Cara jadi MC yang baik
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sudah pernah mengikuti suatu acara
baik acara itu resmi ataupun tidak resmi. Dalam suatu acara terdapat seseorang
yang bertugas untuk mengatur jalannya acara yaitu seorang MC (Master of
Ceremonial) atau pembawa acara yang tidak dapat dipisahkan dari suatu acara.
Bayangkan saja suatu acara yang tidak adanya pembawa acara, maka tidak akan
sukses suatu acara. Master of ceremony atau pembawa acara merupakan suatu
profesi, untuk itu seorang MC dituntut untuk professional. Karena profesi MC
sangat berpengaruh dengan jalannya suatu acara. Dimana seorang Mc harus mampu
membaca situasi, menciptakan suasana sesuai dengan karakter acaranya, yang
memungkinkan adanya dialog dengan audience.
Selain adanya MC, dalam suatu acara yang resmi terdapat protocol, yaitu
tata acara, khususnya acara resmi, seperti acara kenegaraan atau melibatkan
pejabat negara; pengaturan keseluruhan kegiatan dari awal hingga akhir. Pada
makalah ini akan dibahas mengenai MC atau pembawa acara.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah dipaparkan diatas maka yang menjadi permasalahan
dalam penulisan makalah ini adalah:
1.
Apa arti dan peran dari seorang MC?
2.
Apa syarat menjadi MC yang baik?
3.
Bagaimana tips menjadi MC yang baik?
C.
Tujuan Penulisan
Menindak
lanjuti permasalahan yang dirumuskan dalam rumusan masalah maka yang menjadi
tujuan dari penulisan makalah ini adalah:
1.
Mencari arti dan peran dari seorang
MC
2.
Menemukan persyaratan menjadi MC
yang baik
3.
Menemukan tips menjadi MC yang baik
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian MC
MC kependekan dari Master of Ceremony. Artinya “penguasa acara”, pemandu
acara, pengendali acara, pembawa acara, pengatur acara, atau pemimpin upacara.
MC bertindak selaku “tuan rumah” (host) suatu acara atau kegiatan/pertunjukan. MC berperan mengumumkan susunan acara dan memperkenalkan orang yang akan tampil
mengisi acara. MC pula yang bertanggung jawab
memastikan acara berlangsung lancar dan tepat waktu, serta meriah atau khidmat
dari awal hingga akhir.
Master of Ceremony adalah orang yang bertugas memandu acara dan bertanggung
jawab atas lancar dan suksenya acara. Seorang MC harus mampu membaca situasi,
menciptakan suasana sesuai dengan karakteristik acaranya, dan memungkinkan
adanya dialog dengan audience. Acara yang dibawakan adalah acara-acara hiburan
yang menuntut kreativitas dan improvisasi yang akan menciptakan karakteristik
acara sesuai dengan jenis acaranya.
B.
Tugas dan peran MC/pembawa
acara:
Tugas utama seorang MC adalah mengatur susunan atau jalannya acara agar
acara tersebut bisa berjalan dengan baik dan tersusun sistematis. Dalam
kegiatan yang di acarakan, selalu ada orang yang bertugas memberitahu dan
mengatur pelaksanaan setiap mata acara. Pergantian dari satu mata acara ke mata
acara berikutnya selalu mengikuti perintahnya. Orang-orang yang terlibat dalam
setiap mata acara itu pun selalu mematuhinya. Lancer dan tidaknya suatu acara
sangat bergantung kepadanya.
1.
Seorang MC harus memastikan acara berjalan dengan lancar dan tepat waktu
2.
Mengumumkan acara atau susunan
acara yang akan berjalan.
3.
Harus paham benar keseluruhan
acara yang akan berlangsung.
4.
Menarik perhatian hadirin
untuk mengikuti jalnnya acara dari awal hingga akhir.
5.
Menyusun acara dengan baik dan
berkoordinasi dengan panitia.
6.
Mengecek pengeras suara (mike)
atau sound system agar berfungsi dengan baik.
7.
Mengecek kesiapan acara dan
kehadiran orang-orang penting yang akan tampil dan hadir.
8.
Merkonsentrasi menyimak detail
jalannya acara.
9.
Mengendalikan waktu agar acara
berjalan sesuai dengan alokasi waktu yang sudah ditetapkan.
10. Mengenalkan pembicara (introducing of the speaker) atau mengisi acar
sebelum mereka tampil dipodium dan pengartar materi yang akan
disampaikannya.
