RPP ( Statistika )
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/Semester :
IX/2
Materi
Pokok : Statistika
Waktu : 8
× 40 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator
2.1
Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2
Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki
rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
8. 1 Menentukan nilai rata – rata, median, dan modus dari
berbagai jenis data.
8.2 Memilih teknik penyajian data dari dua variabel dan
mengevaluasi keefektifannya, serta menentukan hubungan antar variabel berdasarkan
data untuk mengambil keputusan.
8.3
Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil
pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai garfik serta mengidentifikasi
hubungan antar variabel serta mengambil kesimpulan.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.
Menyajikan data satatistika dalam bentuk diagram yang
meliputi diagram batang, garis dan lingkaran.
2.
Menggunakan komputer untuk diagram statistik
3.
Menentukan ukuran pemusatan data statistika meliputi,
rata – rata hitung (mean), modus dan median.
D. Materi
Pembelajaran :
1.
Penyajian data satatistika dalam bentuk diagram yang
meliputi diagram batang, garis dan lingkaran.
2.
Penggunaan komputer untuk diagram statistik
3.
Ukuran pemusatan data statistika meliputi, rata – rata
hitung (mean), modus dan median.
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran : Scientific
Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan
F.
Media, Alat,
Sumber Pembelajaran
1.
Buku
Matematika
SMP/MTS Jilid 3B, karangan M. Cholik Adinawan & Sugijono
2.
Buku-buku
penunjang dari perpustakaan
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pertemuan
Pertama
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang pentingnya Satistika
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah tentang statistika di kehidupan sehari-hari.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami statistika.
·
Guru membagi kelompok heterogen, serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan statistika
·
Mencermati beberapa
permasalahan dalam menyajikan data statistika dalam bentuk digram yang meliputi
diagram batang, garis dan lingkaran.
Menanya
·
Menanya tentang manfaat statistika dalam kehidupan sehari-hari. Misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke
dalam bentuk statistika?
·
Menanya tentang cara
menyajikan data statistika dalam bentuk digram yang meliputi diagram
batang, garis dan lingkaran.
Mengekplorasi
·
Menggali informasi tentang
masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui statistika.
·
Menggali informasi
tentang cara menyajikan data statistika dalam bentuk
digram yang meliputi diagram batang, garis dan lingkaran.
Mengasosiasi
·
Menganalisis penerapan
matematika yang berkaitan dengan statistika.
·
Menganalisis cara
menyajikan data statistika dalam bentuk digram yang meliputi diagram
batang, garis dan lingkaran.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai statistika.
·
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
·
Melakukan resume secara
lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65 menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal menyajikan
data statistika dalam bentuk digram yang meliputi diagram
batang, garis dan lingkaran. (Latihan 1 halaman 107 – 108).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Kedua
|
||
Pendahuluan
|
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai penggunaan komputer untuk
digram statistika yang meliputi diagram
batang, garis dan lingkaran.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami penggunaan komputer untuk
digram statistika yang meliputi diagram
batang, garis dan lingkaran.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan komputer untuk digram statistika
yang meliputi diagram batang, garis dan lingkaran.
Menanya
·
Menanya tentang manfaat penggunaan komputer untuk
digram statistika yang meliputi diagram
batang, garis dan lingkaran.
Mengekplorasi
·
Menggali informasi
tentang contoh dalam kehidupan sehari hari tentang
penggunaan komputer untuk
digram statistika yang meliputi diagram
batang, garis dan lingkaran.
Mengasosiasi
·
Menganalisis penerapan matematika
yang berkaitan dengan penggunaan komputer untuk digram statistika yang meliputi diagram
batang, garis dan lingkaran.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penggunaan komputer untuk
digram statistika yang meliputi diagram
batang, garis dan lingkaran.
·
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
·
Melakukan resume secara
lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
105
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal
mengenai penggunaan
komputer untuk digram statistika yang meliputi diagram
batang, garis dan lingkaran. (Latihan 2
halaman 119 – 120).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
Pertemuan
Ketiga
|
||
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan gambaran tentang ukuran pemusatan data
statistika yang meliputi rata – rata hitung (mean), modus dan median.
