Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan visual basic

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Visual Basic adalah bahasa pemrograman berbasis Windows. Saat ini, Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman yang terbaik. Visual Basic merupakan pengembangan dari Basic. Basic (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) adalah sebuah bahasa pemrograman “kuno” yang merupakan awal dari bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya. Basic dirancang pada tahun 1950-an dan ditujukan untuk dapat digunakan oleh para programmer pemula. Biasanya Basic diajarkan untuk para pelajar sekolah menengah yang baru mengenal komputer, serta digunakan untuk pengembangan program “cepat saji” yang ringan dan menyenangkan.
Walaupun begitu, peran Basic lebih dari sekedar itu saja. Banyak programer handal saat ini memulai karirnya dengan mempelajari Basic. Sebagai bahasa pemrograman yang mutakhir, Visual Basic didesain untuk dapat memanfaatkan fasilitas Windows, khususnya Windows 95/97/98 dan Windows NT. Visual Basic juga merupakan bahasa pemrograman Object Oriented Programming(OOP), yaitu pemrograman yang berorientasi objek. Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna, dan mudah dipakai. Dengan fasilitas tersebut, membuat Visual Basic menjadi begitu diinginkan oleh programmer.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian visual basic?
2.      Bagaimana memulai visual basic?
3.      Apa saja komponen visual basic?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Mengenal Visual Basic
Bahasa Basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman di dalam bahasa basic dapat dengan mudah dilakukan meskipun oleh orang yang baru belajar membuat program. Hal ini lebih mudah kagi setelah hadirnya Microsoft Visual Basic, yang dibangun dari ide untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan scriptnya (simple scripting language) untuk graphic user interface yang dikembangkan dalam sistem operasi Microsoft Windows. Ledakan pemakaian Visual Basic ditandai dengan kemampuan Visual Basic untuk dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam sistem operasi Windows dengan komponen ActiveX Control. Dengan komponen ini memungkinkan penguna untuk memanggil dan menggunakan semua model data yang ada di dalam sistem operasi windows. Hal ini juga ditunjang dengan teknik pemrograman di dalam Visual Basic yang mengadopsi dua macam jenis pemrograman yaitu Pemrograman Visual dan Object Oriented Programming (OOP).
Visual Basic 6.0 sebetulnya perkembangan dari versi sebelumnya dengan beberapa penambahan komponen yang sedang tren saat ini, seperti kemampuan pemrograman internet dengan DHTML (Dynamic HyperText Mark Language), dan beberapa penambahan fitur database dan multimedia yang semakin baik. Sampai saat buku ini ditulis bisa dikatakan bahwa Visual Basic 6.0 masih merupakan pilih pertama di dalam membuat program aplikasi yang ada di pasar perangkat lunak nasional. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dalam melakukan proses development dari aplikasi yang dibuat.

B.     Memulai Visual Basic
Setelah menginstal program Visual Basic 6.0, kita dapat memulai dengan tombol Start yang ada pada task bar pada Windows. Berikut langkah-langkahnya secara lengkap.
1.      Tekan tombol Start dari Task bar pada Windows.
2.      Pilih All Programs, dan arahkan ke pilihan Microsoft Visual Studio 6.0 dan klik pada pilihan Microsoft Visual Basic 6.0.

Gambar 1.1 Membuka Program Visual Basic 6.0
3.      Setelah berhasil menjalankan Visual Basic untuk yang pertama kalinya, Anda akan melihat tampilan logo Visual Basic 6.0 dan tak lama kemudian akan muncul kotak dialog berikut.
4.      Kotak dialog tersebut meminta konfirmasi kepada Kita untuk memilih tipe proyek yang ingin Kita buat. Dalam hal ini, pilih tipe proyek VB Enterprise Edition Constrols. Tekan tombol Open untuk melanjutkan.

5.      Dengan pemilihan tipe VB Enterprise Edition Controls di atas, seorang pengguna tidak perlu lagi menambahkan komponen – komponen yang diperlukan. Hal itu karena pada tipe proyek tersebut sudah menyediakan komponen-komponen secara lengkap. Tekan tombol Open untuk melanjutkan.
6.      Setelah menekan tombol Open, akan muncul sebuah layar program Visual Basic dengan disertai komponen-komponen lengkap yang ada pada bagian General atau Toolbox.

7.      Tampilan di atas dapat disebut dengan lingkungan Integrated Development Environment (IDE). Pada lingkungan tersebut, Kita dapat melakukan berbagai aktivitas seperti proses editing, compiling, dan debugging.
C.    Komponen – komponen Dari Lingkungan Kerja Visual Basic 6.0
1.      Title Bar
Title bar merupakan batang jendela dari program Visual Basic 6.0 yang terletak pada bagian paling atas dari jendela program yang berfungsi untuk menampilkan judul atau nama jendela. Selain itu juga berfungsi untuk memindahkan posisi jendela dengan menggunakan drag and drop pada posisi title bar tersebut dan untuk mengatur ukuran jendela dari ukuran minimize ke ukuran restore ataupun sebaliknya dengan melakukan klik ganda pada posisi title bar tersebut.
2.      Menu Bar

