Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perang Dunia I dan II

KEHIDUPAN PERANG DUNIA

PERBEDAAN PERANG DUNIA I DAN II
PERANG DUNIA I (1914-1918).
Penyebab terjadinya Perang Dunia I ini dikelompokkan menjadi dua faktor yaitu sebab-sebab secara umum dan sebab khusus yang menjadi pemicu meletusnya perang dunia.

Sebab umum perang dunia I
1.      Adanya pertentangan antara negara-negara eropa seperti antara Jerman dengan Perancis, Jerman dengan Inggris dan Jerman dengan Rusia. Penyebab pertentangan antara Jerman dengan Perancis karena Perancis ingin melakukan politik kevanche, Perancis balas dendam terhadap Jerman atas kekalahannya pada perang tahun 1870-1871. Sedangkan pertentangan antara Jerman dengan Inggris karena Inggris merasa tersaingi oleh Jerman dalam bidang Industri, daerah jajahan dan pembangunan Angkatan Laut yang dilakukan oleh Jerman.
2.      Adanya politik persekutuan/System of Alliances politik persekutuan tersebut terbentuk karena masing-masing negara di Eropa merasa terancam oleh negara tertentu sehingga membentuk persekutuan yang memputai kesepakatan apabila salah satu anggota persekutuan diserang, maka anggota yang lain harus membantuinya. Politik persekutuan yang terbentuk adalah TRIPLE ALLIANTIE tahun 1882 dengan anggotanya Jerman Austria dan Italia, sedangkan persekutuan yang lain adalah TRIPLE ENTENE tahun 1907 yang beranggotakan Inggris, Rusia dan Perancis. Sedangkan penyebab secara umum berikutnya adalah
3.      Perlombaan senjata yang timbul akibat adanya alliansi masing-masing negara saling curiga mencurigai dan saling mempersenjatai diri.
Sebab Khusus Perang Dunia I
Tahun 1914 tentara Austria mengadakan latihan perang di Bosnia. Bagi Serbia latihan perang tersebut merupakan tindakan provokatif atau tantangan, karena Serbia ingin menguasai Bosnia Herzegowna sebagai akibatnya putra mahkota Australia, yaitu Frans Ferdinand yang mengunjungi latihan perang tersebut dibunuh Jerman untuk mengumumkan perang kepada Rusia tgl 1 Agustus 1914, karena Rusia mendukung Serbia. dan tgl 3 Agustus 1914 Jerman mengumumkan perang kepada lagi terhadap Jerman tgl 4 Agustus 1914.               
Pihak Yang Berperang
Pihak yang berperang dalam PD I adalah pihak sentral atau disebut Blok Jerman yang terdiri dari empat negara yaitu, Jerman, Austria, Turki dan Bulgaria, sedangkan lawannya adalah Blok Sekutu atau disebut Blok Perancis.

DAMPAK/AKIBAT PERANG DUNIA I
1.      Bidang Politik
Dampak/akibat yang ditimbulkan adalah adanya perubahan teritorial dan munculnya paham-paham baru. Perubahan teritorial terjadi karena tenggelamnya empat negara besar seperti Jerman, Turki, Rusia dan Austria, dan munculnya negara-negara baru seperti Polandia, Hongaria, Cekoslowakia, Yugoslavia dsb, serta adanya perubahan penguasaan terhadap daerah jajahan yang disebabkan semua jajahan Jerman diambil alih oleh Inggris, Perancis Jepang dan Australia.
Paham-paham politik baru yang muncul akibat PD I adalah Diktatorisme karena demokrasi dianggap tidak mampu menyelesaikan kekacauan politik maupun ekonomi. Diktatorisme yang muncul adalah Nazi di Jerman Fascisme di Italia, Nasionalisme di di Turki dan Diktatorisme Proktariat di Rusia.

2.      Bidang Ekonomi
Akibat PD I yang ditimbulkan adalah adanya egoisme ekonomi yang merajalela melalui penetapan perjanjian oleh negara-negara yang menang perang terhadap negara yang kalah dan sebagai reaksinya. timbullah paham-paham politik ekonomi seperti komunisme di Rusia, Fascisme di Italia, Nazi di Jerman.
Dampak dari adanya kekacauan ekonomi dan nasinalisme seperti yang dilakukan oleh negara-negara tersebut diatas, menyebabkan timbulnya bea masuk yang tinggi sehingga menghentikan perdagangan internasional. Hal tersebut berakibat terjadinya Over Produksi di beberapa negara seperti USA dan Canada, yang akhirnya terjadi Malaise atau krisis ekonomi tahun 1923 dan 1929.

