Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP ( Bangun Ruang Sisi Lengkung )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                   :  SMP
Mata Pelajaran         :  Matematika-Wajib
Kelas/Semester        :  IX/2
Materi Pokok           :  Bangun Ruang Sisi Lengkung
Waktu                      :  10 × 40 menit

A.      Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.     Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
2.1    Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2    Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
7.1  Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
 7.2  Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya

C.   Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :   
1.       Menyebutkan unsur – unsur jari – jari, diameter, tinggi, sisi dan alas dari tabung dan kerucut
2.       Melukis jaring – jaring tabung dan jaring – jaring kerucut
3.       Menghitung luas permukaan tabung, kerucut dan bola
4.       Menghitung volume tabung, kerucut dan bola
5.       Menghitung unsur – unsur bangun ruang sisi lenkung jika volumenya diketahui
6.       Menghitung perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang
7.       Menggunakan penerapan bangun ruang sisi lengkung

D.     Materi  Pembelajaran :

1.                   Unsur – unsur pada tabung dam kerucut
2.                   Jaring – jaring tabung dan jaring – jaring kerucut
3.                   Luas permukaan tabung, kerucut dan bola
4.                   Volume tabung, kerucut dan bola
5.                   Perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang
6.                   Penerapan bangun ruang sisi lengkung

E.  Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran                                : Scientific
Metode Pembelajaran                        : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan


F.          Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1.          Buku Matematika SMP/MTS Jilid 3B, karangan M. Cholik Adinawan & Sugijono
2.          Buku-buku penunjang dari perpustakaan

G.          Kegiatan Pembelajaran
    
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pertemuan Pertama

Pendahuluan
·         Guru memberikan gambaran tentang pentingnya mengenal dan memahami bangun ruang sisi lengkung.
·         Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·         Guru menyampaikan kegunaan memahami bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
·         Guru membagi kelompok heterogen, serta meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.

15 menit
Inti
Mengamati
·         Mencermati dan mengamati gambar, foto secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung.
·         Mencermati dan mengamati unsur – unsur serta jaring – jaring pada tabung dan kerucut
Menanya
·         Menanya tentang berbagai bentuk bangun ruang sisi lengkung dari masalah sehari-hari. Misal: benda apa saja yang ada dalam lingkungan sekitar yang termasuk bangun ruang sisi lengkung?
·         Menanya unsur – unsur  serta bentuk jaring – jaring tabung dan kerucut.
Mengekplorasi
·         Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal, gambar dan selanjutnya dalam bentuk bangun ruang sisi lengkung.
·         Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan unsur – unsur serta jaring – jaring  pada tabung dan kerucut.
Mengasosiasi
·         Menganalisis berbagai bangun ruang sisi lengkung  dan unsur – unsur pada tabung dan kerucut dari masalah sehari-hari.
·         Menganalisis berbagai unsur – unsur serta bentuk  jaring – jaring  pada tabung dan kerucut.
Mengomunikasikan
·         Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai bangun ruang sisi lengkung.
·         Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
·         Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
65 menit








Penutup
·         Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
·         Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·         Guru memberikan tugas beberapa soal mengenai bangun ruang sisi lengkung (Latihan 1 halaman 64).
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
10 menit
Pertemuan Kedua

Pendahuluan
·         Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah dalam menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·         Guru menyampaikan kegunaan dalam menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
·         Guru membagi kelompok heterogen serta meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.

15 menit
Inti
Mengamati
·         Mengamati gambar secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola.  
Menanya
·         Menanya tentang proses dalam menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
Mengekplorasi
·         Menggali informasi tentang menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
Mengasosiasi
·         Menyelidiki, menganalisis dan membedakan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan dalam menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
Mengomunikasikan
·         Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
·         Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
·         Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
65 menit








Penutup
·         Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
·         Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·         Guru memberikan tugas beberapa soal tentang menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola. (Latihan 2, 3, 4 halaman 67 – 68, 72 – 73 , dan 75).
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
10 menit
Pertemuan Ketiga

Pendahuluan
·         Guru memberikan gambaran tentang volume pada tabung, kerucut dan bola.
·         Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·         Guru menyampaikan kegunaan memahami dalam menentukan volume pada tabung, kerucut dan bola.
·         Guru membagi kelompok heterogen serta meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.

