petani mampu meningkatkan jumlah produksinya untuk setiap areal daerah tanam yang ada. Bahkan mempercepat waktu panen yang dulunya hanya mampu panen 1-2 kali untuk setiap tahunnya, sekarang telah dapat 3 kali untuk setiap tahunnya. Tentu saja, ini merupakan manfaat biologi dan kombinasi dari ilmu lainnya khususnya ilmu pertanian.
2.      Manfaat biologi dalam bidang pertanian salah satunya lagi adalah rekayasa genetik. Melalui perkembangan bioteknologi dan biologi molekuler, para ahli biologi telah berhasil mengembangkan rekaya genetika untuk tanaman khususnya tanaman yang dikonsumsi oleh manusia. Pengaplikasian yang sudah berhasil dilakukan adalah terciptanya tanaman budidaya yang mampu menghasilkan insektisida sendiri, sehingga tanaman tersebut tidak perlu disemprot insektisida. Contoh jenis tanaman pangan yang telah berhasil direkayasa dengan tujuan tersebut adalah tanaman buah, apel, pir, kol/kubis, brokoli, dan kentang. Dengan adanya rekayasa  genetik, memang terdapat kerugian di dalamnya yaitu hilangnya plasma nutfah dikarenakan tersingkir dari pilihan masyarakat, akan tetapi, satu masalah besar yaitu kebutuhan akan makanan dapat terpenuhi.
3.      Selain itu, manfaat biologi yang tidak kalah pentingnya dalam bidang pertanian adalah teknik kultur jaringan. Teknik ini menggadakan tanaman dalam waktu singkat dan praktis sehingga mampu meningkatkan produksi bibit dan perbanyakan tanaman. Dengan menggunakan satu tanamaan unggul secara hasil dan genetik dan sehat mampu dihasilkan berjuta juta tanaman yang sama sifatnya sehingga pertanian akan terjamin hasilnya mampu memberikan kebaikan untuk masyarakat dan perekenomian. Hal ini juga mempersingkat waktu dalam pembibitan dikarenakan tanaman yang ditanam sudah berbentuk tanaman lengkap, tinggal ditumbuhkan untuk panen.
4.      Selain itu, yang tidak kalah penting manfaatnya adalah pemahaman terhadap genetika makhluk hidup membuat pertanian semakin maju. Varietas tanaman baru yang lebih unggul dan lebih superior dari tanaman sebelumnya dapat dihasilkan dengan adanya ilmu genetika. Bagaimana? Perlu anda ketahui manfaat biologi di bidang pertanian yang dijelaskan diatas masih merupakan gambaran besar, masih banyak manfaat biologi lainnya dalam bidang pertanian yang telah teraplikasikan hingga sekarang.

B.     Manfaat biologi dalam bidang peternakan
            Manfaat biologi dalam bidang peternakan – Salah satu hal yang penting sebagai sumber makanan dan gizi/nutrisi bagi manusia adalah peternakan. Sehubungan dengan peningkatan jumlah penduduk dan kebutuhannya terhadap makanan bergizi dan berprotein, pengetahuan ilmu biologi sangat dibutuhkan manfaatnya dalam bidang ini, khususnya dibagian produksi hewan ternak dan rekayasa genetik (Walaupun masih terlarang dibutuhkan tapi telah banyak dilakukan riset untuk ini). Berikut beberapa manfaat biologi dalam bidang peternakan:
1.      Dalam biologi terbagi menjadi beberapa pengkhususan ilmu dan beberapa bagian tersebut berperan dalam bidang peternakan seperti anatomi hewan, fisiologi hewan genetika, dan embriologi hewan. Dengan mendalami beberapa ilmu tersebut, sekarang ini telah diaplikasikan secara besar besar apa yang disebut inseminasi buatan. Inseminasi buatan adalah cara yang digunakan para peternak dalam meningkatkan jumlah ternak yang dimilikinya dengan membuahi betina menggunakan alat suntik yang telah diisikan sperma jantan. Dengan ini, sapi sapi betina dapat hamil tanpa membutuhkan proses perkawinan secara yang biasanya sehingga mempercepat masa kehamilan sapi, serta kita dapat memilih menentukan jantan yang unggul untuk sapi tersebut.
2.      Selain itu teknik inseminasi buatan, dewasa ini telah dikembangkan juga teknik fertilisasi in vitro.
3.      Selain itu, pembuatan silase yang merupakan makanan atau pakan sapi dan ternak lainnya yang dihasilkan dari fermentasi tanaman atau bahan lain yang tinggi selulase sehingga meningkatkan kandungan protein yang dimilikinya yang membuat sapi sapi dan hewan ternak  bobotnya mampu meningkat cepat.
http://2.bp.blogspot.com/-Qp65QB_xM3s/T9cRF9sR8xI/AAAAAAAAADY/dpR3TXVeG4g/s1600/silase.jpeg
4.      Dengan ditemukannya vaksin dan antibodi serta prebiotik, kesehatan hewan ternak dapat lebih ditingkatkan
5.      Selain itu, manfaat biologi dalam bidang peternakan masih dalam pengembangan berada dibagian genetika dan biologi molekuler. Berbagai hewan ternak yang telah direkayasa secara genetika baik secara langsung ataupun tidak (menggunakan sistem kawin silang) untuk menemukan ras ras yang unggul dalam bidang tertentu, seperti untuk ayam  pedaging yang khusus untuk daging saja, maka selain digunakan obat obatan dan hormon, juga digunakan ras ayam yang memang lebih cepat dalam proses pertumbuhan dagingnya.