3.      Bidang Sosial
Akibat yang ditimbulkan PD I adalah kesengsaraan dan kemiskinan karena kehancuran perang dan munculnya gerakan emansipasi wanita dimana selama perang berlangsung wanita perannya sama dengan laki-laki yang banyak dibutuhkan digaris depan. Pengalaman wanita-wanita ini memperkokoh perasaan sama antara wanita dan pria.

4.      Bidang Kerohanian
Kesengsaraan yang ditimbulkan oleh peperangan menumbuhkan keinginan untuk melenyapkan peperangan dan menciptakan perdamaian yang kekal bagi ummat manusia. untuk itu munculnya gerakan perdamaian yang berkembang antara tahun 1920-`931 yang di sebut dengan LBB (Liga Bangsa-Bangsa).

PERANG DUNIA II (1940-1945)
Lahirnya Negara-Negara Fasis
Negara fasis adalah negara yang menjalankan kekuasaan pemerintahannya dengan cara diktator sehingga rakyat tidak bebas mengeluarkan pendapat. Sejak semula, fasisme sangat menentang komunisme, sosialisme, dan liberalisme. Fasisme ingin membentuk negara otoriter-totaliter.

Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II
Keadaan damai di Benua Eropa pasca Perang Dunia I hanya berlansung tidak lebih dai 15 tahun. Pada periode 1930-an keadaan politik dunia kembali memanas menyerupai kondisi politik pada 1900-1912, sebelum meletusnya Perang Dunia I. Maka negar-negara yang pernah terlibat dalam Perang Dunia I segera mempersiapkan diri untuk menghadapi perang yang mungkin terjadi yang lebih dahsyat dari perang yang sebelumnya.
Politik revanche ildea (semangat membalas) terus dikembangkan dan dihembuskan oleh negara-negara yang kalah dalam Perang Dunia I. Selain itu munculnya negara fasis (totaliter), seperti Jerman, Italia, dan Jepang merupakan salah satu penyebab meletusnya Perang Dunia II. Oleh karena itu, banyak orang mengatakan bahwa Perang Dunia II merupakan kelanjutan dari Perang Dunia I. Pada hakikatnya, latar belakang Perang Dunia II sama dengan Perang Dunia I, yakni terbagi atas sebab umum dan sebab khusus. Sebab umum melatarbelakangi berkecemuknya politik dunia pasca Perang Dunia I.

Sebab umum
·         Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB)
LBB yang diharapkan dapat menjadi suatu lembaga yang dapat menciptakan perdamaian dunia, ternyata tidak menjalankan peranannya dengan baik. Seperti pada 1935, ketika Italia melakukan agresi terhadap Ethiopia. LBB tidak dapat mncegah agresi itu. Oleh karena itu, dalam waktu satu tahun, Italia dapat menguasai Ethiopia.
·         Perlombaan Senjata
Industri angkatan perang berkembang dengan pesat karena mendapat dukungan dari keuangan negara. Sebagian besar anggaran belanja negara ditujukan untuk bidang industri agar dapat membangun kembali industri yang telah hancur pada masa Perang Dunia I. Masing-masing negara berusaha saling mengungguli lawan-lawan mereka dengan melengkapi persenjataannya. Curiga mencurigai diantara sesama negara Eropa sering muncul sehingga menyebabkan masing-masing negara mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan adanya serangan dari negara-negara lain atau untuk menyerang negara lain.
·         Persekutuan dan Pertentangan Paham
Berkembangnya berbagai paham setelah Perang Dunia I telah menjadikan negara-negara Eropa membentuk persekutuan-persekutuan berdasarkan kepentingan ideologi yang berkembang di negara masing-masing. Menjelang Perang Dunia II, terdapat tiga paham yang saling bertentangan, yaitu sebagai berikut:
a.       Paham Komunis yang dipimpin Rusia (Blok Komunis),
b.      Paham Fasis Totaliter dipimpin Jerman dan Italia (Blok Fasis),
c.       Paham Demokrasi dan Liberalisme yang dipimpin Amerika Serikat, Inggris dan Perancis (Blok Demokrasi).
d.       Terjadinya blok-blok ini sebagai akibat dari timbulnya politik mencari kawan yang sepaham dan seperjuangan (aliansi). Dari sinilah, mulai timbul saling mencurigai antara satu negara (besar) dan negara (besar) lainnya.


