Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kereta api bawah laut

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Satu setengah abad yang lalu, Sultan Abdul Hamid memimpikan pembangunan terowongan bawah laut yang menghubungkan Khilafah Utsmaniyah dari Asia ke Eropa. Sultan Abdul Hamid bahkan telah membuat sketsanya. Tetapi, karena keterbatasan teknologi pada saat itu, mimpi tersebut tidak bisa diwujudkan. Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan akan merealisasikan mimpi khilafah Utsmaniyah tersebut.
 terowongan rel kereta api Marmara yang menghubungkan sisi Eropa dan Asia. Terowongan yang memiliki kapasitas maksimum 1,5 juta penumpang per hari. Adanya kereta api bawah air ini diharapkan dapat meringankan 20% beban lalu lintas padat di Istanbul.
Menurut Hurriyet Daily News, Erdogan mulai mencanangkan pembuatan terowongan ini sejak tahun 2004 , dan proyek ini sebagai salah satu dari banyak proyek ambisiusnya termasuk pembuatan jembatan ketiga, Dermaga paralel, dan bandara udara ketiga di kota itu.
Pembangunan terowongan dijadwalkan selesai dalam empat tahun, namun terjadi serangkaian penundaan karena banyak ditemukan artefak bersejarah di lokasi itu.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian marmaray?
2.      Bagaimana jenis marmaray?
3.      Bagaimana mesin pengeboran terowongan bawah laut?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Kereta Api Bawah Laut (Marmaray)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfc8pgCLOcH7cMiCaLANlJ41-Wacjfr0XaepmzBnZvkxDaXKBaFqoV4Hs8sTXnHRU5yzkHXf8wEGWtsSKjWp8XN6VL705Hlc4LOryH-5gutIrf-fqb8me7rwKlp-hXMJGkCpNmS9-GPyRn/s400/11.jpg 
MARMARAY adalah kereta api listrik bawah laut yang menghubungkan Asia dan Eropa di Laut Marmara. Peresmian Marmaray baru-baru ini dihadiri Perdana Menteri Thayyip Erdogan dan Presiden Turki Abdullah Gül. Tampak pula Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Rumania Victor Ponta, Presiden Somalia, Syeih Hasan Mahmud, dan sejumlah pejabat Eropa.
Marmaray ini merupakan gabungan dua kata. Marmara berarti Laut Marmara, sedangkan ‘Ray’ dalam bahasa Turki berarti kereta. Jadi, Marmaray artinya kereta api Marmaray. Sederhananya begitu.
Setelah Marmaray beroperasi, sekarang bila Anda hendak menyeberang ke Eropa dari Turki, hanya butuh waktu kurang dari lima menit Anda sudah bisa menginjakkan kaki di Eropa. Anda bisa naik di stasiun Ayrilikçesmesi (Asia) dan turun di Kazliçesme (Eropa). Bila menggunakan kapal feri Anda butuh waktu sekitar 15 menit. Saya pertama sekali menyeberang Selat Bhosporus dari Deniz-Kadikoy-Kozyatagi dengan kapal. Ditemani pemandangan laut yang memesona.
Marmaray kini telah menambah objek wisata baru dan destinasi turis ke Istanbul. Selain Aya Sofia, Blue Mosque, dan Bhosporus yang menjadi pilihan favorit turis yang berkunjung ke bumi Alfatih ini.
Media di Turki menyebut proyek fenomenal ini sebagai “Hayal gerce gedonustu” yaitu mimpi yang menjadi kenyataan. Ini adalah mimpi rakyat Turki sejak tahun 1876 di masa Sultan Abdul Mecit II. Lebih dari 150 tahun lalu, Sultan pada masa Turki Utsmani ini bermimpi suatu saat akan ada kereta (terowongan) api bawah laut di Selat Bhosporus yang menghubungkan Asia dan Afrika.
Penerusnya, Sultan Hamid yang memerintah pada 1922-1924 kemudian pernah membuat sketsanya. Tapi sampai pada akhir kesultanan ide ini tidak terwujud. Maka masa Perdana Menteri Erdogan inilah terowongan bahwah laut itu terwujud.
Marmaray (diucapkan [maɾmaˌɾaj] (mendengarkan)) adalah proyek transportasi kereta api sebagian operasional di kota Istanbul Turki. Ini terdiri dari terowongan rel kereta api bawah laut di bawah Selat Bosphorus, dan modernisasi yang ada jalur kereta api pinggiran kota di sepanjang Laut Marmara dari Halkali di sisi Eropa untuk Gebze di sisi Asia. Pengadaan rolling stock baru untuk lalu lintas penumpang di pinggiran kota juga merupakan bagian dari proyek ini. Konstruksi dimulai pada tahun 2004, dengan tanggal pembukaan target awal April 2009. Setelah beberapa penundaan yang disebabkan oleh penemuan temuan sejarah dan arkeologi , tahap pertama proyek dibuka pada tanggal 29 Oktober 2013. Ini adalah standar pertama koneksi mengukur rel antara Eropa dan Asia Tahap kedua proyek ini dijadwalkan akan dibuka pada 2015.
Nama Marmaray berasal dari menggabungkan nama Laut Marmara, yang terletak tepat di sebelah selatan lokasi proyek, dengan sinar, kata Turki untuk kereta api. Pers Turki telah membandingkannya dengan Silk Road.



