Monorail
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Kereta api
adalah bentuk transportasi rel
yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta
api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Gaya gerak disediakan oleh lokomotif
yang terpisah atau motor individu dalam beberapa unit. Meskipun propulsi
historis mesin uap mendominasi, bentuk-bentuk modern yang paling umum adalah
mesin diesel dan listrik lokomotif, yang disediakan oleh kabel overhead atau
rel tambahan. Sumber energi lain termasuk kuda, tali atau kawat, gravitasi,
pneumatik, baterai, dan turbin gas. Rel kereta api biasanya terdiri dari dua,
tiga atau empat rel, dengan sejumlah monorel dan guideways maglev dalam
campuran. Kata 'train' berasal dari bahasa Perancis Tua
trahiner, dari bahasa Latin
trahere 'tarik, menarik'.
Ada berbagai jenis kereta api yang
dirancang untuk tujuan tertentu. Kereta api bisa terdiri dari kombinasi satu
atau lebih dari lokomotif dan gerbong kereta terpasang, atau beberapa unit yang
digerakkan sendiri (atau kadang-kadang pelatih bertenaga tunggal atau
diartikulasikan, disebut sebuah kereta mobil). Kereta pertama dengan bentuk
ditarik menggunakan tali, gravitasi bertenaga atau ditarik oleh kuda. Dari awal
abad ke-19 hampir semuanya didukung oleh lokomotif uap.
Dari tahun 1910-an dan seterusnya lokomotif uap mulai digantikan oleh kurang
dan bersih (tetapi lebih kompleks dan mahal) lokomotif diesel
dan lokomotif listrik,
sementara pada waktu yang sama beberapa kendaraan unit yang digerakkan sendiri
baik sistem tenaga menjadi jauh lebih umum dalam pelayanan penumpang.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana asal
usul monorel?
2.
Bagaimana
tipe-tipe monorel?
3.
Bagaimana
kelebihan dan kekurangan monorel?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
ASAL USUL MONOREL
Monorail atau Monorel
yang memiliki arti satu rel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang
terdiri dari rel tunggal. Sementara kereta biasa atau konvensional memiliki dua
rel paralel. Rel kereta monorel sendiri terbuat dari beton dan untuk roda
keretanya terbuat dari karet, sehingga suara kereta api monorel tidak akan
sebising kereta api konvensional. Tidak hanya itu, dalam monorel biasanya jalur
keretanya ditempatkan di atas tiang-tiang, jadi monorel tidak akan memakan atau
mempersempit jalur jalanan lainnya.
Monorel ini sendiri
pertama kali dibuat di Russia pada tahun 1820 oleh Ivan Elmanov. Namun seiring
perkembangan dari tahun ke tahun sampai saat ini, monorel dijalankan oleh mesin
elektronik.
B.
TIPE-TIPE MONOREL
Menurut jenisnya, monorel terdapat dua tipe :
1. Tipe Suspended
Tipe
suspended adalah tipe monorel dimana kereta bergantung dan melaju di
bawah rel. Dalam tipe jenis ini, keretanya menggantung karena jalur relnya
berada diatas atau dengan kata lain lebih mirip dengan kereta gantung.
2. Tipe Straddle-beam
Tipe
straddle-beam ini adalah tipe monorel dimana kereta berjalan diatas rel. Tipe
straddle-beam ini memiliki konsep yang sama dengan kereta biasa, dimana kereta
berjalan diatas jalur rel.
C.
KELEBIHAN MENGGUNAKAN MONOREL
Penggunaan monorel
sebagai alat transportasi massal alternatif ini memiliki beberapa keuntungan
dan juga kekurangan, di antaranya :
1. Membutuhkan ruang yang lebih kecil baik vertikal maupun
horizontal. Untuk ruang lebar yang diperlukan adalah selebar kereta dan karena
monorel ini dibuat diatas jalan, maka hanya membutuhkan ruang yang tidak
terlalu besar untuk memasang tiang-tiang penyangga.
2. Monorel terlihat lebih ringan daripada kereta konvenional
dengan rel terelevasi dan hanya menutupi sebagian kecil langit.
3. Tidak sebising kereta konvensional ketika beroperasi. Hal
tersebut disebabkan kereta monorel ini menggunakan roda karet yang berjalan di
rel yang terbuat dari beton.
4. Kereta pada jalur monorel ini dapat menanjak, menurun dan
berbelok lebih cepat apabila dibandingkan dengan kereta konvensional
5. Lebih aman karena dengan kereta yang memegang rel, maka
resiko kereta tersebut dapat terguling atau tergelincir jauh lebih kecil
karena kereta membungkus jalur. Selain itu resiko kereta menabrak pejalan kaki
juga minim.