Sebab Khusus
Sebab khusus yang memicu meletusnya Perang Dunia II adalah serangan Jerman atas Polandia pada 1 Septemer 1939. Serangan yang dilancarkan Jerman ini telah mengawali pertempuran dunia di front Eropa. Sedangkan sebab khusus yang mengawali Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik adalah pemboman pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii oleh Jepang pada 7 Desember 1941. Pemboman ini telah mengawali berkobarnya Perang Pasifik atau Perang Asia Timur Raya.
Jalannya Perang Dunia II
Setelah Jerman melancarkan serangan ke Polandia pada 1 September 1939, tiga hari kemudian, 3 September 1939 Perancis dan Inggris menyatakan perang terhadap Jerman. Maka, dimulailah Perang Dunia II antara Blok AS (Poros) yang dipimpin Jerman dengan Blok sekutu yang dipimpin Inggris, dengan politik lebensraum, pada 9 April 1940 Tentara Jerman dalam waktu singkat melakukan serangan secara besar-besaran ke wilayah utara dan berhasil menduduki Denmark dan Norwegia. Pada 10 Mei 1941, pasukan Jerman melakukan serangan pula ke wilayah barat, yaitu ke negeri Luxemburg, Belanda, Belgia dan selanjutnya mengancam Prancis.
Pada 10 Juni 1940, Italia terjun ke kancah peperangan dengan memihak Jerman. Akhirnya dengan gempuran-gempuran yang sangat dahsyat dari Jerman dan italia selama 12 hari, Perancis dapat ditaklukan pada 22 Juni 1940. Selanjutnya Jerman mencoba untuk menguasai Inggris. Namun serangan -serangan Jerman, baik angkatan udara maupun darat dapat dipatahkan oleh pasukan Inggris dibawah pimpinan Perdana Menteri Winston Churchill
Jerman dan Italia kemudian menduduki daerah Balkan dan mendapat perlawanan sengit dari pasukan partisan Yugoslavia dibawah pimpinan Josep Broz Tito.
Pada 22 Juni 1941, Jerman memulai serangan-serangan ke arah timur, yaitu Rusia. Serangan-serangan tersebut berhasil dengan gemulang sehingga negara-negara sekutu dalam posisi bertahan. Namun pada musim dingin 1944, pasukan Rusia dapat memukul mundur pasukan Jerman dengan menerobos jauh ke arah Polandia, Rumania, Yugoslavia, Hongaria seringga dapat mengusir pasukan Jerman dari daerah Balkan.
Di Pasifik, Jepang telah memulai Perang Asia Timur Raya dengan melakukan pengeboman terhadapa pangkalan militer AS di Pearl Harbour, Hawai pada 7 Desember 1941. Keesokan harinya, AS menyatakan perang dengan Jepang dan negara Poros lainnya. Dalam waktu 100 hari, Jepang berhasil merebut koloni Inggris di Malaya dan Burma, koloni Amerika di Filipina, koloni Belanda di Indonesia, dan sejumlah pulau di Pasifik.
Untuk membalas serangan Jepang, sekutu menyusun strategi dengan melakukan taktik "Loncat Katak" (Jumping Frog). Stategi ini dipimpin oleh Jendral Douglas Mac Arthur dan Laksamana Chester Nimittz.

DAMPAK PERANG DUNIA 2
Perang Dunia 2 terjadi antara tahun 1939 sampai dengan 1945. Perang ini juga menyebabkan timbulnya suatu perubahan pada bidang ekonomi, politik, sosial hingga kerohanian di berbagai negara di dunia. Berikut ini beberapa perubahan akibat perang dunia 2 yang harus kamu ketahui.
1. AKIBAT PERANG DUNIA 2 DI BIDANG POLITIK

a.       Muncullah dua negara dengan kekuatan besar (adidaya) yaitu Amerika Serikat yang mempelopori ideologi Demokrasi Liberalnya (liberalisme), Sementara itu Uni Soviet yang bertahan dengan ideologi komunisnya.
b.      Perbutan hegemoni berlangsung di antara kedua Ideologi yang berbeda mengakibatkan munculnya sebuah perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kedua negara adikuasa ini saling berselisih untuk mencoba untuk mempengaruhi beberapa negara-negara yang sepaham guna membentuk suatu aliansi persekutuan, seperti NATO. Adapun alisansi yang dibetuk oleh Uni Soviey yakni Pakta Warasawa.
c.       Jatunya imperialis juga merupakan dari dampak berakhirnya Perang Dunia 2. Hal ini berdampak pada runtuhnya semangat nasionalisme pada wilayah Asia dan Afrika yang membawa mereka melepaskan diri dari cengkraman negara Asing. Negara- negara yang ingin agar segera merdeka pun mulai bermunculan seperti Indonesia, Filpina, Pakistan dan beberapa negara Asia Afrika lainnya.