B.     Jenis Marmaray
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgn40tXWrq7dmt24s4144j77ZVh4TFiKKkMxD9haWxUDbIoXU17sN8RUhtM5tpmHtxEObWpXGIKZCL9ngMw6u_A8dbHSATbf24EgYWH9OinS5gZU4ZTIdLMK3DF1goqd9bXtUyKEhIDQaAj/s400/1.gif
1.      Eastbound Tunnel
Ini terowongan buat kereta yang mengangkut penumpang dan kendaraan.
2.      Wesbound Tunnel
Ini terowongan buat kereta yang mengangkut kereta barang.
3.      Piston Reliefs Ducts
berfungsi sebagai saluran udara gan Supaya tekanan udaranya tetep bisa di kontrol di bawah laut tekanannya tinggi.
4.      Service Tunnel
fungsinya untuk lalu lalang petugas mengontrol jalur kereta nya sekaligus jadi jalur darurat buat para penumpang kalau terjadi apa-apa sama kereta atau jalur nya.

C.    Mesin Pembuat Terowongan Bawah Laut
Mesin yang digunakan untuk membuat terowongan adalah Tunnel Boring Machine (TBM) yang sangat besar, memiliki kemampuan bor 76,2 m per hari dan memiliki kombinasi fungsi alat-alat berat antara lain seperti mesin bor & mesin pengeruk.
Hampir 4 juta m³ kapur yang digali di daerah Inggris & secara keseluruhan tanah yang dikeruk sejumlah 8 juta m³ dengan kecepatan rata-rata 2400ton per jam . Keuntungan lain menggunakan mesin ini adalah tidak mengganggu kondisi sekitarnya dan dapat menghasilkan dinding terowongan yang halus.
Jarak tempuh yang bisa di tempuh kereta ini dari inggris ke perancis cuma dalam 39 Menit. Kereta ini juga ngak cuma bisa ngangkut orang tp juga kendaraan bermotor.
Proyek ini tertunda empat tahun, sebagian besar disebabkan oleh penemuan-era Bizantium dan temuan arkeologis 8.000 tahun lainnya pada situs yang diusulkan dari Eropa terowongan terminal pada tahun 2005. Penggalian menghasilkan bukti pelabuhan terbesar di kota , abad ke-4 Harbour Eleutherios (kemudian dikenal sebagai Harbour of Theodosius). Di sana, para arkeolog menemukan jejak tembok kota Konstantin Agung, dan sisa-sisa beberapa kapal, termasuk apa yang tampaknya menjadi satu-satunya kuno atau awal abad pertengahan dapur yang pernah ditemukan, mencegah proyek dari melanjutkan dengan kecepatan penuh. [Selain itu, penggalian telah menemukan bukti tertua dari pemukiman di Istanbul, dengan artefak, termasuk amphorae, fragmen tembikar, kerang, potongan tulang, kuda tengkorak, dan sembilan tengkorak manusia yang ditemukan di tas, dating kembali ke 6.000 SM. Kaca artefak dan fragmen yang berasal dari Helenistik, Romawi, Bizantium dan Ottoman periode telah ditemukan selama penggalian di Sirkeci.








BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
MARMARAY adalah kereta api listrik bawah laut yang menghubungkan Asia dan Eropa di Laut Marmara. Peresmian Marmaray baru-baru ini dihadiri Perdana Menteri Thayyip Erdogan dan Presiden Turki Abdullah Gül. Tampak pula Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Rumania Victor Ponta, Presiden Somalia, Syeih Hasan Mahmud, dan sejumlah pejabat Eropa.
Marmaray ini merupakan gabungan dua kata. Marmara berarti Laut Marmara, sedangkan ‘Ray’ dalam bahasa Turki berarti kereta. Jadi, Marmaray artinya kereta api Marmaray. Sederhananya begitu.
Setelah Marmaray beroperasi, sekarang bila Anda hendak menyeberang ke Eropa dari Turki, hanya butuh waktu kurang dari lima menit Anda sudah bisa menginjakkan kaki di Eropa. Anda bisa naik di stasiun Ayrilikçesmesi (Asia) dan turun di Kazliçesme (Eropa). Bila menggunakan kapal feri Anda butuh waktu sekitar 15 menit. Saya pertama sekali menyeberang Selat Bhosporus dari Deniz-Kadikoy-Kozyatagi dengan kapal. Ditemani pemandangan laut yang memesona.

B.     Saran
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka penulis mohon kritik dan saran guna perbaikan untuk masa yang akan datang.




DAFTAR PUSTAKA

http://putragantiwarno.blogspot.com/2011_10_18_archive.html

Post a Comment for "Kereta api bawah laut"