Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Maklah teknologi adminitrasi dan produk bank mandiri


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote. Kata bank berasal dari bahasa italia banca berarti tempat penukaran uang. Sedangkan menurut undang-undang perbankan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
Industri perbankan telah mengalami perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir. Industri ini menjadi lebih kompetitif karena deregulasi peraturan. Saat ini, bank memiliki fleksibilitas pada layanan yang mereka tawarkan, lokasi tempat mereka beroperasi, dan tarif yang mereka bayar untuk simpanan deposaN.
Secara umum fungsi bank adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat untuk berbagai tujuan atau sebagai financial intermediary. Secara lebih spesifik bank dapat berfungsi sebagai agent of trust, agen of development, agen of servies.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa itu teknologi administrasi?
2.      Apakah produk-produk bank mandiri?


BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN TEKNOLOGI ADMINISTRASI
Istilah administrasi berasal dari bahasa latin yaitu “Ad” dan “ministrate” yang artinya pemberian jasa atau bantuan, yang dalam bahasa Inggris disebut “Administration” artinya “To Serve”, yaitu melayani dengan sebaik-baiknya. Pengertian administrasi dapat dibedakan menjadi 2 pengertian yaitu :
1.      Administrasi dalam arti sempit. Menurut Soewarno Handayaningrat mengatakan “Administrasi secara sempit berasal dari kata Administratie (bahasa Belanda) yaitu meliputi kegiatan cata-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, keti-mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan”(1988:2). Dari definisi tersebut dapat disimpulkan administrasi dalam arti sempit merupakan kegiatan ketatausahaan yang mliputi kegiatan cata-mencatat, surat-menyurat, pembukuan dan pengarsipan surat serta hal-hal lainnya yang dimaksudkan untuk menyediakan informasi serta mempermudah memperoleh informasi kembali jika dibutuhkan.
2.      Administrasi dalam arti luas. Menurut The Liang Gie mengatakan “Administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu”(1980:9). Administrasi secara luas dapat disimpulkan pada dasarnya semua mengandung unsur pokok yang sama yaitu adanya kegiatan tertentu, adanya manusia yang melakukan kerjasama serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Pendapat lain mengenai administrasi dikemukan oleh Sondang P. Siagian mengemukakan “Administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara 2 orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya” (1994:3). Berdasarkan uraian dan definisi tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa administrasi adalah seluruh kegiatan yang dilakukan melalui kerjasama dalam suatu organisasi berdasarkan rencana yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan.
Teknologi merupakan bagian dari usaha untuk meningkatkan produk atau pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Hal ini tiada lain karena teknologi merupakan mekanisme sekaligus sarana dalam usaha meningkatkan produktifitas melalui perbaikan sistem produksi dan pelayanan. Terkait dengan pelayanan, lucas (dalam Dr.Akadun 2009,115) mengatakan bahwa teknologi adalah "seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan pemrosesan informasi".
Suatu sistem teknologi informasi baik itu dalam hal pelayanan administrasi dan sebagainya, pada dasarnya tidak hanya mencakup hal-hal bersifat fisik, seperti komputer dan printer, akan tetapi mencakup hal-hal yang tidak terlihat secara fisik, seperti software dan yang lebih penting lagi adalah manusianya. Karena itu, menurut kadir dan triwahyuni (dalam Dr.Akadun 2009,115)
"komponen utama sistem teknologi informasi adalah perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan orang (brainware)". Hal yang Senada juga dikemukakan oleh Technology Atlas Project (dalam Dr.Akadun 2009:11) menyatakan: "teknologi terdiri dari perangkat keras (hardware), organisasi (orgaware),informasi (infoware) serta manusianya (humanware)" 
 Menelaah dari kedua pendapat ini, maka manusia merupakan bagian dari teknologi danorganisasi sebagai wadah untuk pengaplikasian teknologi tersebut. Perpaduan dari tiga unsur ini,yakni: manusia, perangkat dan organisasi untuk memperoleh informasi sebagai unsur tujuan. Dalam suatu organisasi, teknologi didefinisikan sebagai kemampuan mengenali masalah-masalah teknis dan mengekploitasi konsep - konsep yang dapat memecahkan masalah teknis yang ada. Sejalan dengan konsep pengenalan masalah teknis di tubuh organisasi, Autioe & Leimanen (dalam Lena&lina anatan 2008, 155) mengatakan bahwa "teknologi merupakan peralatan atau perangkat seperti equipment, software, dan hardware yang digunakan untuk memecahkan masalah operasional secara efektif dalam suatuorganisasi" 
Dengan kata lain,teknologi mengacu pada kegiatan operasional organisasi yang memiliki visi dan misi, untuk setiap kegiatan dan pengumpulan data dan informasi secara efektif, terakselerasi cepat, dan digunakan sebagai pendukung dalam kegiatan operasional organisasi dan sub-sistem organisasi. Teknologi perlu dikembangkan, baik itu di lingkungan organisasi maupun bisnis. Alasannya, karena teknologi merupakan ilmu pengetahuan terapan, jika tidak diterapkan tidak akan memberikan manfaat.

