Alat umum Otomotif 2
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Ditahun 2011 ini
diprediksi jumlah pengguna sepeda motor akan meningkat menjadi 60 juta
unit di seluruh Indonesia. Pertambahan pengguna sepeda motor ini tidak hanya
terjadi di kota-kota besar namun juga tersebar diseluruh Indonesia.
Memang saat ini sudah terdapat banyak bengkel sepeda motor disekitar kita namun
dengan jumlah sepeda motor yang semakin bertambah maka bengkel-bengkel yang ada
tidak mungkin dapat menampung seluruh sepeda motor yang ada. Sehingga
alternatif peluang usaha dan peluang bisnis ini menjadi semakin terbuka.
Untuk itulah saya menyusun makalah ini untuk
membahas mengenai kiat-kiat untuk menjadi pribadi yang handal dalam mencapai
keberhasilan agar dapat membaca peluang usaha tersebtu dan
dapat memenuhi kebutuhan hidup yaitu dengan cara berwirausaha.
Kemudian dalam makalah ini saya akan membahas tentang usaha dibidang bengkel
motor serta kiat-kiat atau tips dalam menjalankan usaha tersebut.
Saya harap makalah ini mampu memberikan banyak
manfaat bagi para pembaca khususnya bagi yang bercita-cita menjadi seorang
pengusaha atau wirausaha dan mampu
menciptakan lapangan pekerjaan baru
bagi masyarakat kelak.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas penulis merumuskan
masalah yang akan dijabarkan dalam makalah ini adalah apakah alat-alat umum
bengkel otomotif.
BAB
II
PEMBAHASAN
ALAT-ALAT
UMUM BENGKEL OTOMOTIF
1.
Kunci Inggirs
Kunci adalah
sarana yang paling penting dalam melakukan kegiatan servis kendaraan. Kunci Inggris adalah
kunci untuk melepas atau memasang mur/baut yang dapat disetel menyempit atau
melebar menyesuaikan dengan ukuran mur atau bautnya. konstruksinya terdiri dari
rahang diam, rahang geser ulir penyetel dan lengan.
Penggunaan kunci ini
sangat tidak dianjurkan, digunakan hanya pada saat tertentu saja. Melepas atau
memasang mur/baut dianjurkan dengan kunci ring atau kunci sock, karena jika
terlalu sering menggunakan kunci inggris dapat mengakibatkan sudut heksagonal
mur atau kepala baut lebih cepat tumpul sehingga menjadi bundar (selek). Kunci
inggris juga mempunyai nomor ukuran yang menunjukan lebar jangkauan rahangnya.
Dalam
penggunaan kunci inggris adalah sebagai berikut:
1.
Setel kunci inggris agar rahang –
rahangnya mencekam baut atau mur dengan kencang dan pas, untuk itu putar baut
penyetel sampai rahang penyetel menjepit baut / mur dengan kencang.
2.
Penempatan rahang penyetel (rahang
tidak tetap) harus di dalam dari putaran gerakan memutar kunci. Dengan demikian
ketika tangkai kunci diputar, maka rahang tidak tetap agar bergerak merapatkan
/ mengencangkan jepitan. Tapi bila pemasangannya terbalik yaitu di arah keluar
dari putaran kunci, maka rahang tidak tetap / rahang penyetel akan bergerak ke
arah melebarkan jepitan rahang. Akibatnya jepitan tidak kencang, dan
kepala baut atau mur bisa menjadi sleg/ aus.
3.
Putar tangkai kunci dengan arah
ditarik, bukan didorong.
Penggunaan kunci yang tepat ini,
membuat proses pembukaan atau pengencangan baut /mur menjadi mudah. Keuntungan
lainnya adalah baut dan mur tidak rusak, serta kunci inggris tetap terjaga
baik. Tetapi seperti saya katakan pada awal – awal artikel ini, gunakanlah
kunci ini dalam keadaan terdesak saja. Gunakan kunci inggris bila memang tidak
ada kunci pas, kunci ring dan kunci socket untuk ukuran kepala baut atau mur
yang akan dibongkar. Sebab tetap lebih baik bila anda menggunakan kunci ring,
kunci pas dan kunci socket yang memiliki rahang kunci yang tetap
semuanya.
Perawatan
Kunci Inggris.
1.
Bersihkan kunci setelah memakainya
dari oli.
2.
Simpan kunci di tool box agar tidak
sulit mencarinya kembali.
3.
Setelah menggunakan kunci,dianjurkan
agar menutup kembali rahang kunci hingga rapat
4.
Jangan memukul sebuah kunci inggris
dengan palu, atau objek yang sama, untuk mengencangkan lebih kuat.
2.
Kunci
Roda
Kunci roda disebut wheel nuts and bolts wrench. Kunci Roda digunakan
untuk melepas dan mengganti mur roda pada kendaraan bermotor. Kunci Roda
terbuat dari batang baja dimana ujung ujungnya mempunyai kepala soket segi enam.
Jenis
kunci roda sebagian besar mempunyai 4 jari-jari kemudian disatukan membentuk
palang/silang pada ujung luar masing-masing batang terdapat soket yang berbeda
ukurannya. Ukuran kunci roda pada umumnya 19 mm dan 21 mm atau 3/4 inch dan
13/16 inch.