Berisi perintah-perintah umum yang digunakan untuk mengoperasikan Visual Basic. Menu Bar menggunakan untuk memilih tugas-tugas tertentu seperti menyimpan project, membuka project, dll. Menu Bar berisi semua perintah Visual Basic yang dapat dipilih untuk melakukan tugas tertentu. Isi dari menu ini sebagian besar hampir sama dengan program-program Windows pada umumnya.
3.      ToolBar

Toolbar merupakan sebuah batang yang berisi kumpulan tombol yang terletak dibagian bawah menu bar atau terdapat didalam menu bar (shortcut) yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah memanipulasi project. Pada kondisi default program Visual Basic hanya menampilkan toolbars standar. Namun dapat pula di-set sesuai dengan keinginan kita sendiri.
4.      Toolbox
Berisi kumpulan objek yang digunakan untuk membuat user interface serta pengontrolan bagi program yang dibuat. Objek yang terdapat dalam toolbox ini adalah control. Bentuk Toolbox Visual Basic adalah sebagai berikut :

Adapun secara garis besar fungsi dari masing-masing kontrol tersebut adalah sebagai berikut.
·         Pointer
Pointer bukan merupakan suatu kontrol tapi icon ini digunakan ketika memilih kontrol yang sudah berada pada form.
·         Picturebox
Picturebox adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format BMP, DIB, (Bitmap), ICO (Icon), CUR (Cursor), WMF (Metafile), CMF (Enhanced Metafile), GIF, JPEG.
·         Label
Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki.
·         Textbox
TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat dipakai oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal atau banyak baris.
·         Frame
Frame adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya.
·         Command Button
Command Button merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.
·         Check Box
Check Box digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes atau no, true atau false.
·         Option Button
Option Button sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu.
·         List Box
List Box mengandung sejumlah item dan pemakai dapat memilih lebih dari satu.
·         Combo Box
Combo Box merupakan kombinasi dari Text Box dan suatu List Box di mana pemasukan data dapat dilakukan dengan pengetikan maupun pemilihan.
·         HScrollbar/ VScrollbar
HScrollbar/ VScrollbar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.
·         Timer
Timer digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Ini merupakan kontrol non visual.
·         Drive List Box, Dir List Box, dan File List Box
Drive List Box, Dir List Box, dan File List Box sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file.
·         Shape dan Line
Shape dan Line digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval.
·         Image
Image berfungsi menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan Picture Box.
·         Data dan Adodc
Data dan Adodc digunakan untuk menampilkan database pada suatu form.
·         OLE
OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, dan lain-lain.
5.      Project

Digunakan untuk mengelola file yang menyusun sebuah objek yang berisi daftar form, modul class dan file resource yang digunakan sebuah proyek.
6.      Properties window

Merupakan jendela yang digunakan untuk mengatur properties sebuah objek, dibagi dalam 2 bagian yaitu; Alphabetic dan Categorized.
7.      Form Layout window digunakan untuk mengatur tata letak form pada layar monitor.

8.      Window immediate digunakan untuk mencoba beberapa instruksi program dan pada saat menguji program bisa digunakan sebagai window debug.

9.      Form window adalah lembar desain tampilan atau kanvas dari program yang dibuat. Form ini adalah tempat diletakannya kontrol-kontrol VB.

10.  Code Window digunakan sebagai tempat untuk menuliskan atau menyunting program VB., terdiri dari 2 elemen, yaitu : Object Box dan Procedure List Box.

11.  Event
Setiap komponen dapat beraksi melalui event, seperti event click pada command button yang tertulis dalam layar script Command1_Click, atau event Mouse Down pada picture yang tertulis dengan Picture1_MouseDown. Pengaturan event dalam setiap komponen yang akan menjalankan semua metode yang dibuat.
12.  Metode
Bahwa jalannya program dapat diatur sesuai aplikasi dengan menggunakan metode pemrograman yang diatur sebagai aksi dari setiap komponen. Metode inilah tempat untuk mengekpresikan logika pemrograman dari pembuatan suatu .
13.  Module
Merupakan kumpulan form yang berisi deskripsi secara grafis mengenai tampilan serta kontrol yang digunakan dalam sebuah proyek. Termasuk di dalamnya pengaturan properti yang digunakan oleh masing-masing kontrol. Disampimg itu rutin yang ditulis untuk masing-masing obyek pada form juga tersimpan pada file ini. Untuk aplikasi yang terdiri dari banyak form, masing-masing form tersimpan dalam sebuah file berekstensi.FRM.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Ledakan pemakaian Visual Basic ditandai dengan kemampuan Visual Basic untuk dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam sistem operasi Windows dengan komponen ActiveX Control. Dengan komponen ini memungkinkan penguna untuk memanggil dan menggunakan semua model data yang ada di dalam sistem operasi windows. Hal ini juga ditunjang dengan teknik pemrograman di dalam Visual Basic yang mengadopsi dua macam jenis pemrograman yaitu Pemrograman Visual dan Object Oriented Programming (OOP).

B.     Saran
Untuk kemajuan Teknologi maka diharapkan agar perkembangan Bahasa Pemrograman kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.




DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic 
http://www.aat-nueve.co.cc/2009/03/sejarah-pemrograman-visual-basic.html 
http://bowoblog.wordpress.com/2009/05/31/bahasa-pemrograman-visual-basic-6-0/ 


Post a Comment for "Panduan visual basic"