Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan fungsi vitamin K bagi tubuh manusia

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk bisa membuat seluruh organ tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Setiap vitamin sudah mendapat tugasnya masing-masing, ada yang berperan sebagai alat alami untuk merubah karbohidrat menjadi glukosa yang nantinya digunakan oleh tubuh untuk memproduksi energi dan ada juga yang tugasnya untuk memastikan kelancaran fungsi sistem tubuh manusia yaitu vitamin K.
Vitamin K merupakan vitamin yang mendapat sebutan lain “naphthoquinones”, dikategorikan kedalam tiga jenis dasar vitamin K yaitu phylioquinonnes (berasal dari tumbuhan), menaquinones (berasal dari bakteri), dan menadione (sintetik buatan). Bagi orang yang awam dengan dunia medis menyebut ketiga jenis vitamin K tadi sebagai vitamin K1, K2 dan K3.
Vitamin K memiliki sifat mudah larut dalam lemak karena itu tersimpannya vitamin ini adalah di jaringan lemak dalam tubuh. Banyak sekali peran dari vitamin ini seperti yang dikatakan tadi yaitu memastikan kelancaran fungsi sistem tubuh, selain itu vitamin ini juga bertanggung jawab untuk mempercepat pembekuan darah. Vitamin K merupakan salah satu jenis vitamin yang larut ke dalam lemak. Bagi tubuh manusia vitamin K memang diperlukan, meskipun kasus kekurangan vitamin ini terbilang langka dan nyaris tidak ada. Meskipun langka namun pernah ada beberapa kasus seseorang mengalami kekurangan vitamin K dan harus menjalani perawatan medis yang serius. Kekurangan vitamin K dapat menghambat proses pembekuan darah, yang kemudian memperlambat atau bahkan menghilangkan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka. Akibatnya ketika ada luka yang sangat kecil sekalipun bisa membesar dan berakibat fatal bagi penderitanya. Adapun kebutuhan vitamin K bagi tubuh ialah 2 mcg per kilogram dari berat badan Kita.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apakah fungsi vitamin K?
2.      Apakah kegunaan vitamin K?
3.      Dimanakah terdapat sumber vitamin K?

BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN VITAMIN K
Vitamin K dikenal juga dengan nama Koagulasi. Vitamin ini termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak. Hampir serupa dengan vitamin E, fungsi utama vitamin K adalah membantu proses pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan. Dosis harian konsumsi vitamin K adalah 2 mcg per 1 kg berat badan. Gejala kekurangan vitamin K adalah pembekuan darah tidak normal. Kekurangan vitamin ini jarang terjadi pada orang dewasa, tapi sering terjadi pada bayi yang baru lahir. Gejala kelebihan vitamin K bisa terjadi seperti, mual, muntah, anemia, diare, dan ruam kulit.
Sumber makanan yang mengandung vitamin K diantaranya sayuran hijau, kedelai, kol, brokoli, susu, hati, dan asparagus.

B.     Fungsi Vitamin K Bagi Tubuh
1.      Pembekuan Darah
Vitamin K digunakan oleh tubuh untuk mempercepat proses pembekuan darah. Dengan kata lain, hal ini membantu tubuh untuk memproduksi prothrombin (protein plasma yang diproduksi dalam hati yang nantinya diubah menjadi trombon untuk membantu pembekuan darah).

2.      Kesehatan Tulang
Permasalahan pada tulang tak lain dengan pengeroposan dan kerentanan terjadinya patah tulang. Disinilah vitamin K bertugas untuk mencegah tulang mengalami beberapa gangguan seperti osteoporosis dan patah tulang. Selain itu, vitamin ini juga membantu pembentukan tulang dan mempecepat perbaikan jaringan.

3.      Mencegah Kalsium Berlebih
Kalsium memang baik untuk membentuk struktur tulang dan penguatan tulang. Namun jika terlalu berlebihan kalsium bisa membuat pembuluh darah mengeras, kasus ini biasa disebut dengan kalsifikasi. Vitamin K membantu tubuh untuk mencegah terjadinya kalsifikasi yang bisa berujung pada penyakit kardiovaskular. Jika tubuh kekurangan vitamin K bisa dikenali dari beberapa gejala yang dialami oleh tubuh seperti kehilangan banyak darah akibat pendarahan berlebih saat menstruasi.

