Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Monorail

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Kereta api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Gaya gerak disediakan oleh lokomotif yang terpisah atau motor individu dalam beberapa unit. Meskipun propulsi historis mesin uap mendominasi, bentuk-bentuk modern yang paling umum adalah mesin diesel dan listrik lokomotif, yang disediakan oleh kabel overhead atau rel tambahan. Sumber energi lain termasuk kuda, tali atau kawat, gravitasi, pneumatik, baterai, dan turbin gas. Rel kereta api biasanya terdiri dari dua, tiga atau empat rel, dengan sejumlah monorel dan guideways maglev dalam campuran. Kata 'train' berasal dari bahasa Perancis Tua trahiner, dari bahasa Latin trahere 'tarik, menarik'.
Ada berbagai jenis kereta api yang dirancang untuk tujuan tertentu. Kereta api bisa terdiri dari kombinasi satu atau lebih dari lokomotif dan gerbong kereta terpasang, atau beberapa unit yang digerakkan sendiri (atau kadang-kadang pelatih bertenaga tunggal atau diartikulasikan, disebut sebuah kereta mobil). Kereta pertama dengan bentuk ditarik menggunakan tali, gravitasi bertenaga atau ditarik oleh kuda. Dari awal abad ke-19 hampir semuanya didukung oleh lokomotif uap. Dari tahun 1910-an dan seterusnya lokomotif uap mulai digantikan oleh kurang dan bersih (tetapi lebih kompleks dan mahal) lokomotif diesel dan lokomotif listrik, sementara pada waktu yang sama beberapa kendaraan unit yang digerakkan sendiri baik sistem tenaga menjadi jauh lebih umum dalam pelayanan penumpang.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana asal usul monorel?
2.      Bagaimana tipe-tipe monorel?
3.      Bagaimana kelebihan dan kekurangan monorel?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    ASAL USUL MONOREL
Monorail atau Monorel yang memiliki arti satu rel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang terdiri dari rel tunggal. Sementara kereta biasa atau konvensional memiliki dua rel paralel. Rel kereta monorel sendiri terbuat dari beton dan untuk roda keretanya terbuat dari karet, sehingga suara kereta api monorel tidak akan sebising kereta api konvensional. Tidak hanya itu, dalam monorel biasanya jalur keretanya ditempatkan di atas tiang-tiang, jadi monorel tidak akan memakan atau mempersempit jalur jalanan lainnya. 

Monorel ini sendiri pertama kali dibuat di Russia pada tahun 1820 oleh Ivan Elmanov. Namun seiring perkembangan dari tahun ke tahun sampai saat ini, monorel dijalankan oleh mesin elektronik. 

B.     TIPE-TIPE MONOREL
Menurut jenisnya, monorel terdapat dua tipe : 
1.      Tipe Suspended
Tipe suspended adalah tipe monorel  dimana kereta bergantung dan melaju di bawah rel. Dalam tipe jenis ini, keretanya menggantung karena jalur relnya berada diatas atau dengan kata lain lebih mirip dengan kereta gantung. 


2.      Tipe Straddle-beam
Tipe straddle-beam ini adalah tipe monorel dimana kereta berjalan diatas rel. Tipe straddle-beam ini memiliki konsep yang sama dengan kereta biasa, dimana kereta berjalan diatas jalur rel. 

C.    KELEBIHAN MENGGUNAKAN MONOREL 
Penggunaan monorel sebagai alat transportasi massal alternatif ini memiliki beberapa keuntungan dan juga kekurangan, di antaranya : 
1.      Membutuhkan ruang yang lebih kecil baik vertikal maupun horizontal. Untuk ruang lebar yang diperlukan adalah selebar kereta dan karena monorel ini dibuat diatas jalan, maka hanya membutuhkan ruang yang tidak terlalu besar untuk memasang tiang-tiang penyangga. 
2.      Monorel terlihat lebih ringan daripada kereta konvenional dengan rel terelevasi dan hanya menutupi sebagian kecil langit.
3.      Tidak sebising kereta konvensional ketika beroperasi. Hal tersebut disebabkan kereta monorel ini menggunakan roda karet yang berjalan di rel yang terbuat dari beton. 
4.      Kereta pada jalur monorel ini dapat menanjak, menurun dan berbelok lebih cepat apabila dibandingkan dengan kereta konvensional
5.      Lebih aman karena dengan kereta yang memegang rel, maka resiko kereta tersebut dapat terguling  atau tergelincir jauh lebih kecil karena kereta membungkus jalur. Selain itu resiko kereta menabrak pejalan kaki juga minim. 
6.      Mengenai biaaya perawatan dan pembangunan, kereta monorel jauh lebih murah dibandingkan dengan kerea konvenional. 

