Markeeting Plan
MARKETING PLAN
McDonald (1993)
memberikan definisi atau pengertian perencanaan marketing (Marketing Planning)
dengan mengatakan sebagai berikut : “Marketing planning is a logical sequence
and a series of activities leading to the setting of marketing objectives and
the formulation of plans for achieving them”. Atau dalam terjemahan bahasa
Indonesia dikatakan bahwa perencanaan pemasaran adalah suatu urutan logis dan
suatu rangkaian aktivitas yang mengarah pada penyusunan tujuan-tujuan pemasaran
dan bentuk-bentuk perencanaan untuk mencapai tujuan tersebut).
Dari
definisi-definisi di atas, seorang marketer (pemasar) perlu melakukan sejumlah
aktivitas untuk mencapai sasaran perusahaan. Aktivitas-aktivitas tersebut
berupa analisa-analisa pasar. Langkah pertama dalam mengembangkan suatu
marketing strategy adalah analisa segmen-segmen pasar. Kemudian, sebelum proses
penyusunan strategi analisa segmen-segmen pasar adalah langkah pertama dalam
mengembangkan suatu marketing strategy yang merupakan bagian dari segmentasi
pasar. Langkah kedua dalam proses penyusunan strategi adalah pemilihan
marketing strategy, target pasar, “marketing mix elements”, dan “positioning
approach”. Kedua langkah di atas merupakan unsur terpenting dalam marketing
control karena proses tersebut merupakan acuan bagi marketer untuk menyusun
marketing strategy . Dalam landasan teori ini, marketing strategy tidak
diuraikan secara terperinci.
Apa saja yang termasuk dalam
rencana pemasaran?
1. Executive
summary/ringkasan pelaksanaan. Bagian ini menekankan tujuan-tujuan utama dan
rekomendasi-rekomendasi rencana pemasaran. Lalu, rencana ini juga harus
menjelaskan tentang dana yang diperlukan dan bagaimana kesuksesan bisnis akan
diukur.
2. Analisa
tentang keadaan terkini. Bagian ini mengandung kekuatan, kelemahan, kesempatan,
dan persaingan bisnis.
3. Penaksiran
terfokus pada kesempatan bisnis. Yang termasuk di dalamnya adalah macam-macam
golongan bisnis. Di sini, harus dicantumkan juga, apa yang dibutuhkan oleh
pelanggan dan tantangan-tantangan bisnis yang perlu dihadapi.
4. Tujuan
keuangan dan pemasaran. Yang tercantum di bagian tujuan keuangan adalah
pengharapan kenaikan keuntungan anda. Juga, cantumkan pengharapan laba pada
akhir masa perencanaan. Yang termasuk di dalam tujuan pemasaran adalah jumlah
unit penjualan atau saham pasar yang akan anda dapatkan.
5. Ringkasan
strategi pemasaran. Bagian ini mengandung target pasar anda. Jelaskan bagaimana
produk anda akan diposisikan, didistribusikan, dan diberi harga. Juga jelaskan
bagaimana anda bisa mencapai tujuan marketing anda. Misalnya, dengan
mengorganisasi bagian penjualan, menggunakan potongan harga, mengadakan iklan
kampanye nasional, dan sebagainya.
6. Anggaran
pemasaran bulanan. Yang termasuk di sini, bagaimana anda membiayai rencana
pemasaran anda tiap bulan. Beraga harga pemasaran? Berapa pemasukan yang
dihasilkan dari rencana pemasaran? Atau berapa banyak barang yang bisa anda
jual?
Post a Comment for "Markeeting Plan"