B.     Produk Bank Mandiri
1.      Mandiri Tabungan
Produk tabungan dalam mata uang Rupiah dengan suku bunga yang kompetitif. Rekening ini memberikan berbagai pilihan akses yaitu melalui ATM, kantor cabang Mandiri, internet banking (Mandiri Internet), phone banking 24 jam (Mandiri Call) serta melalui SMS (Mandiri SMS). Anda juga dapat melakukan transaksi perbankan pada hari Sabtu atau Minggu dengan adanya layanan Weekend Banking di beberapa cabang. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur menarik, seperti layanan auto debet untuk tagihan rutin bulanan Anda, Automatic Fund Transfer (AFT) untuk pengiriman dana rutin secara otomatis, undian Mandiri Fiesta yang memberikan hadiah-hadiah terbesar dan dilakukan secara rutin, serta kartu Mandiri Debit yang dapat digunakan untuk bertransaksi di seluruh ATM Mandiri, ATM Bersama, ATM Prima, ATM Link dan ATM Visa di seluruh dunia.
Dengan memiliki rekening Mandiri Tabungan, Anda dapat membuka rekening Mandiri Tabungan Rencana, yaitu produk tabungan dalam Rupiah atau US Dollar yang menggunakan sistem setoran wajib bulanan dan memberikan suku bunga yang lebih tinggi, dilengkapi dengan perlindungan asuransi untuk rencana keuangan masa depan Anda.

2.      Mandiri Giro
Keuntungan
Jasa Giro yang Progresif dan Kompetitif
·         Dengan sistem bunga harian yang progresif dan kompetitif, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jasa giro yang lebih besar. Kemudahan
·         Penyetoran dan penarikan dapat dilakukan di semua kantor cabang Bank Mandiri.
·         Mandiri Giro dengan Cek dan Bilyet Giro Bank Mandiri, transaksi bisnis Anda menjadi lebih mudah.
·         Kemudahan bertransaksi melalui Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri Call, dan Mandiri Internet (khusus rekening Mandiri Giro perorangan).

Kenyamanan Bertransaksi
·         Dengan fasilitas jaringan lebih dari 4.100 Mandiri ATM dan 5.000 ATM Link yang tersebar luas, Anda tidak perlu lagi mengantri panjang di kantor cabang untuk melakukan transaksi perbankan Anda.
·         Dukungan lebih dari 1000 kantor cabang Bank Mandiri online yang tersebar di seluruh nusantara memberikan Anda lebih banyak keleluasaan untuk melakukan transaksi perbankan yang Anda kehendaki. Fasilitas

3.      Mandiri Deposito
Untuk memastikan uang Anda diinvestasikan di tempat yang aman dan terpercaya sekaligus menguntungkan, Mandiri Deposito Rupiah adalah pilihan yang tepat dan dapat diandalkan.
Keuntungan
Suku Bunga yang Kompetitif
·         Suku bunga Mandiri Deposito yang kompetitif menjadikan investasi Anda lebih cepat berkembang.
·         Bunga dihitung berdasarkan jumlah hari sebenarnya (1 tahun dihitung 365 hari).

Fleksibilitas Tinggi
·         Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu: 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.
·         Bebas memperpanjang deposito secara otomatis (Automatic Roll Over /ARO).
·         Anda dapat memilih untuk menginvestasikan kembali bunga deposito ke pokok deposito atau ditransfer ke rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan yang dapat ditarik setiap saat.
·         Bunga Deposito dapat diterima di muka, sehingga Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang Anda ingin tempatkan pada Mandiri Deposito Rupiah.
·         Dapat dibuka atas nama 2 orang pribadi (joint account).