2. AKIBAT PERANG DUNIA 2 DI BIDANG EKONOMI

Keaadaan Eropa sangat kacau dan parah setelah berakhirnya Perang Dunia 2. Tak lama berselang, Amerika Serikat muncul sebagai kreditor bagi seluruh dunia, khususnya Eropa. Amerika serikat pun menyadari jika keadaan Eropa yang sedemikian rusak justru akan memudahkan komunis untuk mencengkram wilayah tersebut, oleh karena itu mereka harus membantu. Berkaitan dengan hal diatas, berikut ini beberapa lembaga donatur yang mungkin belum kamu tahu
a.       Marshal Plan (1947), lembaga ini mempunyai kewenangan untuk memberikan bantuan ekonomi dan militer.
b.      Thruman Doctrin (1947), lembaga ini bertugas untuk membantu pertumbuhan ekonomi Yunani dan Turki.
c.       Point Four Thruman, lembaga ini berperan dalam pemberian bantuan ekonomi dan militer kepada beberapa negara yang masih terbelakang di Asia.

3. AKIBAT PERANG DUNIA 2 DI BIDANG SOSIAL.

Dalam hal ini, beberapa kerja sama antar bangsa-bangsa di dunia saling bermunculan. Salah satunya dengan mendirikan United Nation Relief Rehabilitation Administration (UNRRA) yang dibagun atas dasar latar belakang yang sama yaitu akibat Perang Dunia 2. Beberapa bentuk bantuan yang mereka bagian berupa :
a.       Memberi makanan kepada orang-orang pinggiran dan terlantar
b.      Mengurus para pengungsi serata menyatukan kembali anggota keluar yang terpisah akibat Perang Dunia 2
c.       Mendirikan balai pengobatan yaitu Rumah Sakit
d.      Memperbaiki kembali tanah-tanah yang rusak.

4. AKIBAT PERANG DUNIA 2 DI BIDANG KEROHANIAN

Tiap manusia pastinya memerlukan perdamaian. Berbagai usaha telah diupayakan agar terciptanya suatu perdamaian dengan membuat sebuah lembaga, yaitu lembaga perdamaian. Dampak buruk yang ditimbulkan akibat Perang Dunia 2 seolah menyadarkan manusia untuk menjaga perdamaian di bumi. Setelah Liga Bangsa-Bangsa dibubarkan, kemudian muncullah sebuah Perserikatan Bangsa-Bangsa yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945. Dengan adanya lembaga ini, sangat diharapkan jika seluruh negara di dunia dapat menjaga perdamaian untuk kehidupan yang lebih baik.




TRANSPORTASI
Transportasi adalah alat yang digunakan untuk mengangkut manusia, hewan dan barang ketempat tujuan. Atau definisi transportasi yang lainnya yaitu memindahkan manusia, hewan ataupun barang dari tempat asal ketempat tujuannya dengan memakai suatu alat yang dapat digerakan oleh makhluk hidup atau mesin.
Fungsi transportasi
Beberapa fungsi transportasi, yang diantaranya sebagai berikut ini:
  • Untuk memudahkan aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  • Untuk melancarkan arus barang maupun arus manusia.
  • Untuk menunjang perkembangan pembangunan pada suatu daerah.
  • Dan untuk menunjang perkembangan ekonomi dengan jasa angkutan.

Ilustrasi alat-alat transportasi atau kendaraan saat ini.