15 menit
Inti
Mengamati
·         Mengamati gambar, foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan volume pada tabung, kerucut dan bola.
·         Mencermati cara menentukan volume pada tabung, kerucut dan bola
Menanya
·         Menanya tentang menentukan volume pada tabung, kerucut dan bola. Misal: apa rumus untuk menentukan volume sebuah drum yang berbentuk tabung?
Mengekplorasi
·         Menggali informasi tentang cara menentukan volume pada tabung, kerucut dan bola
Mengasosiasi
·         Menganalisis cara menentukan volume pada tabung, kerucut dan bola.
Mengomunikasikan
·         Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai cara menentukan volume pada tabung, kerucut dan bola.
·         Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
·         Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
105 menit








Penutup
·         Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
·         Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·         Guru memberikan tugas beberapa soal mengenai volume pada tabung, kerucut dan bola (Latihan 5,  6, 7 halaman 78 – 79, 81 – 82, 84 – 85).
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
10 menit
Pertemuan Keempat

Pendahuluan
·         Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah menentukan perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·         Guru menyampaikan kegunaan memahami materi menentukan perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang
·         Guru membagi kelompok heterogen serta meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.

15 menit
Inti
Mengamati
·         Mencermati cara menentukan perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang
Menanya
·         Menanya tentang cara menentukan perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang
Mengekplorasi
·         Menggali informasi tentang cara menentukan perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang
Mengasosiasi
·         Menganalisis cara menentukan perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang.
Mengomunikasikan
·         Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari tentang menentukan perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang
·         Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
·         Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
65 menit








Penutup
·         Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
·         Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·         Guru memberikan tugas beberapa soal tentang menentukan perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang (Latihan 8 halaman 89).
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
10 menit
Penutup
·         Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
·         Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·         Guru memberikan tugas beberapa soal dari latihan yang tidak terselesaikan di kelas.
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
10 menit


Pertemuan Kelima

Pendahuluan
·         Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah penerapan bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·         Guru menyampaikan kegunaan memahami materi penerapan bangun ruang sisi lengkung
·         Guru membagi kelompok heterogen serta meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.

15 menit
Inti
Mengamati
·         Mencermati penerapan bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Menanya
·         Menanya tentang penerapan bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Mengekplorasi
·         Menggali informasi tentang penerapan bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Mengasosiasi
·         Menganalisis penerapan bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Mengomunikasikan
·         Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari tentang penerapan bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
·         Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
·         Melakukan resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
65 menit








Penutup
·         Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
·         Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·         Guru memberikan tugas beberapa soal tentang penerapan bangun ruang sisi lengkung (Latihan 9 halaman 91 – 92).
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
10 menit
Penutup
·         Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar hari ini
·         Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·         Guru memberikan tugas beberapa soal dari latihan yang tidak terselesaikan di kelas.
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
10 menit

H.      Penilaian
·       Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
·       Instrumen penilaian Sikap, pengetahuan, dan keterampilan terlampir.

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan .
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
d.      Peduli dalam kegiatan pembelajaran
e.       Disiplin selama proses pembelajaran
f.       Jujur dalam menjawab permasalahan yang diberikan
g.       Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas


Observasi

Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
Menyelesaikan soal yang relevan


Penugasan

Penyelesaian kelompok
3.

Keterampilan
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan bilangan bulat

Portofolio

Penyelesaian kelompok

I.           Instrumen Penilaian hasil Belajar
1.         Penilaian Sikap                              : Observasi
2.         Penilaian Pengetahuan                : Penugasan
3.         Penilaian Ketrampilan                : Portofolio





1. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian  Observasi

Satuan Pendidikan       : SMP
Mata Pelajaran                         : Matematika
Kelas/ Semester           : IX / 2
Tahun Pelajaran                       : 2014/2015
Waktu Pengamatan      : Pada saat Pelaksanaan pembelajaran.
Kompetensi dasar        :2.1.     Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten,
                                                Sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam
Perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
Strategi menyelesaikan masalah.
Indikator                      : 1. Aktif
                                      2. Kerjasama
                                      3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.       Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.       Cukup  jika menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3.       Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.       Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
no
Nama siswa
Sikap
Tanggung Jawab
Jujur
Peduli
Kerja sama
santun
Percaya diri
disiplin
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




























































  K       : Kurang
C       : Cukup
B       : Baik
SB     : Baik Sekali










































2. LEMBAR PENGAMATAN PENGETAHUAN
Penugasan

Satuan Pendidikan       :      SMP
Mata Pelajaran             :      Matematika
Kelas                           :      IX
Kompetensi dasar               :        7.1 Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola.
                                           7.2  Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya

·       Selesaikan soal-soal Uji Kompetensi Bab 7 Bangun Ruang Sisi Lengkung halaman 94 – 96.

Rubrik Penilaian
No.
Kriteria
Kelompok
4
3
2
1
1
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip matematika




2
Ketepatan memilih bahan




3
Kreativitas




4
Ketepatan waktu pengumpulan tugas




5
Kerapihan hasil




Jumlah skor

           
Keterangan:4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik          
Nilai Perolehan =






Post a Comment for "RPP ( Bangun Ruang Sisi Lengkung )"