Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Elemen primer

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya. Atau menurut pengertian lainnya, Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Listrik memungkinkan terjadinya banyak fenomena fisika yang dikenal luas, seperti petir, medan listrik, dan arus listrik. Listrik digunakan dengan luas di dalam aplikasi-aplikasi industri seperti elektronik dan tenaga listrik.
Listrik memberi kenaikan terhadap empat gaya dasar alami (gaya gravitasi, gaya elektromagnetisme, gaya nuklir lemah dan gaya nuklir kuat). "Jumlah listrik" juga dikenal dengan istilah "Muatan Listrik" atau "Jumlah Muatan". Ada dua jenis muatan listrik: positif dan negatif. Melalui eksperimen, muatan-sejenis saling menolak dan muatan-lawan jenis saling menarik satu sama lain.
Jika listrik mengalir melalui bahan khusus, misalnya dari wolfram dan tungsten, cahaya pijar akan dipancarkan oleh logam itu. Bahan-bahan seperti itu dipakai dalam bola lampu (bulblamp atau bohlam). Setiap kali listrik mengalir melalui bahan yang mempunyai hambatan, maka akan dilepaskan panas. Semakin besar arus listrik, maka panas yang timbul akan berlipat. Sifat ini dipakai pada elemen setrika dan kompor listrik.
Aliran listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif. Dengan listrik arus searah jika kita memegang hanya kabel positif (tapi tidak memegang kabel negatif), listrik tidak akan mengalir ke tubuh kita (kita tidak terkena strum). Demikian pula jika kita hanya memegang saluran negatif.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu elemen primer?
2.      Apakah macam-macam elemen primer?




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Elemen Primer Menurut Para Ahli
Elemen primer Adalah sumber arus listrik yang tidak dapat diisi ulang bila muatan listriknya muatan. Contoh elemen primer adalah Elemen kering [batu baterai]
§  Menurut Agung Wijaya, Listrik adalah kebutuhan primer manusia
§  Menurut Joyce James, Colin Baker,dan Helen swain, Listrik adalah Aliran atau pergerakan elektron-elektron adalah partiket bermuatan negatif yang di temukan pada suatu atom.
§  Menurut Gatut Susanto,dan Sasi Agustoni, Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel atau penghantar lainnya.
§  Menurut Heinz Frick, dan Pujo L, Listrik adalah energi yang dapat diubah menjadi energi lain,seperti menghasilkan Panas , Cahaya , Kimia , Gerak (mekanik).
§  Menurut Hasan Amrin Listrik adalah suatu bentuk energi dan listrik hanya salah satu dari banyak bentuk energi
§  Menurut Aip Saripudin Listrik merupakan energi yang paling banyak dimanfaatkan manusia
§  Menurut Mikrajudin Listrik merupakan salah satu bentuk energi. Selain BBM, listrik telah menjadi bentuk energi terpenting bagi kehidupan kita
§  Menurut thomasnet.com Listrik merupakan bentuk energi yang mudah diubah menjadi berbagai macam energi sehingga energi listrik banyak digunakan oleh manusia

B.     Macam-macam Contoh Elemen Primer
Berdasarkan kemampuannya memberikan gaya gerak listrik, sumber arus listrik dibedakan menjadi elemen primer dan elemen sekunder. Baterai yang digunakan oleh jam dinding merupakan elemen primer.
Elemen primer merupakan sebuah sumber arus listrik. Elemen primer merupakan sumber arus listrik yang bersifat sekali pakai. Artinya jika sumber arus tersebut sudah habis energinya, kamu tidak dapat mengisi elemen primer. Kamu harus mengganti sumber arus listrik tersebut dengan sumber arus yang baru.
1.      Baterai
Tahukah kamu mengapa baterai dapat memberikan arus listrik? Baterai merupakan elemen kering. Jika kamu amati, baterai memiliki dua kutub yaitu kutub positif dan kutub negatif.
Kutub positif baterai berupa batang karbon yang dibenamkan ke dalam campuran mangan dioksida (MnO2) dan amonium klorida (NH4Cl). Kutub negatif baterai adalah lapisan paling luar yang terbuat dari seng (Zn).
Pengertian dan Macam-macam Contoh Elemen Primer (Baterai, Elemen Volta dan Elemen Daniell)
Gambar 2.1 : Contoh Elemen Kering