Manfaat dari transportasi
Manfaat transportasi dibagi menjadi 3 bagian, yang diantaranya sebagai berikut ini:
a.       Manfaat bagi ekonomi
Kegiatan ekonomi memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Saat ini transportasi merupakan salah satu kegiatan yang menyangkut kebtuhan manusia yaitu dengan memindahkan manusia, hewan atau barang dari tempat asal ketempat tujuan sehingga dapat terjadi transaksi (menyediakan jasa angkutan).
b.      Manfaat untuk sosial
Sedangkan manfaatnya bagi sosial, yang diantaranya sebagai berikut ini:
·         Dapat menjadi pelayanan untuk masyarakat baik itu perorangan ataupun kelompok.
·         Memendekan jarak antaran tempat atau daerah.
·         Menyediakan jasa bagi perjalanan.
·         Pertukaran informasi, dan lain-lain.
c.       Manfaat untuk kewilayahan
Dapat memudahkan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan bagi daerah-daerah khususnya daerah yang sedang mengalami pembangunan.
d.      Manfaat untuk politis
Manfaat untuk politis, yang diantaranya sebagai berikut ini:
·         Dapat menciptakan persatuan.
·         Dapat Meninkatkan keamanan negara.
·         Pelayanan untuk masyarakat dapat diperluas.
·         Mempermudahdalam mengatasi permasalahan misalnya seperti menuju lokasi bencana.
Ruang lingkup transportasi dan Contohnya
Alat ransportasi dibagi kedalam tiga bagian, yang diantaranya sebagai berikut ini:
a. Transportasi darat
1. Transportasi jalan raya
Merupakan jenis kendaraan yang beroperasi memakai jalan, yang diantaranya seperti:
  • Sepeda motor merupakan alat transportasi yang memiliki roda dua dan digerakan oleh motor. Saat ini sepeda motor adalah jenis kendaraan paling banyak digunakan masyarakat RI.
  • Sepeda merupakan alat transportasi roda dua yang digerakan oleh manusia yaitu dengan cara mengayuh pedal.
  • Mobil penumpang merupakan alat transportas yang digerakan oleh motor dan biasanya dilengkapi dengan delapan tempat duduk (maksimal) tidak termasuk tempat duduk sopir.
  • Mobil angkutan barang merupakan alat transportasi bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang.
  • Bus merupakan kendaraan yang sama seperti mobil penumpang akan tetapi muatan penumpang atau tempat duduknya lebih banyak.
Dan masih banyak lagi alat transportasi darat yang digunakan di jalan raya, misalnya seperti: becak, bemo, delman dll.
2. Kereta api
Kereta api merupakan alat transportasi yang bergerak di rel, kereta api dapat berjalan sendiri ataupun dirangaikan dengan kendaraan lain. Kereta api merupakan alat transportasi yang sedang populer saat ini karena alat transportasi ini bebas dari macet dan dapat mengangkut penumpang maupun barang dalam jumlah banyak. Kereta api umumnya terdiri dari lokomotif dan rangkain gerbong.

b. Transportasi laut
Alat transportasi laut merupakan kendaraan yang dapat beroperasi di laut atau air, yang diantaranya seperti:
  • Sampan merupakan alat transportasi yang berukuran 3-5 meter, umumnya digunakan di sungai maupun di danau sebagai alat transportasi dan untuk menangkap ikan.
  • Kapal merupakan alat transportasi pengangkut manusia, hewan dan barang di laut atau air perahu yang kecil.
  • Feri merupakan alat transportasi laut jarak dekat. Feri memiliki peranan yang sangat penting dalam pengangkutan bagi banyak kota di pesisir pantai. Feri dapat membuat transit langsung antara dua tujuan dengan biaya yang relatif murah atau lebih kecil.
c. Transportasi udara
Alat transportasi udara merupakan kendaraan yang beroperasi di udara seperti pesawat terbang. Pesawat terbang mampu terbang di udara atau di atmosfir dan umumnya digunakan untuk mengangkut manusia maupun barang.
Prasarana transportasi
a.       Prasarana transportasi di darat
Prasarana transportasi darat diantaranya seperti jalan raya, jembatan termasuk bagian perlengkapannya misalnya seperti halte bus. Khusus untuk kereta api munggunakan jalur khusus yang disebut dengan Rel. Rel akan mengarahkan kereta api ketempat atau statsiun tujuan.
b.      Prasarana transportasi di laut
Prasarana untuk transportasi laut yaitu pelabuhan. Pelabuhan merupakan suatu fasilitas yang berada di ujung sungai, danau ataupun samudra yang berguna untuk tempat singgah kapal laut, mengangkut barang, memindahkan barang maupun mengangkut  dan menurunkan penumpang.
c.       Prasarana transportasi di udara
Prasarana untuk transportasi udara yaitu bandar udara atau lebih sering disebut dengan bandara. Bandara merupakan suatu fasilitas untuk pesawat terbang lepas landas maupun untuk mendarat. Bandara juga dilengkapi dengan operator layanan penerbangan dan lain-lain.



