Kereta api bawah laut
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Satu setengah abad yang lalu, Sultan
Abdul Hamid memimpikan pembangunan terowongan bawah laut yang menghubungkan
Khilafah Utsmaniyah dari Asia ke Eropa. Sultan Abdul Hamid bahkan telah membuat
sketsanya. Tetapi, karena keterbatasan teknologi pada saat itu, mimpi tersebut
tidak bisa diwujudkan. Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan
akan merealisasikan mimpi khilafah Utsmaniyah tersebut.
terowongan rel kereta api Marmara yang
menghubungkan sisi Eropa dan Asia. Terowongan yang memiliki kapasitas maksimum
1,5 juta penumpang per hari. Adanya kereta api bawah air ini diharapkan dapat
meringankan 20% beban lalu lintas padat di Istanbul.
Menurut Hurriyet Daily News,
Erdogan mulai mencanangkan pembuatan terowongan ini sejak tahun 2004 , dan
proyek ini sebagai salah satu dari banyak proyek ambisiusnya termasuk pembuatan
jembatan ketiga, Dermaga paralel, dan bandara udara ketiga di kota itu.
Pembangunan terowongan dijadwalkan
selesai dalam empat tahun, namun terjadi serangkaian penundaan karena banyak
ditemukan artefak bersejarah di lokasi itu.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apakah
pengertian marmaray?
2. Bagaimana
jenis marmaray?
3. Bagaimana
mesin pengeboran terowongan bawah laut?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Kereta Api Bawah Laut (Marmaray)
MARMARAY adalah kereta api listrik bawah laut yang
menghubungkan Asia dan Eropa di Laut Marmara. Peresmian Marmaray baru-baru ini
dihadiri Perdana Menteri Thayyip Erdogan dan Presiden Turki Abdullah Gül.
Tampak pula Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Rumania Victor Ponta,
Presiden Somalia, Syeih Hasan Mahmud, dan sejumlah pejabat Eropa.
Marmaray ini merupakan gabungan dua kata. Marmara berarti
Laut Marmara, sedangkan ‘Ray’ dalam bahasa Turki berarti kereta. Jadi, Marmaray
artinya kereta api Marmaray. Sederhananya begitu.
Setelah Marmaray beroperasi, sekarang bila Anda hendak
menyeberang ke Eropa dari Turki, hanya butuh waktu kurang dari lima menit Anda
sudah bisa menginjakkan kaki di Eropa. Anda bisa naik di stasiun Ayrilikçesmesi
(Asia) dan turun di Kazliçesme (Eropa). Bila menggunakan kapal feri Anda butuh
waktu sekitar 15 menit. Saya pertama sekali menyeberang Selat Bhosporus dari
Deniz-Kadikoy-Kozyatagi dengan kapal. Ditemani pemandangan laut yang memesona.
Marmaray kini telah menambah objek wisata baru dan destinasi
turis ke Istanbul. Selain Aya Sofia, Blue Mosque, dan Bhosporus yang menjadi
pilihan favorit turis yang berkunjung ke bumi Alfatih ini.
Media di Turki menyebut proyek fenomenal ini sebagai “Hayal
gerce gedonustu” yaitu mimpi yang menjadi kenyataan. Ini adalah mimpi rakyat
Turki sejak tahun 1876 di masa Sultan Abdul Mecit II. Lebih dari 150 tahun
lalu, Sultan pada masa Turki Utsmani ini bermimpi suatu saat akan ada kereta
(terowongan) api bawah laut di Selat Bhosporus yang menghubungkan Asia dan
Afrika.
Penerusnya, Sultan Hamid yang memerintah pada 1922-1924
kemudian pernah membuat sketsanya. Tapi sampai pada akhir kesultanan ide ini
tidak terwujud. Maka masa Perdana Menteri Erdogan inilah terowongan bahwah laut
itu terwujud.
Marmaray (diucapkan [maɾmaˌɾaj]
(mendengarkan)) adalah proyek transportasi kereta api sebagian operasional di
kota Istanbul Turki. Ini terdiri dari terowongan rel kereta api bawah laut di
bawah Selat Bosphorus, dan modernisasi yang ada jalur kereta api pinggiran kota
di sepanjang Laut Marmara dari Halkali di sisi Eropa untuk Gebze di sisi Asia.
Pengadaan rolling stock baru untuk lalu lintas penumpang di pinggiran kota juga
merupakan bagian dari proyek ini. Konstruksi dimulai pada tahun 2004, dengan
tanggal pembukaan target awal April 2009. Setelah beberapa penundaan yang
disebabkan oleh penemuan temuan sejarah dan arkeologi , tahap pertama proyek
dibuka pada tanggal 29 Oktober 2013. Ini adalah standar pertama koneksi
mengukur rel antara Eropa dan Asia Tahap kedua proyek ini dijadwalkan akan
dibuka pada 2015.
