Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Jantung

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Jantung merupakan organ dalam tubuh yang sangat penting.  Penyakit jantung  termasuk pembunuh nomer satu di dunia banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk penyembuhan penyakit ini, selain dengan cara penanganan medis penyakit jantung ini bisa di sembuhkan dengan cara yang alami tanpa perlu mengeluarkan banyak uang asal kita sabar dan telaten mengikuti langkah-langkah yang akan saya tulis di bawah ini, penyakit jantung terbagi menjadi beberapa macam seperti : jantung koroner, jantung rematik, jantung hipertensif dan jantung bawaan yang di akibatkan kelainan paru.
Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan banyak menimbulkan kematian kepada penderitanya. Tak jarang, si penderita terlambat mengetahui bahwa dia menderita penyakit jantung sehingga terlambat untuk diatasai. Untuk itu, mengetahui gejala penyakit jantung perlu anda ketahui agar bisa segera dilakukan tindak pengobatan secepatnya.
Agar kesehatan tubuh tetap terjaga maka wajib juga kita menjaga kesehatan jantung. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, tentu seseorang harus melakukan usaha seperti menjalankan pola hidup sehat dan menghindari hal-hal yang berbahaya untuk jantung. penyakit ini merupakan empat penyakit tidak menular yang paling banyak menyebabkan kematian selain kanker, diabetes, dan paru kronis. Untuk mengantisipasinya kita perlu mengetahui jenis-jenis penyakit jantung, gejala, dan penyebabnya agar jantung kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit ini.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN PENYAKIT JANTUNG
Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal-hal tersebut antara lain Otot jantung yang lemah (kelainan bawaan sejak lahir) dan atau adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri, oleh karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih di dalam kandungan. Hal ini menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur.
Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, entah itu orang tua, anak kecil, pria maupun wanita. Dari semua golongan manusia dapat terserang penyakit jantung. Pada umumnya penyakit jantung timbul karena pola hidup yang kurang sehat sehingga memicu timbulnya penyakit ini, selain itu ada juga beberapa penyakit yang dapat berdampak pada kesehatan jantung pula.
Pengertian penyakit jantung dan serangan jantung adalah berbeda. Kalau serangan jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, dan sering disebut gagal jantung. Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utamanya biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, oleh karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras, entah oleh karena lemak dan kolesterol, ataupun oleh karena zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa) yang banyak ditemui dalam obat-obat seperti Decolgen, dan nikotin.


B.     FAKTOR PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG
Berbagai macam diagnosisi telah dikemukakan pengenai penyebab terjadinya penyakit jantung. Dari mulai faktor genetik, gaya hidup yang tidak sehat, dan berbagai macam faktor lain. Berikut ini beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit jantung. 
1.      Faktor Usia dan Jenis kelamin
Mengapa faktor usia dan kelamin memengaruhi terjadinya penyakit jantung? Usia 50 tahun bagi seorang pria merupakan usia yang rentan terserang penyakit jantung. Pada usia ini wanita lebih sedikit yang terserang jantung akan tetapi ketika sudah mengalami menopause resiko serangan jantung lebih besar terhadap wanita karena hormon estrogen yang bersifat melindungi sudah mulai berkurang.

2.      Faktor Keturunan Dari Keluarga
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika terdapat riwayat gangguan jantung dalam keluarga baik dari keluarga wanita atau keluarga pria, keturunan mereka lebih cenderung mempunyai penyakit jantung juga.

3.      Faktor Perokok Aktif atau Perokok Pasif
Rokok merupakan penyebab penyakit jantung sangat tinggi. Merokok mempunyai angka 20 persen dari semua kematian karena penyakit jantung. Para perokok juga harus bertanggung jawab bagi orang yang tidak merokok tetapi ikut menghisap asap rokok mereka. Karena orang-orang yang tidak merokok dapat memiliki tambahan resiko penyakit serangan jantung karena asap rokok tersebut. 



4.      Faktor Penyakit Diabetes (kencing manis)
Sudah jamak kita ketahui bahwa penderita penyakit diabetes dapat mengalami penyakit jantung akibat komplikasi. Para penderita diabetes harus memperhatikan kesehatan karena bisa berdampak sebagai penyebab penyakit jantung.

5.      Faktor Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)
Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.