BENDA YANG DIPERANGKAN

1.      v3 Cannon, senjata terpanjang di dunia


V3 cannon bisa dibilang senjata terpanjang yang pernah dibuat Nazi Jerman, pertama kali di ujia coba pada bulan mei 1944, senjata ini mampu mengkover area musuh sejauh 88 Km, setara Jakarta Bandung.

2.      Gustav, tank terbesar sejagat!

Gustav adalah senjata paling besar yang pernah dibuat manusia, dengan ukuran peluru 31.5 inci, dengan berat lebih dari 4 ton, merangkai Gustav memerlukan 4000 prajurit! Gustav mampu melakukan 42 kali serangan sejauh 145 Km, tak heran senjata raksasa ini disebut sebagai karya terbaik umat manusia!

3.      Tikus Bom, senjata rahasia dari Inggris

Mungkin senjata inilah yang menginpirasi para teroris jaman sekarang untuk menjadi martir atau pelaku bom, tikus bom adalah buah pemikiran dari Winston Churchill, sebagai senjata rahasia dari Inggris.

4 Yokosuka MXY-7, pesawat pengebom dari Jepang

Berbicara soal Kamikaze, pasti dipikiran kita tercetus kata"Jepang", yap benar sekali, Kamikaze attack adalah sebuah senjata dari Jepang yang di gunakan pada bulan september 1944, senjata berbentuk pesawat berpilot ini membawa kurang lebih 200 kilo bahan peledak yang katanya dibuat oleh Mitsubishi G4M.

5 Anjing pengebom

Sepintas serupa dengan tikus bom, Anjing pengebom ini pertama kali digunakan oleh Uni Soviet kala itu, untuk menahan serangan dari tank pihak Nazi Jerman, senjata ini menggunakan anjing yang membawa bahan sebanyak 30 kg.
Dilansir dari io9.com, Uni Soviet kala itu menggunakan 4000 anjing selama perang, dan tank yang dikabarkan berhasil dihancurkan sebanyak 300 buah.

6 Hobart’s Funnies, tank pencangkul

Hobart’s Funnies adalah tank buatan pihak Axis yang sampai sekarang nggak tau kegunaannya, mau dibuat bertani atau perang... atau kedua-duanya.. hehehe
7 Bom Ruhustahl SD 1400 “Fritz X”, rudal yang bisa dikendalikan pertama kali di dunia

Inovasi Jerman memang tidak ada habisnya, meski kalah dalam perang dunia ke 2, tapi inovasi Jerman yang menarik adalah Fritz-X satu ini, Fritz-X adalah semacam rudal jarak jauh yang bisa dikendalikan untuk mencapai target dengan sempurna. Selama perang dunia ke 2, sebanyak 2000 rudal telah dibuat namun hanya 200 yang digunakan.
8 Henschel HS 293, penerus "Fritz-X"

Kegagalan Fritz-X tak membuat Nazi Jerman berhenti berinovasi, hal ini dibuktikan dengan senjata lain yang dikenal paling efektif menghancurkan kapal sekutu, Henschel HS 293, adalah rudal terbaru karya Nazi yang digunakan pada tahun 1943, rudal mampu membuat kapal sekutu kocar-kacir selama pertempuran kala itu, dan canggihnya rudal ini menggunakan teknologi frekuensi radio.

9 X-Class, kapal selam mobile pertama

Kapal selam ini aslinya karya para ilmuwan Itali, tapi akhirnya di curi oleh Inggris, dan menjadi senjata andalan pihak sekutu dalam menumpas pihak Axis, kapal selam imut ini mampu mengangkut 4 orang tentara, dan mampu menyelam sedalam 300 meter.

10 Goliath, robot tank pertama yang dikendalikan dari jarak jauh!

Lagi-lagi Jerman, memang inovasi negeri satu ini nggak ada habis-habisnya, salah satunya robot tank ini, robot tank penghancur ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1942, tujuannya untuk menghancurkan para musuh dari jarak jauh.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.keepo.me/berita-nyeleneh-channel/10-senjata-perang-dunia-2-ini-dianggap-terlalu-canggih-di-jamannya


Post a Comment for "Perang Dunia I dan II"