RPP ( Bangun Ruang Sisi Lengkung )
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/Semester :
IX/2
Materi
Pokok : Bangun Ruang Sisi Lengkung
Waktu : 10 × 40 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator
2.1
Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2
Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap
terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari
7.1 Menentukan luas selimut dan volume tabung,
kerucut dan bola
7.2 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun
datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi
geometri dasarnya
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Menyebutkan
unsur – unsur jari – jari, diameter, tinggi, sisi dan alas dari tabung dan
kerucut
2. Melukis
jaring – jaring tabung dan jaring – jaring kerucut
3. Menghitung
luas permukaan tabung, kerucut dan bola
4. Menghitung
volume tabung, kerucut dan bola
5. Menghitung
unsur – unsur bangun ruang sisi lenkung jika volumenya diketahui
6. Menghitung perubahan
volume dan kesebangunan bangun ruang
7. Menggunakan
penerapan bangun ruang sisi lengkung
D. Materi
Pembelajaran :
1.
Unsur – unsur pada tabung dam kerucut
2.
Jaring – jaring tabung dan jaring – jaring kerucut
3.
Luas permukaan tabung, kerucut dan bola
4.
Volume tabung, kerucut dan bola
5.
Perubahan volume dan kesebangunan bangun ruang
6.
Penerapan bangun ruang sisi lengkung
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran : Scientific
Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
F.
Media, Alat,
Sumber Pembelajaran
1.
Buku
Matematika
SMP/MTS Jilid 3B, karangan M. Cholik Adinawan & Sugijono
2.
Buku-buku
penunjang dari perpustakaan
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pertemuan
Pertama
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang pentingnya mengenal dan memahami bangun
ruang sisi lengkung.
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami bangun
ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
·
Guru membagi kelompok heterogen, serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati dan
mengamati gambar, foto
secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi yang
berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung.
·
Mencermati dan
mengamati unsur – unsur serta jaring – jaring pada tabung
dan kerucut
Menanya
·
Menanya tentang berbagai bentuk
bangun ruang sisi lengkung dari
masalah sehari-hari. Misal: benda apa saja yang ada
dalam lingkungan sekitar yang termasuk bangun ruang sisi lengkung?
·
Menanya unsur – unsur
serta bentuk jaring – jaring tabung dan kerucut.
Mengekplorasi
·
Menggali informasi
tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat verbal,
gambar dan selanjutnya dalam bentuk bangun ruang sisi lengkung.
·
Menggali informasi
tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan unsur –
unsur serta jaring – jaring pada
tabung dan kerucut.
Mengasosiasi
·
Menganalisis berbagai bangun
ruang sisi lengkung dan unsur – unsur pada tabung dan kerucut dari masalah sehari-hari.
·
Menganalisis berbagai unsur – unsur serta bentuk jaring
– jaring pada tabung dan kerucut.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai bangun
ruang sisi lengkung.
·
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
·
Melakukan resume secara
lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65 menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal
mengenai bangun ruang sisi lengkung (Latihan 1 halaman 64).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Kedua
|
||
Pendahuluan
|
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah dalam menentukan luas
permukaan tabung, kerucut dan bola.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan dalam menentukan luas
permukaan tabung, kerucut dan bola.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mengamati
gambar secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau situasi
yang berkaitan dengan menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
Menanya
·
Menanya tentang proses dalam
menentukan luas permukaan
tabung, kerucut dan bola.
Mengekplorasi
·
Menggali informasi
tentang menentukan
luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
Mengasosiasi
·
Menyelidiki,
menganalisis dan membedakan melalui contoh kejadian, peristiwa,
situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan
penerapan dalam menentukan luas permukaan tabung, kerucut dan bola.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai menentukan luas permukaan
tabung, kerucut dan bola.
·
Memberikan tanggapan hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya
·
Melakukan resume secara
lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami, keterampilan
yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal tentang menentukan luas permukaan
tabung, kerucut dan bola. (Latihan 2, 3, 4 halaman 67 – 68, 72 – 73 , dan 75).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Ketiga
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang volume pada tabung, kerucut
dan bola.
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami dalam menentukan volume
pada tabung, kerucut dan bola.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mengamati gambar,
foto, video atau secara langsung peristiwa, kejadian, fenomena, konteks atau
situasi yang berkaitan dengan volume pada tabung, kerucut dan bola.
·
Mencermati cara menentukan volume pada
tabung, kerucut dan bola
Menanya
·
Menanya tentang
menentukan volume
pada tabung, kerucut dan bola. Misal: apa
rumus untuk menentukan volume sebuah drum yang berbentuk
tabung?