Fungsi kunci roda pada
umumnya adalah;
a.
Membuka baut dan tutup hub roda.
b.
Membuka baut, membuka dan
menempatkan kembali tutup roda.
Jenis kunci roda
Gb. Kunci roda palang/silang Gb.
Kunci roda lurus
Desain Kontruksi Kunci Roda
Jenis Kunci Roda yang
ditemukan di sebagian besar bengkel mempunyai empat jari jari , ujung dari
masing jari jari disatukan pada satu titik pusan hingga membentuk palang/silang
pada ujung luar masing masing batang terdapat soket yang masing masing berbeda ukurannya.
Kunci Roda memberikan penuasan yang baik saat melepas mur roda yang keras/sulit
Kunci Roda Modal adalah
kunci soket kepala segi enam tunggal khusus yang ditempatkan di ujung satu
batang. Batang tersebut panjangnnya kurang lebih 250 mm, dibengkokan hampi
tegak lurus di dekat Kunci Soket.
Spesifikasi Kunci Roda
Kunci Roda ini
mempunyai soket pada setiap ujungnnya dengan dua buah batang melintang. Rentang
ukuran Kunci Roda sesuai dengan hampir semua ukuran baut roda. Ukuran yang
paling umum adalah tiga per lima inci, tiga belas per enam belas inci (19 mm
dan 21 mm). Kunci Roda digunakan untuk mengendorkan dan mengencangkan baut roda
pada sumbu roda kendaraan bermotor.
Cara perawatan:
a. Jagalah agar kunci roda tetap bersih.
b. Simpanlah kunci roda di dalam lemari atau rak atau digantung pada gantungan dinding.
3.
Mesin Bor
Tangan (Pistol)
Mesin bor
tangan adalah mesin bor yang pengoperasiannya dengan menggunakan tangan dan
bentuknya mirip pistol. Mesin bor tangan biasanya digunakan untuk melubangi
kayu, tembokmaupun pelat logam. Khusus Mesin bor ini selain digunakan untuk
membuat lubang juga bisa digunakan untuk mengencangkan baut maupun melepas baut
karena dilengkapi 2 putaran yaitu kanan dan kiri. Mesin bor ini tersedia dalam
berbagai ukuran, bentuk, kapasitas dan juga fungsinya masing-masing.
Cara Perawatan Mesin Bor
Perawatan mata bor sangat di perlukan untuk mata bor agar tetap awet dan tetap optimal,bagaiama cara perawatannya kami akan memberikannya untuk anda:
a. Pendinginan
Pendinginan pada mata bor tidak bisa disepelekan karena akan membuat umur mata bor tidak tahan lama, untuk pekerjaan yang cukup banyak mata bor juga memerlukan proses pendinginan. Setiap material memiliki jenis pendinginan yang berbeda.
b. Putaran Mesin (RPM)
Semakin besar diameter mata bor yang Anda gunakan maka semakin lambat putaran yang ada, semakin kecil mata bor akan semakin membuat putaran bor semakin cepat.
c. Pengasahan (penggerindaan)
Membentuk sisi potong yang kurang baik akan menimbulkan kerusakan yang ditimbulkan seperti merasa cepat tumpul, terasa bahannya keras, lubang yang tidak bagus, cepat panas dan lain-lain. Periksa kembali apakah hasil asahan anda sudah tepat agar dapat membuat mata bor Anda menjadi lebih tahan lama.
Jenis-Jenis Mata Bor:
Ukuran dan jenis mata bor cukup banyak. Ini adalah jenis-jenis mata bor
yang sering kita gunakan, mulai dari kiri hingga kanan:
a.
Hole saw: Untuk membuat lubang
besar pada kayu ataupun plat besi.
b. Flat drill bit:
Untuk membuat lubang besar pada kayu .
c. Counter sink drill bit:
Untuk membuat lubang lebih besar pada permukaan kayu, Agar sekrup/baut bisa
rata dengan kayu.
d. Mata bor beton: Untuk
melubangi tembok/beton.
e. Mata bor kayu/besi:
Untuk melubangi kayu/besi
4.
SLEDGE
WRENCH
Mempunyai Panjang shank setengah
dari panjang shank pada standard box end wrench. Digunakan untuk mengendorkan
dan mengencangkan nut/bolt yang berukuran besar dan mempunyai torque yang
tinggi.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Bengkel berfungsi merawat kendaraan agar tetap nyaman
dan memperbaiki kendaraan yang mengalami kerusakan, mulai dari kerusakan ringan
sampai kerusakan berat. Semua bisa baik kembali setelah dimasukan dalam bengkel
dan diperbaiki oleh seorang montir bengkel tersebut. Sedangkan manajemen adalah
kemampuan menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Di dalam
manajemen diperlukan seni untuk menggerakkan orang lain, karena tidak setiap
orang yang berada di dalam organisasi, semua dalam kondisi baik.
Bermacam tipe dan sifat orang kemungkinan ada di dalamnya. Ada yang baik, ada
yang kurang baik.
B.
Saran
Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka penulis mohon kritik
dan saran guna perbaikan untuk masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.indoaplikator.com/2014/06/jenis-jenis-mesin-bor-dan-cara.html
Post a Comment for "Alat umum Otomotif 2"