C.    KEGUNAAN VITAMIN K BAGI TUBUH
Vitamin K bisa dijumpai dalam beberapa jenis makanan, seperti pada kedelai, kol, sayuran hijau, brokoli, asparagus, susu, dan juga hati. Vitamin K di dalam tubuh terdapat di bagian usus besar, yakni yang bersumber dari bakteri baik di dalam tubuh.
Penyediaan vitamin K secara alami oleh tubuh manusia ternyata belum mencukupi sehingga memerlukan tambahan dari luar. Maka diperlukan asupan tambahan dari makanan yang dikonsumsi yang mana memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Membantu mengenal sumber vitamin K dan juga manfaatnya, maka penting sekali untuk mengetahui fungsi atau manfaatnya bagi tubuh. Manfaat tersebut antara lain:
1.      Pertumbuhan Tulang dan Mencegah Osteoporosis
Penelitian lain juga membuktikan bahwa selain diabetes, vitamin K juga dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga terbentuk struktur rangka tubuh yang kuat. Khususnya pada wanita, vitamin K juga dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis. Di dalam tulang, vitamin K ini akan membantu senyawa osteokalsin yang berperan dalam penyerapan mineral untuk membentuk stuktur tulang yang kuat. Osteoklasin sendiri diproduksi oleh osteoblas, kumpulan sel pembentuk tulang.

2.      Membantu mencegah diabetes
Vitamin K yang cukup sesuai kebutuhan tubuh ternyata mampu mencegah dan menekan kemungkinan terjadinya resitansi insulin. Hormon insulin yang jumlahnya normal akan mampu mengolah gula di dalam darah menjadi energi. Sehingga kebutuhan organ akan energi tidak mengalami hambatan, mencegah diabetes dapat dilakukan dengan menjaga asupan makanan kaya vitamin K.

3.      Mencegah munculnya hemoragik
Hemoragik merupakan salah satu kelainan sulitnya melakukan pembekuan darah yang terjadi pada bayi. Sehingga memerlukan asupan vitamin K dari luar, yakni dari ASI yang diberikan oleh si ibu sehingga membantu proses pembekuan darah secara normal. Pemenuhan kebutuhan vitamin K dari ibu menuntut si ibu untuk mendapatkan asupan vitamin K yang cukup.

4.      Membantu mencegah penyakit kanker
Keberadaan vitamin K di dalam tubuh ternyata juga mampu menangkal pertumbuhan sel kanker pada organ hati dan juga paru-paru. Sehingga membantu mengatasi permasalah penyakit mematikan ini bisa dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin K.

D.    MAKANAN YANG TERDAPAT SUMBER VITAMIN K (KOAGULASI)

Berikut ini daftar makanan sebagai sumber vitamin K:
1.      Selada
Selada adalah salah satu makanan yang menjadi sumber vitamin K nabati (dari tumbuhan). Kandungan gizi berupa vitamin K per 100 gramnya adalah 128 mcg.

2.      Bayam
Sayuran ini juga menjadi makanan pengasup vitamin K untuk tubuh. Terdapat 80 mcg vitamin K pada takaran 100 gram bayam. Tentu Anda memilih tumbuhan ini untuk mencukupi gizi harian Anda, di Indonesia sayur ini sudah tak asing dan sangat mudah untuk ditemukan.



3.      Kembang Kol
Kembang kol atau bunga kol atau kubis ini adalah tumbuhan yang dijadikan objek budidaya di Indonesia. Asalnya kembang kol adalah dari berbagai negara di kawasan Eropa, namun itu tak jadi penghalang bagi masyarakat kita untuk melestarikan sayuran bermanfaat ini. Kembali menyinggung mengenai vitamin K yang terkandung dalam tumbuhan ini, sekitar 125 mcg tersimpan dalam 100 gram kembang kol.

4.      Brokoli
Awalnya, brokoli lebih dominan tertanam di negara Italia. Namun, seiring berjalannya waktu, brokoli juga mulai dibudidayakan di China dan india. Per 100 gram brokoli tersimpan 200 mcg vitamin K untuk yang cukup untuk memenuhi gizi harian Anda.

5.      Kacang Polong
Sengaja saya tambahkan jenis kacang-kacangan disini, sebenarnya masih ada kacang-kacangan lain yang menjadi penyedia vitamin K, misalnya kacang kedelai. Kacang polong atau kacang ercis mengasup 5 mcg kebutuhan vitamin K Anda pada takaran 100 gram kacang polong.
BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Vitamin K dikenal juga dengan nama Koagulasi. Vitamin ini termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak. Hampir serupa dengan vitamin E, fungsi utama vitamin K adalah membantu proses pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan. Dosis harian konsumsi vitamin K adalah 2 mcg per 1 kg berat badan. Gejala kekurangan vitamin K adalah pembekuan darah tidak normal.
Kekurangan vitamin ini jarang terjadi pada orang dewasa, tapi sering terjadi pada bayi yang baru lahir. Gejala kelebihan vitamin K bisa terjadi seperti, mual, muntah, anemia, diare, dan ruam kulit.
Sumber makanan yang mengandung vitamin K diantaranya sayuran hijau, kedelai, kol, brokoli, susu, hati, dan asparagus.

B.     SARAN
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka penulis mohon kritik dan saran guna perbaikan untuk masa yang akan datang.



DAFTAR PUSTAKA

http://kesehatan.gen22.net/2012/10/15-makanan-sumber-vitamin-k-koagulasi.html

Post a Comment for "Manfaat dan fungsi vitamin K bagi tubuh manusia"