Kereta api monerel
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Saat ini sudah banyak
negara di dunia yang menggunakan sistem jalur kereta api monorel, sebut saja
seperti di Jepang, Malaysia, Singapura, Cina, Korea Selatan, Belgia, Jerman,
Italia, Russia, Irlandia, Inggris, Amerika Serikat dan juga Brazil.
Sedangkan di Jakarta,
pembangunan monorel sudah digagas sejak lama, namun hingga saat ini masih
belum jelas. Terkahir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendesak dan mengancam
akan mencabut izin proyek pembangunan monorel di Jakarta dari pihak PT. JM.
sebagai pelaksana pembangunan monorel di Jakarta. Langkah tersebut diputuskan
akan diambil apabila dalam waktu yang telah ditentukan, PT JM ini tidak
melanjutkan kembali proyek pembangunan monorel tersebut.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana asal
usul monorel?
2.
Bagaimana
tipe-tipe monorel?
3.
Bagaimana
kelebihan dan kekurangan monorel?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
ASAL USUL MONOREL
Monorail atau Monorel
yang memiliki arti satu rel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang
terdiri dari rel tunggal. Sementara kereta biasa atau konvensional memiliki dua
rel paralel. Rel kereta monorel sendiri terbuat dari beton dan untuk roda
keretanya terbuat dari karet, sehingga suara kereta api monorel tidak akan
sebising kereta api konvensional. Tidak hanya itu, dalam monorel biasanya jalur
keretanya ditempatkan di atas tiang-tiang, jadi monorel tidak akan memakan atau
mempersempit jalur jalanan lainnya.
Monorel ini sendiri
pertama kali dibuat di Russia pada tahun 1820 oleh Ivan Elmanov. Namun seiring perkembangan
dari tahun ke tahun sampai saat ini, monorel dijalankan oleh mesin elektronik.
B.
TIPE-TIPE MONOREL
Menurut jenisnya, monorel terdapat dua tipe :
1. Tipe Suspended
Tipe
suspended adalah tipe monorel dimana kereta bergantung dan melaju di
bawah rel. Dalam tipe jenis ini, keretanya menggantung karena jalur relnya
berada diatas atau dengan kata lain lebih mirip dengan kereta gantung.
2. Tipe Straddle-beam
Tipe
straddle-beam ini adalah tipe monorel dimana kereta berjalan diatas rel. Tipe
straddle-beam ini memiliki konsep yang sama dengan kereta biasa, dimana kereta
berjalan diatas jalur rel.
C.
KELEBIHAN MENGGUNAKAN MONOREL
Penggunaan monorel
sebagai alat transportasi massal alternatif ini memiliki beberapa keuntungan
dan juga kekurangan, di antaranya :
1. Membutuhkan ruang yang lebih kecil baik vertikal maupun
horizontal. Untuk ruang lebar yang diperlukan adalah selebar kereta dan karena
monorel ini dibuat diatas jalan, maka hanya membutuhkan ruang yang tidak
terlalu besar untuk memasang tiang-tiang penyangga.
2. Monorel terlihat lebih ringan daripada kereta konvenional
dengan rel terelevasi dan hanya menutupi sebagian kecil langit.
3. Tidak sebising kereta konvensional ketika beroperasi. Hal
tersebut disebabkan kereta monorel ini menggunakan roda karet yang berjalan di
rel yang terbuat dari beton.
4. Kereta pada jalur monorel ini dapat menanjak, menurun dan
berbelok lebih cepat apabila dibandingkan dengan kereta konvensional
5. Lebih aman karena dengan kereta yang memegang rel, maka
resiko kereta tersebut dapat terguling atau tergelincir jauh lebih kecil
karena kereta membungkus jalur. Selain itu resiko kereta menabrak pejalan kaki
juga minim.
6.
Mengenai
biaaya perawatan dan pembangunan, kereta monorel jauh lebih murah dibandingkan
dengan kerea konvenional.
D.