C.    Manfaat biologi dalam bidang industri

1.      Kalian pasti tahu bioteknologi. Dalam bidang industri, ilmu biologi sungguh telah terasa khususnya yang namanya bioteknologi. Penggunaan organisme hidup dalam industri membuka lahan baru bagi tenaga kerja, wiraswasta dan banyak lagi dan meningkatkan pangan yang ada.  Contohnya saja, industri susu yang menggunakan teknik pasteurisasi sehingga susu segar dari sapi dapat diminum dan tetap terjaga kebersihannya walaupun telah lama disimpan (masih tertutup). Kemudian industri yoghurt yang menggunakan bakteri dan teknik fermentasi dalam pembuatannya, industri kecap, industri manisan dan banyak lagi industri lainnya yang sekarang ini menggunakan bioteknologi dikarenakan lebih ramah, hemat dan sehat bagi konsumen.
2.      Dibagian industri kesehatan, obat- obatan (Farmasi) dan khususnya antibiotik, biologi sangat bermanfaat. Khususnya pertama kalinya ditemukan bahwa mikroorganisme mampu menghasilkan senyawa anti kehidupan atau mampu membunuh organisme disekitarnya yang sekarang ini disebut antibiotik. Dengan pengetahuan ini terciptalah penisilin, dan banyak lagi obat obatan lainnya yang diproduksi dari mikrooganisme.  Dan bahkan vitamin vitamin yang sering ada minum, beberapa produk dipasaran dikembangkan dari produk mikroorganisme.
http://1.bp.blogspot.com/-ThtbDiTO9vQ/UDRbYQu6EqI/AAAAAAAAAJA/2l898CNPyYM/s1600/how-to-make-yogurt-2.jpg



BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
            Biologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam (natural science) yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup. Ruang lingkup Biologi yang luas, mendorong para ahli membuat spesifikasi dalam mempelajari objek Biologi. Spesifikasi ini bertujuan agar objek Biologi dapat dipelajari secara mendalam, bahkan dapat diaplikasikan dalam keidupan manusia. Spesifikasi ini dibuat dalam bentuk cabang-cabang Biologi.
            Penerapan ilmu sains khususnya biologi tentu juga akan menimbulkan manfaat dan masalah bagi kehidupan manusia.Untuk itu perlu adanya  etika yang mengatur penerapan ilmu biologi dan disiplin ilmu sains yang lainnya. Banyak aspek dari kehidupan yang dapat dijadikan kajian biologi terapan seperti aspek pertanian, peternakan, pangan, dan lain sebagainya.
           
B.     SARAN
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka penulis mohon kritik dan saran guna perbaikan untuk masa yang akan datang.




DAFTAR PUSTAKA
http://www.belajarbiologi.com/2015/08/manfaat-biologi-dan-mempelajarinya.html
http://laawere.blogspot.co.id/2012/07/pemanfaatan-biologi-dalam-bidang.html

http://www.kompasiana.com/thevenom20/peranan-biologi-dalam-berbagai-bidang_5509e5968133110865b1e367

Post a Comment for "Manfaat Biologi 2"