Gambar di atas adalah gambar baterai yang mempunyai kutub positif dan kutub negatif. Campuran mangan dioksida berfungsi sebagai zat pelindung elektrolit.
Di antara lapisan paling luar yaitu seng berfungsi sebagai kutub negatif dan campuran mangan dioksida terdapat pasta amonium klorida yang berfungsi sebagai elektrolit.
Di antara kutub positif dan kutub negatif ini terdapat beda potensial. Beda potensial inilah yang menyebabkan baterai tersebut dapat mengalirkan arus listrik jika dipasangkan secara benar dalam sebuah rangkaian.
Suatu saat, karbon dan elektrolit dari baterai akan habis sehingga baterai tersebut tidak dapat menghasilkan arus listrik. Baterai termasuk sumber arus listrik yang tidak dapat diisi ulang.
Dengan adanya arus listrik ini, kamu akan dipermudah memperoleh sumber energi listrik yang dapat dibawa ke mana-mana, sehingga akan lebih mudah dan praktis. Baterai masih banyak digunakan pada jam dinding, radio, lampu senter, dan sebagainya.
Penyempurnaan dari sel seng karbon adalah baterai alkalin. Ukuran, bentuk, dan tegangannya mirip dengan sel seng karbon, tetapi jika digunakan dalam suatu peralatan, sel alkalin dapat bertahan enam atau tujuh kali lebih lama dibanding sel seng karbon biasa.
Dalam sel alkalin mengandung elektrolit larutan kalium hidroksida. Pelat logamnya terbuat dari nikel dan senyawa kadmium.
2.      Elemen Volta
Elemen volta ini kali pertama ditemukan oleh Alessandro Volta (1745 – 1827) seorang ahli Fisika berkebangsaan Italia.
Elemen volta adalah sel elektrokimia yang dapat menghasilkan arus listrik. Gambar di bawah ini memperlihatkan sebuah elemen volta.
Pengertian dan Macam-macam Contoh Elemen Primer (Baterai, Elemen Volta dan Elemen Daniell)
Gambar 2.2: (a) Diagram elemen Volta, (b) Beda Potensial yang dihasilkan oleh elemen volta

Elemen volta terdiri atas tabung kaca yang berisi larutan asam sulfat (H2SO4) dan sebagai anoda adalah logam Cu (tembaga) sedangkan kutub negatif adalah Zn (seng).
Jika elektroda-elektroda seng dan tembaga dimasukkan ke dalam larutan asam sulfat, akan terjadi reaksi kimia yang menyebabkan lempeng tembaga bermuatan listrik positif dan lempeng seng bermuatan listrik negatif.
Hal ini menunjukkan bahwa lempeng tembaga memiliki potensial lebih tinggi daripada potensial lempeng seng. Elektron akan mengalir dari lempeng seng menuju lempeng tembaga.
Jika kedua lempeng ini dirangkaikan dengan lampu, arus akan mengalir dari lempeng tembaga ke lempeng seng sehingga lampu akan menyala. Namun, aliran arus listrik ini tidak berlangsung lama sehingga lampu akan padam.
Hal ini dikarenakan gelembung-gelembung gas hidrogen yang dihasilkan oleh asam sulfat (H2SO4) akan menempel pada lempeng tembaga. Gelembung gas hidrogen ini akan menghambat aliran elektron. Kamu telah mengetahui bahwa arus listrik adalah aliran elektron-elektron sehingga jika aliran elektron ini terhambat, tidak akan ada arus yang mengalir.
Peristiwa ini disebut polarisasi. Dengan kata lain, polarisasi adalah peristiwa tertutupnya elektroda elemen oleh hasil reaksi yang mengendap pada elektroda tersebut. Namun demikian, ide Volta inilah yang menjadi prinsip dalam pembuatan baterai dan aki.

3.      Elemen Daniell
Pengertian dan Macam-macam Contoh Elemen Primer (Baterai, Elemen Volta dan Elemen Daniell)
Gambar 2.3: Diagram Elemen Daniell

Elemen Daniel ini muncul untuk mengatasi kelemahan elemen Volta. Penemu elemen ini adalah John Daniell pada tahun 1835. Jadi, cara kerja elemen Daniel hampir sama dengan elemen Volta hanya saja pada elemen daniel ada tambahan larutan tembaga sulfat sebagai depolarisator. Depolarisator ini berfungsi sebagai pengikat gas hidrogen yang muncul di lepengan tembaga.  Dengan adanya depolarisator maka alat ini bisa digunakan lebih lama dan mampu menghasilkan GGL kurang lebih sebesar 1 volt.
Cara kerja elemen daniell pada dasarnya sama dengan cara kerja elemen volta. Namun pada elemen daniell ditambahkan larutan tembaga sulfat (CuSO4) untuk mencegah terjadi polarisasi, yang dinamakan depolarisator sehingga usia elemen dapat lebih lama.



BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Elemen primer Adalah sumber arus listrik yang tidak dapat diisi ulang bila muatan listriknya muatan. Contoh elemen primer adalah Elemen kering [batu baterai]
§  Menurut Agung Wijaya, Listrik adalah kebutuhan primer manusia
§  Menurut Joyce James, Colin Baker,dan Helen swain, Listrik adalah Aliran atau pergerakan elektron-elektron adalah partiket bermuatan negatif yang di temukan pada suatu atom.
§  Menurut Gatut Susanto,dan Sasi Agustoni, Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel atau penghantar lainnya.
§  Menurut Heinz Frick, dan Pujo L, Listrik adalah energi yang dapat diubah menjadi energi lain,seperti menghasilkan Panas , Cahaya , Kimia , Gerak (mekanik).

B.     SARAN
Dalam penyusunan makalah ini, masih terdapat banyak kesalahan-kesalahan. Oleh karena itu, kami senantiasa menerima saran dan kritik yang sifatnya membangun.



DAFTAR PUSTAKA

http://muhammad-rengga.blogspot.co.id/2011/10/elemen-primer.html

Post a Comment for "Elemen primer"