·
Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai
·
Guru menyampaikan kegunaan memahami ukuran pemusatan data
statistika yang meliputi rata – rata hitung (mean), modus dan median.
·
Guru membagi kelompok heterogen serta
meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan menentukan ukuran pemusatan data statistika
yang meliputi rata – rata hitung (mean),
modus dan median.
Menanya
·
Menanya tentang manfaat menentukan ukuran pemusatan
data statistika yang meliputi rata – rata hitung (mean), modus dan median.
Mengekplorasi
·
Menggali informasi
tentang contoh menentukan ukuran pemusatan data statistika yang meliputi rata – rata
hitung (mean), modus dan median.
Mengasosiasi
·
Menganalisis penerapan
matematika yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data statistika yang meliputi
rata – rata hitung (mean), modus
dan median.
Mengomunikasikan
·
Menyajikan secara
tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penggunaan komputer pada
grafik perbandingan berbalik nilai
·
Memberikan tanggapan
hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan
alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
·
Melakukan resume secara
lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Guru menanyakan kepada siswa kesan belajar
hari ini
·
Guru memberikan beberapa soal sebagai
bentuk penilaian pengetahuan dari hasil belajar.
·
Guru memberikan tugas beberapa soal
mengenai ukuran
pemusatan data statistika yang meliputi rata – rata hitung (mean), modus dan median. (Latihan 3 halaman 126 - 127).
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
pesan untuk tetap semangat belajar dan salam.
|
10
menit
|
H.
Penilaian
· Penilaian dilakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu
Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
· Instrumen penilaian Sikap, pengetahuan, dan keterampilan
terlampir.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran yang dilakukan .
b. Bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
c. Toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
d. Peduli dalam kegiatan
pembelajaran
e. Disiplin selama proses
pembelajaran
f. Jujur dalam menjawab
permasalahan yang diberikan
g. Tanggung jawab dalam
menyelesaikan tugas
|
Observasi
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menyelesaikan
soal yang relevan
|
Penugasan
|
Penyelesaian
kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan bilangan bulat
|
Portofolio
|
Penyelesaian
kelompok
|
I.
Instrumen Penilaian
hasil Belajar
1.
Penilaian Sikap :
Observasi
2.
Penilaian Pengetahuan :
Penugasan
3.
Penilaian Ketrampilan : Portofolio
1. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Penilaian Observasi
Satuan Pendidikan :
SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX / 2
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan : Pada saat Pelaksanaan
pembelajaran.
Kompetensi dasar :2.1. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten,
Sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam
Perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
Strategi menyelesaikan
masalah.
Indikator :
1. Aktif
2. Kerjasama
3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.
Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup
jika menunjukkan ada sedikit usaha
ambil bagian dalam pembelajaran tetapi
belum ajeg/konsisten
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam
pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4.
Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit
usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok
tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.
Cukup jika
menunjukkan ada sedikit usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha
untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan
tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
no
|
Nama siswa
|
Sikap
|
|||||||||||||||||||||||||||
Tanggung
Jawab
|
Jujur
|
Peduli
|
Kerja sama
|
santun
|
Percaya
diri
|
disiplin
|
|||||||||||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K :
Kurang
C : Cukup
B : Baik
SB : Baik Sekali
2.
LEMBAR PENGAMATAN PENGETAHUAN
Penugasan
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
Kompetensi dasar : 8. 1 Menentukan nilai rata – rata, median, dan modus dari
berbagai jenis data.
8.2 Memilih teknik penyajian data
dari dua variabel dan mengevaluasi keefektifannya, serta menentukan hubungan
antar variabel berdasarkan data untuk mengambil keputusan.
8.3 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi,
dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai garfik
serta mengidentifikasi hubungan antar variabel serta mengambil kesimpulan.
· Selesaikan
soal-soal Uji Kompetensi Bab 8 Statistika halaman 130 – 132.
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip matematika
|
|
|
|
|
2
|
Ketepatan memilih bahan
|
|
|
|
|
3
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan
waktu pengumpulan tugas
|
|
|
|
|
5
|
Kerapihan hasil
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
Keterangan:4
= sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
Nilai Perolehan =
Post a Comment for "RPP ( Statistika )"