Terpercaya
·         Bank Mandiri yang telah dikenal luas, memberikan simbol bonafiditas pribadi Anda dengan memiliki Mandiri Deposito.

4.      Mandiri Debet
Mandiri debit adalah fasilitas kartu dari rekening Mandiri Tabungan / Giro Rupiah Perorangan yang memberikan keleluasaan, kenyamanan dan keuntungan bertransaksi. Mandiri debit digunakan untuk bertransaksi di ATM, di toko /merchant (mesin EDC) dan di seluruh Cabang Bank Mandiri. mandiri debit menemani setiap aktivitas Anda, nikmati kemudahan transaksi kapanpun dan dimanapun
Kemudahan Berbelanja di Seluruh Dunia
Nikmati kenyamanan transaksi pembayaran belanja dengan menggunakan mandiri debit, diterima di lebih dari 110 ribu merchant di Indonesia dan 22 juta merchant di seluruh dunia yang berlogo Visa / Visa Electron melalui fasilitas debit langsung dari rekening.


5.       Mandiri Pra Bayar
Mandiri Prabayar adalah kartu prabayar contactless/nirsentuh yang di terbitkan oleh Bank Mandiri. Salah satu jenis kartu prabayar yang diterbitkan oleh Bank Mandiri bekerjasama dengan Pertamina yang digunakan untuk bertransaksi di SPBU dan merchant lainnya.

6.      Mandiri Kredit
Adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, pendirian proyek baru dan atau kebutuhan khusus terkait investasi.
Fitur Kredit :
·         Limit kredit di atas Rp. 100 juta s.d Rp. 10 Milyar
·         Kredit diberikan dalam valuta Rupiah
·         Jangka waktu lebih dari 1 (satu) tahun
Persyaratan kredit :
·         Dokumen legalitas pemohon, misalnya: KTP, kartu keluarga, Akte Pendirian Perusahaan
·         Dokumen legalitas usaha, misalnya: NPWP, SIUP, SITU, TDP atau SKDU
·         Proposal proyek
7.      Mandiri Prioritas
Merupakan layanan perbankan dengan beragam kemudahan dan fasilitas dari Bank Mandiri yang ditujukan untuk nasabah utama/primanya
Adapun layanan yang diberikan adalah :
·         Wealth Management
Wealth Management yaitu layanan eksklusif kepada nasabah Prioritas dalam memberikan solusi terpadu pengelolaan dana Nasabah secara optimal untuk rencana keuangan jangka pendek, menengah maupun panjang.
·         Pelayanan khusus
Pelayanan khusus berupa weekend banking, program apresiasi serta edukasi, bebas Safe Deposit Box (SDB), majalah bisnis dan lifestyle, dan lain-lain.



BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Istilah administrasi berasal dari bahasa latin yaitu “Ad” dan “ministrate” yang artinya pemberian jasa atau bantuan, yang dalam bahasa Inggris disebut “Administration” artinya “To Serve”, yaitu melayani dengan sebaik-baiknya. Pengertian administrasi dapat dibedakan menjadi 2 pengertian yaitu :
1.      Administrasi dalam arti sempit. Menurut Soewarno Handayaningrat mengatakan “Administrasi secara sempit berasal dari kata Administratie (bahasa Belanda) yaitu meliputi kegiatan cata-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, keti-mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan”(1988:2). Dari definisi tersebut dapat disimpulkan administrasi dalam arti sempit merupakan kegiatan ketatausahaan yang mliputi kegiatan cata-mencatat, surat-menyurat, pembukuan dan pengarsipan surat serta hal-hal lainnya yang dimaksudkan untuk menyediakan informasi serta mempermudah memperoleh informasi kembali jika dibutuhkan.
2.      Administrasi dalam arti luas. Menurut The Liang Gie mengatakan “Administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu”(1980:9). Administrasi secara luas dapat disimpulkan pada dasarnya semua mengandung unsur pokok yang sama yaitu adanya kegiatan tertentu, adanya manusia yang melakukan kerjasama serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

B.     SARAN
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Maka penulis mohon kritik dan saran guna perbaikan untuk masa yang akan datang.


DAFTAR PUSTAKA
http://www.scribd.com/doc/93749229/Teknolgi-Administrasi-Bank


Post a Comment for "Maklah teknologi adminitrasi dan produk bank mandiri"