6.      Faktor Kegemukan atau Obesitas
Kelebihan berat meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan jumlah lemak. Kegemukan menyebabkan sesorang mudah terserang diabetes. Diabetes kemudian akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

7.      Faktor Gaya hidup kurang Olah Raga
Orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaan dan lupa akan olahraga mempunyai kecenderungan yang lebih besar untuk terserang penyakit jantung. Maka dari itu, biasakanlah untuk berolahraga secara rutin setelah bekerja aktif. Hal ini disebabkan karena olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa dan dapat menurunkan kadar kolesterol 

8.      Stres / Emosi berlebihan
Berdasarkan penelitian, stres dapat menyebabkan penyempitan arteri dan ini menurunkan aliran darah. Penyempitan yang berarti bahkan dapat terlihat pada arteri yang terkena penyakit ringan. Penelitian lain mengatakan bahwa stres berat dapat menyebabkan pecahnya dinding arteri yang memicu serangan jantung.

C.    GEJALA SERANGAN JANTUNG
Serangan jantung bisa menyerang siapa saja. Tetapi karena cenderung yang terkena serangan jantung kebanyakan pria, maka sering kali penyakit satu ini agak diabaikan oleh kaum wanita. Berikut ini beberApa gejala-gejala awal serangan jantung.
1. Kesulitan bernafas
2. Lemas tanpa alasan
3. Sulit tidur
4. Gangguan pencernaan
5. Mual dan muntah
6. Sebagian tubuh terasa tidak nyaman

D.    JENIS-JENIS PENYAKIT JANTUNG
Ada 50 lebih jenis penyakit jantung yang mengancam bagi mereka yang memiliki pola hidup dan makan yang tidak sehat. Berwaspadalah tehadap penyakit jantung. Lebih baik Anda mencegah penyakit jantung dari pada Anda mengobati penyakit jantung. Karena resiko orang yang terkena penyakit jantung hampir bisa dipastikan lebih banyak yang berujung dengan kematian apabila tidak ditangani dengan cepat..
1.      Gagal Jantung
Gagal Jantung atau Heart Failure adalah keadaan dimana jantung tidak bisa memasok aliran darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan berpotensi mematikan. Penyakit jantung jenis ini memiliki gejala antara lain: pembengkakan pada kaki dan tangan, penambahan atau pengurangan berat badan sebelum terjadi pembengkakan karena kelebihan cairan, nafas pendek, kelelahan yang terus menerus, angina atau ketidaknyamanan pada dada dan lengan karena penyumbatan arteri koroner.

2.      Heart Valve Disease
Heart Valve Disease atau masalah pada katup jantung adalah keadaan dimana salah satu atau lebih katup jantung tidak bekerja dengan baik. Dalam beberapa kasus, orang-orang terlahir dengan masalah pada katup jantung sedangkan beberapa orang mendapatkan kelainan pada katup di masa hidupnya. Ada tiga jenis penyakit katup jantung: kebocoran, penyempitan, dan katup tanpa lubang. Tidak ada obat untuk kelainan pada katup jantung kecuali operasi. Tetapi bagi Anda yang tidak memiliki penyakit ini dari lahir, menjaga pola makan dan pola hidup adalah kunci untuk terbebas dari penyakit ini.

3.      Aritmia
Ini adalah jenis penyakit jantung yang mengganggu yakni gangguan irama atau detak jantung. Detak jantung bisa lebih cepat, lebih lambat, dan tidak teratur. Faktor utama penyakit aritmia adalah kurangnya kalsium dalam tubuh dan terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung. Penyumbatan pembuluh darah jantung yang juga berefek pada detak jantung yang tidak normal akan berakibat pada serangan jantung. Selain 2 hal tersebut penyebab aritmia lainnya adalah diabetes, tekanan darah tinggi, merokok, kafein, alkohol, stres, kematian otot jantung, penyalahgunaan obat, dan terlalu aktifnya kelenjar thyroid.

4.      Perikarditis
Jenis penyakit jantung ini adalah peradangan pada kantung jantung atau pericardium sehingga menimbulkan penimbunan cairan dan penebalan. Peradangan ini disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab yang umum adalah infeksi virus dan terapi penyinaran untuk kanker payudara. Gejala yang timbul akibat perikarditis adalah sesak nafas, batuk, tekanan darah tinggi, dan kelelahan akibat kerja jantung menjadi tidak efisien. Penyakit jantung ini bisa didiagnosa melalui MRI atau kateterisasi jantung.

5.      Penyakit Jantung Koroner
Penyakit jantung koroner disebabkan oleh lapisan lemak atau kolesterol di dinding nadi yang menyumbat pembuluh darah. Akibat dari penyumbatan oleh lapisan lemak dan kolesterol ini adalah terganggunya proses suplai darah dari dan ke jantung. Ketika darah tersumbat akibat lapisan lemak maka inilah yang disebut serangan jantung. Lapisan lemak dan kolesterol di dinding nadi diakibatkan oleh kecanduan rokok, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Jika seseorang merasakan gejala-gejala seperti nyeri di dada bagian tengah yang menjalar hingga ke lengan kiri dan leher bahkan sampai ke punggung, keringat dingin, dan rasa mual berarti orang tersebut kemungkinan menderita penyakit jantung koroner.