Nama Marmaray berasal dari menggabungkan nama Laut Marmara,
yang terletak tepat di sebelah selatan lokasi proyek, dengan sinar, kata Turki
untuk kereta api. Pers Turki telah membandingkannya dengan Silk Road.
B.
Jenis
Marmaray
1. Eastbound
Tunnel
Ini
terowongan buat kereta yang mengangkut penumpang dan kendaraan.
2.
Wesbound Tunnel
Ini
terowongan buat kereta yang mengangkut kereta barang.
3.
Piston Reliefs Ducts
berfungsi
sebagai saluran udara gan Supaya tekanan udaranya tetep bisa di kontrol di
bawah laut tekanannya tinggi.
4.
Service Tunnel
fungsinya
untuk lalu lalang petugas mengontrol jalur kereta nya sekaligus jadi jalur
darurat buat para penumpang kalau terjadi apa-apa sama kereta atau jalur nya.
C.
Mesin
Pembuat Terowongan Bawah Laut
Mesin yang
digunakan untuk membuat terowongan adalah Tunnel Boring Machine (TBM) yang
sangat besar, memiliki kemampuan bor 76,2 m per hari dan memiliki kombinasi
fungsi alat-alat berat antara lain seperti mesin bor & mesin pengeruk.
Hampir 4
juta m³ kapur yang digali di daerah Inggris & secara keseluruhan tanah yang
dikeruk sejumlah 8 juta m³ dengan kecepatan rata-rata 2400ton per jam .
Keuntungan lain menggunakan mesin ini adalah tidak mengganggu kondisi
sekitarnya dan dapat menghasilkan dinding terowongan yang halus.
Jarak tempuh
yang bisa di tempuh kereta ini dari inggris ke perancis cuma dalam 39 Menit.
Kereta ini juga ngak cuma bisa ngangkut orang tp juga kendaraan bermotor.
Proyek
ini tertunda empat tahun, sebagian besar disebabkan oleh penemuan-era Bizantium
dan temuan arkeologis 8.000 tahun lainnya pada situs yang diusulkan dari Eropa
terowongan terminal pada tahun 2005. Penggalian menghasilkan bukti pelabuhan
terbesar di kota , abad ke-4 Harbour Eleutherios (kemudian dikenal sebagai
Harbour of Theodosius). Di sana, para arkeolog menemukan jejak tembok kota
Konstantin Agung, dan sisa-sisa beberapa kapal, termasuk apa yang tampaknya
menjadi satu-satunya kuno atau awal abad pertengahan dapur yang pernah
ditemukan, mencegah proyek dari melanjutkan dengan kecepatan penuh. [Selain
itu, penggalian telah menemukan bukti tertua dari pemukiman di Istanbul, dengan
artefak, termasuk amphorae, fragmen tembikar, kerang, potongan tulang, kuda
tengkorak, dan sembilan tengkorak manusia yang ditemukan di tas, dating kembali
ke 6.000 SM. Kaca artefak dan fragmen yang berasal dari Helenistik, Romawi,
Bizantium dan Ottoman periode telah ditemukan selama penggalian di Sirkeci.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
MARMARAY adalah kereta api listrik bawah laut yang menghubungkan
Asia dan Eropa di Laut Marmara. Peresmian Marmaray baru-baru ini dihadiri
Perdana Menteri Thayyip Erdogan dan Presiden Turki Abdullah Gül. Tampak pula
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Rumania Victor Ponta,
Presiden Somalia, Syeih Hasan Mahmud, dan sejumlah pejabat Eropa.
Marmaray ini merupakan gabungan dua kata. Marmara berarti
Laut Marmara, sedangkan ‘Ray’ dalam bahasa Turki berarti kereta. Jadi, Marmaray
artinya kereta api Marmaray. Sederhananya begitu.
Setelah Marmaray beroperasi, sekarang bila Anda hendak
menyeberang ke Eropa dari Turki, hanya butuh waktu kurang dari lima menit Anda
sudah bisa menginjakkan kaki di Eropa. Anda bisa naik di stasiun Ayrilikçesmesi
(Asia) dan turun di Kazliçesme (Eropa). Bila menggunakan kapal feri Anda butuh
waktu sekitar 15 menit. Saya pertama sekali menyeberang Selat Bhosporus dari
Deniz-Kadikoy-Kozyatagi dengan kapal. Ditemani pemandangan laut yang memesona.
B.
Saran
Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka penulis mohon kritik
dan saran guna perbaikan untuk masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://putragantiwarno.blogspot.com/2011_10_18_archive.html
Post a Comment for "Kereta api bawah laut"