KEKURANGAN MONOREL
1. Kereta monorel apabila dibandingkan dengan kereta
konvensional terasa lebih memakan tempat
2. Dalam kondisi darurat, penumpang kereta monorel tidak dapat
langsung dievakuasi karena tidak ada jalan keluar kecuali di stasiun
3. Kapasitas kereta monorel masih dipertanyakan
4. Pada kereta monorel, sangat sulit untuk membuat jalur
persimpangan
5. Mengenai pembangunan infrastruktur monorel sering dibuat oleh
produsen yang berbeda, sehingga terkadang terdapat beberapa komponen yang tidak
kompatible.
E.
DAFTAR
SEBAGIAN DARI SISTEM MONOREL DI NEGARA
Sistem monorel telah dibangun di banyak negara di
dunia, banyak di antaranya adalah rel tinggi melintasi wilayah ramai yang
mungkin akan membutuhkan pembangunan jalur bawah tanah yang mahal atau kerugian
dari jalur atas tanah.
Jalur monorel Tama Toshi, Tokyo,
Jepang
Monorel Kebun Binatang Ueno membawa
penumpang di dalam kebun binatang di Tokyo.
1.
Asia
·
Jepang telah
menggunakan monorel untuk transit cepat di
tujuh kota, termasuk Tokyo dan Osaka - Monorel Tokyo membawa sekitar 100 juta
penumpang setiap tahunnya. Lihat monorel di Jepang.
·
Kereta Maglev Shanghai di Shanghai, Cina -
Selesai pada 2004, kereta Maglev Shanghai adalah
monorel komersial pertama yang menggunakan tekonologimaglev berdasarkan
teknologi maglev Transrapid dari Jerman
·
Sentosa, Singapura -
Ditutup Maret 2005. Akan digantikan dengan sistem monorel baru yang
berkapasitas lebih besar, Sentosa Express.
2. Eropa
·
Jerman -
Terdapat sebuah monorel gantung di Wuppertal, Schwebebahn Wuppertal yang
beroperasi sejak 1901 dan Schwebebahn Dresden di Dresdenjuga
menggunakan sistem yang sama.
·
Listowel, Irlandia merupakan
lokasi monorel komersial pertama dengan nama Lartigue yang
diambil dari nama Charles Latigue yang membangun monorel tersebut pada 1888.
3. Amerika
Utara
Monorails bisa ditemukan di tempat berikut di Amerika
Utara:
·
Walt Disney World di Orlando, Florida -
salah satu yang dikenal sebagai yang terbaik di dunia, melayani lebih dari lima
juta penumpang setiap tahun.
·
Disneyland di Anaheim, California - dikenal sebagai "yang
pertama yang beroperasi secara harian di Western Hemisphere
·
Seattle, Washington - monorel pendek (Seattle Center Monorail) dibangun
untuk proyek Century 21 Exposition pada 1962
·
Miami Metromover di Miami, FL ,
sebuah sistem monorel terotomatisasi yang menghubungkan ke daerah pusat kota.
4.
Amerika Selatan dan Australia
·
Sydney, Australia sebenarnya
merancang monorail ini sebagai transportasi massal,tetapi kemudian menjadi
salah satu fasilitas yang disenangi dalam pariwisata.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Monorail atau Monorel
yang memiliki arti satu rel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang
terdiri dari rel tunggal. Sementara kereta biasa atau konvensional memiliki dua
rel paralel. Rel kereta monorel sendiri terbuat dari beton dan untuk roda
keretanya terbuat dari karet, sehingga suara kereta api monorel tidak akan sebising
kereta api konvensional. Tidak hanya itu, dalam monorel biasanya jalur
keretanya ditempatkan di atas tiang-tiang, jadi monorel tidak akan memakan atau
mempersempit jalur jalanan lainnya.
Monorel ini sendiri
pertama kali dibuat di Russia pada tahun 1820 oleh Ivan Elmanov. Namun seiring
perkembangan dari tahun ke tahun sampai saat ini, monorel dijalankan oleh mesin
elektronik.
B.
SARAN
Penulis menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari sempurna. Maka penulis mohon kritik dan saran guna perbaikan untuk
masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.scribd.com/doc/174720357/monorail-docx#scribd
Post a Comment for "Kereta api monerel"