D.    KEKURANGAN MONOREL
1.      Kereta monorel apabila dibandingkan dengan kereta konvensional terasa lebih memakan tempat
2.      Dalam kondisi darurat, penumpang kereta monorel tidak dapat langsung dievakuasi karena tidak ada jalan keluar kecuali di stasiun
3.      Kapasitas kereta monorel masih dipertanyakan
4.      Pada kereta monorel, sangat sulit untuk membuat jalur persimpangan
5.      Mengenai pembangunan infrastruktur monorel sering dibuat oleh produsen yang berbeda, sehingga terkadang terdapat beberapa komponen yang tidak kompatible.

E.     DAFTAR SEBAGIAN DARI SISTEM MONOREL DI NEGARA
Sistem monorel telah dibangun di banyak negara di dunia, banyak di antaranya adalah rel tinggi melintasi wilayah ramai yang mungkin akan membutuhkan pembangunan jalur bawah tanah yang mahal atau kerugian dari jalur atas tanah.

Monorel Kebun Binatang Ueno membawa penumpang di dalam kebun binatang di Tokyo.
1.      Asia
·         Jepang telah menggunakan monorel untuk transit cepat di tujuh kota, termasuk Tokyo dan Osaka - Monorel Tokyo membawa sekitar 100 juta penumpang setiap tahunnya. Lihat monorel di Jepang.
·         Monorel Kuala Lumpur - Kuala LumpurMalaysia
·         Kereta Maglev Shanghai di ShanghaiCina - Selesai pada 2004, kereta Maglev Shanghai adalah monorel komersial pertama yang menggunakan tekonologimaglev berdasarkan teknologi maglev Transrapid dari Jerman
·         SentosaSingapura - Ditutup Maret 2005. Akan digantikan dengan sistem monorel baru yang berkapasitas lebih besar, Sentosa Express.
·         Korea Selatan

2.      Eropa
·         Belgia - Terdapat sebuah monorel di taman bermain Plopsaland.
·         Jerman - Terdapat sebuah monorel gantung di WuppertalSchwebebahn Wuppertal yang beroperasi sejak 1901 dan Schwebebahn Dresden di Dresden juga menggunakan sistem yang sama.
·         Inggris - Terdapat monorel di Chester ZooBandara Gatwick, dan Bandara Internasional Birmingham
·         Italia
·         MoskowRusia
·         ListowelIrlandia merupakan lokasi monorel komersial pertama dengan nama Lartigue yang diambil dari nama Charles Latigue yang membangun monorel tersebut pada 1888.

3.      Amerika Utara

Monorails bisa ditemukan di tempat berikut di Amerika Utara:
·         Walt Disney World di Orlando, Florida - salah satu yang dikenal sebagai yang terbaik di dunia, melayani lebih dari lima juta penumpang setiap tahun.
·         Disneyland di Anaheim, California - dikenal sebagai "yang pertama yang beroperasi secara harian di Western Hemisphere
·         Seattle, Washington - monorel pendek (Seattle Center Monorail) dibangun untuk proyek Century 21 Exposition pada 1962
·         Las Vegas, Nevada - transit publik
·         Newark International Airport di Newark, New Jersey - perpindahan masyarakat
·         Six Flags La Ronde di Montreal, Quebec - sebelumnya menjadi sistem monorel terbesar untuk Expo 67
·         Minnesota Zoo di Apple Valley, Minnesota
·         Toronto Zoo di Toronto, Ontario - dibatalkan setelah sebuah insiden fatal.
·         Miami Metromover di Miami, FL , sebuah sistem monorel terotomatisasi yang menghubungkan ke daerah pusat kota.

4.      Amerika Selatan dan Australia
·         SydneyAustralia sebenarnya merancang monorail ini sebagai transportasi massal,tetapi kemudian menjadi salah satu fasilitas yang disenangi dalam pariwisata.
·         Gold Coast, Queensland memiliki dua sistemmonorail:
a.      Dua kilometer monorail yang mengelilingi Taman Sea World .
b.      Jalur yang menghubungkan Kasino Conrad Jupiters dan pusat perbelanjaan di sekitar Broadbeach.
·         Brasil baru saja mengimplementasikan sistem monorail baru.



BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Monorail atau Monorel yang memiliki arti satu rel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang terdiri dari rel tunggal. Sementara kereta biasa atau konvensional memiliki dua rel paralel. Rel kereta monorel sendiri terbuat dari beton dan untuk roda keretanya terbuat dari karet, sehingga suara kereta api monorel tidak akan sebising kereta api konvensional. Tidak hanya itu, dalam monorel biasanya jalur keretanya ditempatkan di atas tiang-tiang, jadi monorel tidak akan memakan atau mempersempit jalur jalanan lainnya. 
Monorel ini sendiri pertama kali dibuat di Russia pada tahun 1820 oleh Ivan Elmanov. Namun seiring perkembangan dari tahun ke tahun sampai saat ini, monorel dijalankan oleh mesin elektronik. 

B.     SARAN
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka penulis mohon kritik dan saran guna perbaikan untuk masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.scribd.com/doc/174720357/monorail-docx#scribd


Post a Comment for "Monorail"