Mengekplorasi
·
Menggali informasi
tentang cara menentukan volume pada tabung, kerucut
dan bola
Mengasosiasi
·
Menganalisis cara menentukan
volume pada tabung, kerucut dan bola.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai cara menentukan
volume pada tabung, kerucut dan bola.
·
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
·
Melakukan resume secara
lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
105
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal
mengenai volume
pada tabung, kerucut dan bola (Latihan 5, 6,
7 halaman 78 – 79, 81 – 82, 84 – 85).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Keempat
|
||
Pendahuluan
|
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah menentukan perubahan volume
dan kesebangunan bangun ruang.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami materi menentukan perubahan volume
dan kesebangunan bangun ruang
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati cara
menentukan perubahan volume
dan kesebangunan bangun ruang
Menanya
·
Menanya tentang cara
menentukan perubahan volume
dan kesebangunan bangun ruang
Mengekplorasi
·
Menggali informasi
tentang cara menentukan perubahan volume dan kesebangunan
bangun ruang
Mengasosiasi
·
Menganalisis cara
menentukan perubahan volume
dan kesebangunan bangun ruang.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari tentang
menentukan perubahan volume
dan kesebangunan bangun ruang
·
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
·
Melakukan resume secara
lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal tentang menentukan perubahan
volume dan kesebangunan bangun ruang (Latihan 8 halaman 89).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal dari latihan yang tidak
terselesaikan di kelas.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
|
Pertemuan
Kelima
|
|
Pendahuluan
|
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah penerapan bangun ruang sisi
lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami materi penerapan bangun ruang sisi
lengkung
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati penerapan bangun ruang sisi
lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Menanya
·
Menanya tentang penerapan bangun ruang sisi
lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Mengekplorasi
·
Menggali informasi
tentang penerapan
bangun ruang sisi lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Mengasosiasi
·
Menganalisis penerapan bangun ruang sisi
lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan
atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru
yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari tentang penerapan bangun ruang sisi
lengkung dalam kehidupan sehari – hari.
·
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
·
Melakukan resume secara
lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal tentang penerapan bangun
ruang sisi lengkung (Latihan 9 halaman 91 – 92).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal dari latihan yang tidak
terselesaikan di kelas.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
H.
Penilaian
· Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu
Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
· Instrumen penilaian Sikap, pengetahuan, dan keterampilan
terlampir.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran yang dilakukan .
b. Bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
c. Toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
d. Peduli dalam kegiatan
pembelajaran
e. Disiplin selama proses
pembelajaran
f. Jujur dalam menjawab
permasalahan yang diberikan
g. Tanggung jawab dalam
menyelesaikan tugas
|
Observasi
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan
soal yang relevan
|
Penugasan
|
Penyelesaian
kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan bilangan bulat
|
Portofolio
|
Penyelesaian
kelompok
|
I.
Instrumen Penilaian
hasil Belajar
1.
Penilaian Sikap : Observasi
2.
Penilaian Pengetahuan :
Penugasan
3.
Penilaian Ketrampilan :
Portofolio
1. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian Observasi
Satuan Pendidikan :
SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX / 2
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan : Pada saat Pelaksanaan
pembelajaran.
Kompetensi dasar :2.1. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten,
Sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam
Perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
Strategi menyelesaikan
masalah.
Indikator :
1. Aktif
2. Kerjasama
3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.
Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha
ambil bagian dalam pembelajaran tetapi
belum ajeg/konsisten
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4.
Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok
tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Cukup jika
menunjukkan ada sedikit usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha
untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan
tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
no
|
Nama siswa
|
Sikap
|
|||||||||||||||||||||||||||
Tanggung
Jawab
|
Jujur
|
Peduli
|
Kerja sama
|
santun
|
Percaya
diri
|
disiplin
|
|||||||||||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K :
Kurang
C : Cukup
B : Baik
SB : Baik Sekali
2.
LEMBAR PENGAMATAN PENGETAHUAN
Penugasan
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : IX
Kompetensi dasar : 7.1 Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut
dan bola.
7.2 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun
datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi
geometri dasarnya
· Selesaikan soal-soal Uji
Kompetensi Bab 7 Bangun Ruang Sisi Lengkung halaman 94 – 96.
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip matematika
|
|
|
|
|
2
|
Ketepatan memilih bahan
|
|
|
|
|
3
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan
waktu pengumpulan tugas
|
|
|
|
|
5
|
Kerapihan hasil
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
Keterangan:4
= sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
Nilai Perolehan =
Post a Comment for "RPP ( Bangun Ruang Sisi Lengkung )"