E.     PENCEGAHAN PENYAKIT JANTUNG

Penyakit jantung koroner mungkin masih bisa dicegah, namun untuk penyakit jantung genetik belum diketahui cara pencegahannya. Penyakit jantung kororner dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan merawat jantung kita dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa hal yang mungkin dapat dilakukan guna mencegah penyakit jantung koroner antara lain:

1.      Mengurangi makanan berkolesterol tinggi

2.      Hindari merokok

3.      Jangan sering merasa stress

4.      Berolahraga dengan teratur

5.      Mengkonsumsi makanan yang ber antioksidan tinggi

6.      Menjaga berat badan (Hindari Obesitas)

 

F.     PERAWATAN PENYAKIT JANTUNG

Ketika didagnosa mengidap penyakit jantung, maka itu bukanlah akhir dari segalanya. Diagnose yang diberikan oleh dokter sekaligus adalah nasehat agar anda senantiasa menjaga kesehatan jantung anda. Menurut data serta berbagai penelitian yang dilakukan di seluruh dunia, sekitar 90% penyakit jantung dapat dicegah dengan cara merubah gaya hidup. Perawatan bagi penderita penyakit jantung juga harus termasuk melakukan diet sehat, olahraga teratur serta konsumsi obat penurun tekanan darah, kolesterol maupun TSH. Meski fakta bahwa penyakit jantung termasuk salah satu jenis penyakit yang telah merenggut banyak korban tetap tidak dapat dielakkan, namun sejatinya dengan penanganan yang tepat penderita penyakit jantung masih dapat melakukan berbagai aktivitas seperti biasa tanpa harus merasakan khawatir berlebihan.

Berikut adalah petunjuk perawatan bagi penderita penyakit jantung menurut para ahli kesehatan;

1.      Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat
2.      Ubahlah gaya hidup anda menjadi lebih sehat dan jangan lupa untuk berhenti merokok dan hindari minuman beralkohol serta menghindari stress.
3.      Mengkonsumsi makanan yang dianjurkan
Penderita penyakit jantung harus menghindari sumber makanan yang mengandung terlalu banyak lemak. Lemak sejatinya adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh sel – sel di dalam tubuh. Ada 3 jenis asam lemak, yakni jenuh, tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh majemuk. Ketiganya akan menjadi satu untuk membentuk trigliserida. Semakin banyak atom hydrogen yang ada pada rangkaian molekul lemak maka akan semakin jenuh lemak tersebut. Penderita penyakit jantung harus menghindari sumber makanan yang mengandung asam lemak jenuh.
1.      Pangkas karbohidrat: Sangat penting untuk mengurangi asupan karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks seperti beras putih atau menggantinya dengan kabohidrat sederhana seperti gandum utuh maupun beras merah untuk mencegah kegemukan.
2.      Kurangi asupan gula: Penyakit gula dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Oleh karenanya sangat penting untuk menekan keseimbangan kadar gula di dalam darah.
3.      Olahraga teratur: Penderita penyakit jantung wajib berolahraga, namun dalam jumlah yang dianjurkan.



BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal-hal tersebut antara lain Otot jantung yang lemah (kelainan bawaan sejak lahir) dan atau adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri, oleh karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih di dalam kandungan. Hal ini menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur.
Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, entah itu orang tua, anak kecil, pria maupun wanita. Dari semua golongan manusia dapat terserang penyakit jantung. Pada umumnya penyakit jantung timbul karena pola hidup yang kurang sehat sehingga memicu timbulnya penyakit ini, selain itu ada juga beberapa penyakit yang dapat berdampak pada kesehatan jantung pula.
Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utamanya biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, oleh karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras, entah oleh karena lemak dan kolesterol, ataupun oleh karena zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa) yang banyak ditemui dalam obat-obat seperti Decolgen, dan nikotin.

B.     SARAN



DAFTAR PUSTAKA
Muhamad Ardiansyah. 2012. Medikal Bedah Untuk Mahasiswa. Diva press: Jogyakarta.
J Corwin, Elizabeth.Buku Saku Patofisiologi.EGC.
Juni, Wajan. Keperawatan Kardiovaskuler. Salemba Medika.
Brasher.Aplikasi Klinis Patofisiologis Pemeriksaan dan Manajemen, edisi 2. EGC
          (Diakses pada hari senin tanggal27 Oktober 2014 pukul 11.00 WIB)


Post a Comment for "Penyakit Jantung"