11. MC adalah orang pertama dan satu-satunya orang yang berhak membuka acara
atau berbicara secara "resmi" kepada hadirin, jangan lupa karena MC
adalah orang pertama yang berbicara dalam suatu acara , maka MC harus
memperkenalkan diri sendiri kepada hadirin.
C.
Syarat menjadi MC
Sebagai seorang MC, dia harus bisa menarik perhatian hadirin untuk segera
merasa terlibat dalam pertemuan itu. Kalau upaya ini gagal, jalannya acara
menjadi hambar, tidak berkesan dan mengecewakan. Sebaliknya bila pembawa acara
pandai menguasai dan mengasyiki hadirin, maka acara tersebut menjadi lancer dan
menyenangkan. Dengan demikian kesuksesan sebuah acara berada di tangan MC.
Berikut ini adalah beberapa persyaratan utama yang harus dimiliki oleh
seorang Master of Ceremony:
1.
Pengetahuan
dan pengalaman luas
2.
Cerdas
3.
Rasa
Humor
4.
Sabar
5.
Imajinasi
6.
Antusiasme
7.
Rendah
hati dan bersahabat
8.
Kemampuan
bekerjasama
Berikut ini adalah beberapa tips yang menarik dan bermutu bagi yang baru mau mencoba jadi MC atau belum terlalu menguasai profesi ini, yakni:
1.
Kenali peranmu
Peran seorang MC adalah untuk mempertahankan sebuah acara agar berjalan lancar,
mempertahankan energi para peserta/penonton agar semangat, membantu para
peserta agar merasa disambut dgn baik dan membuat para pembicara/pengisi acara
merasa dihargai, dan masi banyak lagi. Jadi gak cuma hanya memberikan informasi
dan gak cuma sebagai timekeeper aja.
2.
Kenali kelompok-kelompok
peserta
Maksudnya adalah menyambut para penonton/peserta yang tidak berasal dari
daerah tempat acara berlangsung. MC harus memastikan bahwa semua penonton adalah sama, tidak memberikan
perlakuan khusus pada mereka yang merupakan "tuan rumah".
3.
Ringkaslah apa yang dikatakan
oleh pembicara
Poin ini penting bgt buat diperhatikan. Jadi setiap seorang pembicara
selesai bicara, MC harus bisa mengambil intisari dari apa yang dibicarakan oleh
pembicara tersebut, atau setidaknya bagian penting dari isinya, untuk
disampaikan kepada penonton/MC
service.
4.
Pertahankan waktu yang
ditentukan
Dalam sebuah acara, tidak dipungkiri bakal ada alokasi waktu yang kurang
sesuai dengan rundown acara, entah itu molor atau kecepatan. Untuk itulah MC (training
mc) harus bisa mengatur agar waktu tetap berjalan
sesuai dengan rundown.
5.
Buat penonton bersemangat
Kadangkala pada suatu acara pasti ada penonton yang merasa bosen atau
ngantuk karena isinya kurang menarik atau apa/MC
service.
7.
Usahakan untuk rileks, kalo
gugup tarik nafas yang panjang dan dalam kemudian bergeraklah untuk melemaskan
otot.
8.
Buat catatan kecil untuk
membantu mengingat apa yang akan dikatakan, entah itu joke, cerita atau
memberikan informasi
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
MC (Master of Ceremony) adalah orang yang bertugas mengatur jalannya acara
dalam suatu protokoler. Jadi MC adalah bagian dari protokoler. Tugas utama
seorang MC adalah mengatur susunan atau jalannya acara agar acara tersebut bisa
berjalan dengan baik dan tersusun sistematis. Dalam kegiatan yang di acarakan,
selalu ada orang yang bertugas memberitahu dan mengatur pelaksanaan setiap mata
acara. Pergantian dari satu mata acara ke mata acara berikutnya selalu
mengikuti perintahnya. Orang-orang yang terlibat dalam setiap mata acara itu
pun selalu mematuhinya. Lancer dan tidaknya suatu acara sangat bergantung
kepadanya.
B. Saran
Kami yang menyusun makalah ini menyadari kalau
makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, karena itu segala bentuk kritikan dan
saran yang membangun sangat kami butuhkan guna menyempurnakan makalah ini dan
meningkatkan pemahaman akademis kita bersama.
DAFTAR
PUSTAKA
Lies Aryati, Panduan untuk menjadi MC
Profesional, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2007.
Yasin, Sulchan, MC ( Pembawa Acara dan Contoh
Pidato) Penerbit Mekar Surabaya, Surabaya, 1991
Post a Comment for "Cara jadi MC yang baik"