6.
Mengenai
biaaya perawatan dan pembangunan, kereta monorel jauh lebih murah dibandingkan
dengan kerea konvenional.
D.
KEKURANGAN MONOREL
1. Kereta monorel apabila dibandingkan dengan kereta
konvensional terasa lebih memakan tempat
2. Dalam kondisi darurat, penumpang kereta monorel tidak dapat langsung
dievakuasi karena tidak ada jalan keluar kecuali di stasiun
3. Kapasitas kereta monorel masih dipertanyakan
4. Pada kereta monorel, sangat sulit untuk membuat jalur
persimpangan
5. Mengenai pembangunan infrastruktur monorel sering dibuat oleh
produsen yang berbeda, sehingga terkadang terdapat beberapa komponen yang tidak
kompatible.
E.
DAFTAR
SEBAGIAN DARI SISTEM MONOREL DI NEGARA
Sistem monorel telah dibangun di banyak negara di
dunia, banyak di antaranya adalah rel tinggi melintasi wilayah ramai yang mungkin
akan membutuhkan pembangunan jalur bawah tanah yang mahal atau kerugian dari
jalur atas tanah.
Monorel Kebun Binatang Ueno membawa penumpang
di dalam kebun binatang di Tokyo.
1.
Asia
·
Jepang telah
menggunakan monorel untuk transit cepat di
tujuh kota, termasuk Tokyo dan Osaka - Monorel Tokyo membawa sekitar 100 juta
penumpang setiap tahunnya. Lihat monorel di Jepang.
·
Kereta Maglev Shanghai di Shanghai, Cina -
Selesai pada 2004, kereta Maglev Shanghai adalah
monorel komersial pertama yang menggunakan tekonologimaglev berdasarkan
teknologi maglev Transrapid dari Jerman
·
Sentosa, Singapura -
Ditutup Maret 2005. Akan digantikan dengan sistem monorel baru yang
berkapasitas lebih besar, Sentosa Express.
2. Eropa
·
Jerman -
Terdapat sebuah monorel gantung di Wuppertal, Schwebebahn Wuppertal yang
beroperasi sejak 1901 dan Schwebebahn Dresden di Dresden juga
menggunakan sistem yang sama.
·
Listowel, Irlandia merupakan
lokasi monorel komersial pertama dengan nama Lartigue yang
diambil dari nama Charles Latigue yang membangun monorel tersebut pada 1888.
3. Amerika
Utara
Monorails bisa ditemukan di tempat berikut di Amerika
Utara:
·
Walt Disney World di Orlando, Florida -
salah satu yang dikenal sebagai yang terbaik di dunia, melayani lebih dari lima
juta penumpang setiap tahun.
·
Disneyland di Anaheim, California - dikenal sebagai "yang
pertama yang beroperasi secara harian di Western Hemisphere
·
Seattle, Washington - monorel pendek (Seattle Center Monorail) dibangun
untuk proyek Century 21 Exposition pada 1962
·
Miami Metromover di Miami, FL ,
sebuah sistem monorel terotomatisasi yang menghubungkan ke daerah pusat kota.
4.
Amerika Selatan dan Australia
·
Sydney, Australia sebenarnya
merancang monorail ini sebagai transportasi massal,tetapi kemudian menjadi
salah satu fasilitas yang disenangi dalam pariwisata.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Monorail atau Monorel
yang memiliki arti satu rel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang
terdiri dari rel tunggal. Sementara kereta biasa atau konvensional memiliki dua
rel paralel. Rel kereta monorel sendiri terbuat dari beton dan untuk roda
keretanya terbuat dari karet, sehingga suara kereta api monorel tidak akan
sebising kereta api konvensional. Tidak hanya itu, dalam monorel biasanya jalur
keretanya ditempatkan di atas tiang-tiang, jadi monorel tidak akan memakan atau
mempersempit jalur jalanan lainnya.
Monorel ini sendiri
pertama kali dibuat di Russia pada tahun 1820 oleh Ivan Elmanov. Namun seiring
perkembangan dari tahun ke tahun sampai saat ini, monorel dijalankan oleh mesin
elektronik.
B.
SARAN
Penulis menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari sempurna. Maka penulis mohon kritik dan saran guna perbaikan
untuk masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.scribd.com/doc/174720357/monorail-docx#scribd
Post a Comment for "Monorail"