Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat manggis untuk kesehatan tubuh


Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh
Mungkin tak asing lagi di telinga kita nama buah yang satu ini, buah ini juga mudah untuk ditemukan. Dan perlu diketahui buah ini juga diberikan julukan sebagai “Ratu Buah”. Julukan tersebut diberikan karena buah ini memiliki zat antioksidan (Xanthone) yang sangat kuat dengan kandungan hampir 10 kali lipat dari kandungan antioksidan yang berasal dari buah-buahan lainnya. Karena mengandung zat antioksidan yang sangat banyak, buah ini merupakan satu-satunya buah yang tidak pernah membusuk walaupun berada di atas tanah selama apapun. Malahan buah tersebut akan mengering dan menjadi kayu.

Buah yang kita bahas adalah buah manggis. Buah manggis memiliki warna ungu di bagian kulitnya dan berwarna putih bersih di bagian isinya (dalamnya). Selain mengandung zat antioksidan yang sangat banyak, buah manggis juga mengandung vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium. Buah manggis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini akan dipaparkan manfaat buah manggis.
1. Mencegah Penyakit Jantung
  • Penyakit jantung dan arteriosclerosis terjadi karena adanya pembuluh darah disekitar jantung yang kehilangan elastisitasnya, buah manggis dapat memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah melalui antimikorbial dan antioksidan yang dimiliki buah manggis, maka dari itu risiko terhadap serangan penyakit jantung berkurang dan dapat dicegah bagi anda yang belum mengalami hal ini.
2. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
  • Penyakit ini sering disebut dengan Hipertensi, penyakit ini terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah, sehingga akan mengakibatkan atau meningkatan resiko terhadap penyakit jantung dan stroke, buah manggis diyakini dapat menurunkan darah tinggi dan mencegah timbulnya penyakit ini.

3. Menyembuhkan Asma
  • Buah manggis menjadi obat alternatif yang digunakan untuk menyembuhkannya, hal ini dikarena buah manggis memiliki kemampuan melawan infeksi dan buah ini juga mengandung zat-zat yang mengurangi alergis.
4. Menurunkan Kolestrol
  • Kolesterol “jahat” atau LDL (low density lippoprotein) yang berlebihan akan menempel didinding dan menyempitkan pembuluh darah, dan kondisi ini bisa dikurangi dengan zat xanthones yang terdapat pada buah manggis.
5. Mencegah Gangguan Penglihatan
  • Gangguan penglihatan ini bisa diatasi dengan menghindari sinar matahari langsung (menggunakan kaca mata) dan mengkonsumsi manggis yang mengandung antioksidan.
6. Mengurangi Berat Badan
  • Membran sel dalam tubuh kita mudah membesar dan mengeras, dan ini bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat dalam buah manggis, Zat tersebut melunakkan kembali sel-sel, dan dengan cepat mengubah zat makanan menjadi energi
7. Mengatasi Batu Ginjal
  • Untuk mencegah penyakit batu ginjal disarankan mengkonsumsi 3 ons atau lebih buah manggis setaip hari. Mengkonsumsi manggis akan membuat kita lebih sering kencing sehingga dapat mencegah munculnya batu ginjal.
8. Meningkatkan Energi
  • Buah manggis berkhasiat memulihkan stamina, beberapa orang yang memakan buah manggis secara teratur mengaku mendapatkan energi tambahan saat melakukan kerja keras.
9. Menyembuhkan dan Mencegah Kanker
  • Ekstrak yang terdapat pada buah manggis dapat mencegah tumbuhnya sel-sel pada penderita leukimia, menahan laju perkembangan sel pada kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker usus.
10. Melawan Radikal Bebas
  • Buah manggis mengandung catechins yang terbukti lebih efektif dan lebih berdaya guna dibandingkan vitamin C atau vitamin E dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Mengkonsumsi buah manggis setiap hari sebagai makanan suplemen, akan mendapatkan zat antioksidan lebih banyak dibandingkan suplemen manapun yang ditawarkan dalam obat-obatan.
11. Memelihara Pencernaan
  • Gejala-gejala penyakit pencernaan bisa diatasi oleh zat xanthones yang terdapat pada buah manggis. Xanthones berkhasiat mengatasi kelebihan bakteri, dan menyeimbangkan kembali kerja perut.
12. Menjaga Saluran Kencing
  • Secara alamiah sesuai dengan bertambahnya usia, kemampuan otot-otot pinggul pada wanita akan menurun, dan kondisi ini berpengaruh pada saluran kencing, demikian juga dengan pria yang akan mengalami pembesaran prostat sesuai dengan bertambahanya usia. Hal ini sering menimbulkan infeksi karena bakteri-bakteri yang tidak berguna tidak bisa dikeluarkan secara menyeluruh melalui saluran kencing. Zat xanthones yang ada pada buah manggis termasuk zat yang mengaktifkan antibakteri.
13. Mengobati dan Mencegah Diabetes
  • Untuk membantu proses penyembuhan disarankan mengkonsumsi buah manggis yang mengandung zat-zat yang menormalkan tekanan darah, memulihkan energi, dan zat yang mengurangi kelebihan gula dalam darah.
14. Menghilangkan Rasa Sakit
  • Mengkomsumsi buah manggis secara rutin juga berkhasiat mengurangi atau menghilangkan rasa sakit.
15. Memelihara Kemampuan Mental
  • Untuk mencegah gangguan dan kerusakan otak, disarankan mengkonsumsi buah manggis yang banyak mengandung zat antioksidan. Zat ini juga mencegah mental degeneration (penurunan kemampuan mental).
16. Mengatasi Gangguan Pernapasan
  • Zat pembunuh bakteri xanthones yang terdapat pada buah manggis dapat mengatasi gangguan pernapasan.
Zat antioksidan pada buah manggis ternyata banyak terdapat di bagian kulitnya. Adapun cara memanfaatkan kulit manggis untuk pengobatan, yaitu :
  1. Siapkan kulit buah manggis. 
  2. Jemur kulit buah, manggis jangan sampai telalu kering. 
  3. Potong kecil-kecil. 
  4. Campurkan pada air yang mendidih. 
  5. Setelah semuanya tercampur tambah sedikit garam. 
  6. Tunggu hingga air berubah warna agak ke hitam-hitaman. 
  7. Saring air rebusan kulit manggis tadi. 
  8. Minum selagi hangat 3 sampai 4 kali sehari.


Post a Comment for "Manfaat manggis untuk kesehatan tubuh"